Venue Piala Dunia U-17 2023 Tetap 4 Stadion di Pulau Jawa, Palembang Tidak Masuk

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 17 Agu 2023, 12:15 WIB
Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring menjadi satu-satunya calon venue Piala Dunia U-20 2023 yang berasal di Sumatra. (Instagram/@jakabaringsportcity)

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Erick Thohir, kembali memastikan Piala Dunia U-17 2023 pada 10 November-2 Desember tahun ini hanya akan digelar di empat stadion Pulau Jawa.

Keempat stadion itu ialah Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Stadion Manahan, Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya.

Advertisement

Sebelumnya, PSSI sempat mempersiapkan delapan stadion sebagai calon venue Piala Dunia U-17 2023. Namun, mengerucut menjadi empat arena setelah mempertimbangkan faktor logistik dan operasional.

Selain empat stadion yang terpilih, empat gelanggang lainnya adalah Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, dan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Ketua PSSI

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) berbincang dengan Direktur Prasarana Strategis Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Essy Asiah saat meninjau stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang diperuntukkan untuk arena Piala Dunia U-20 2023 di Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (11/3/2023). (Dok. LOC)

Beredar kabar Stadion Gelora Sriwijaya pernah masuk proposal PSSI bersama JIS, Stadion Si Jalak Harupat, Stadion Manahan, dan Stadion GBT untuk menjadi venue Piala Dunia U-17 2023.

"Begini, kami melihat kondisi dan persiapan yang mepet. Logistik, operasional tim, dan bujet. Jangan sampai terlalu berlebihan dan tahunya nanti beberapa menjadi kendala," ujar Erick Thohir.

Erick Thohir memberikan contoh persiapan JIS untuk Piala Dunia U-17 2023. Bukan hanya rumputnya yang perlu diperbaiki, namun infrastruktur termasuk akses penonton bahkan harus dibuat.

3 dari 4 halaman

Infrastruktur JIS Krusial

Erick Thohir berharap Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (MenPUPR), Basuki Hadimuljono, dapat membantu pihaknya dengan menyelesaikan prasarana JIS sebelum Piala Dunia U-17 2023 dimulai.

"Di JIS sekarang masih ada yang krusial selain rumput, jembatan penyeberangan dari Ancol ke JIS. Sebab itu menjadi akses parkir," imbuh Erick Thohir.

"Yang jalanan dari Danau Cincin juga sedang didorong. Kita harus jaga. Waktunya tidak lama. Mudah-mudahan Pak Basuki bisa memberikan keajaiban," ucapnya.

4 dari 4 halaman

4 Venue Piala Dunia U-17 2023

JIS: 4 Penyisihan Grup, Babak 16 Besar

Stadion Si Jalak Harupat: 4 Penyisihan Grup, Babak 16 Besar, Perempat Final

Stadion Manahan: 2 Penyisihan Grup, Babak 16 Besar, Perempat Final, Semifinal, Final

Stadion Gelora Bung Tomo: 2 Penyisihan Grup, Babak 16 Besar