Anomali Performa PSM, Persija, dan Persib di BRI Liga 1: Musim Lalu Superior, Kini Tertatih-tatih

oleh Aryo Atmaja diperbarui 23 Agu 2023, 10:00 WIB
BRI Liga 1: Wiljan Pluim, Marko Simic, dan Mark Klok (Bola.com/Salsa Dwi Novita)

Bola.com, Jakarta - Persaingan kompetisi kasta tertinggi Indonesia BRI Liga 1 2023/2024 berjalan sengit yang sudah menyelesaikan pekan sembilan. Pertandingan ke-10 akan dimainkan mulai Jumat hingga Senin (25-28 Agustus 2023.

Cukup menarik melihat pemandangan di papan atas BRI Liga 1 2023/2024 sampai dengan pekan ke-9. Tidak ada tim tradisi juara atau tim dengan sejarah panjang yang nangkring di posisi lima besar.

Advertisement

Madura United masih kukuh di puncak klasemen dengan nilai 19 setelah menang atas Persikabo. Disusul Barito Putera, Borneo FC, RANS Nusantara, dan PSS Sleman.

Lantas di mana PSM Makassar, Persija Jakarta, dan Persib Bandung? Ketiganya adalah tim yang secara berurutan di papan atas musim lalu.

Mereka belum mampu bersaing dipapan atas karena persaingan BRI Liga 1 di awal musim ini sangat ketat. Apa yang membuat mereka seperti terjun bebas dari musim lalu? Yuk simak ulasan dari Bola.com berikut ini.

2 dari 5 halaman

Juku Eja Kehilangan Ketajaman

Selebrasi pemain PSM Makassar, Wiljan Pluim (tengah), setelah mencetak gol ke gawang Persikabo 1973 dalam pertandingan lanjutan pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Pakansari, Cibonong, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

PSM Makassar adalah juara bertahan setelah mengunci trofi musim lalu. Tim Juku Eja perkasa di puncak klasemen akhir dengan nilai 75 dari 34 pertandingan.

Perinciannya, PSM cukup konsisten dengan torehan 22 kemenangan, 9 kali imbang, dan hanya tiga kali kalah.

Jauh berbeda dengan pencapaian di musim 2023/2024. Baru sembilan pertandingan, PSM sudah menelan empat kali kalah, dua imbang, dan tiga kali menang. PSM terecer di urutan 12 dengan nilai 11.

Performa menurun PSM bisa dikarenakan melepas sejumlah pemain pada bursa transfer BRI Liga 1 musim ini. Salah satu nama yang cukup mengejutkan yakni hengkangnya Ramadhan Sananta ke Persis Solo dan kini mengemas empat gol.

Ramadhan Sananta merupakan pilar penting PSM di BRI Liga 1 2022/2023. Pemain berusia 20 tahun itu tampil memukau sepanjang musim. Dalam 24 laga, Sananta membukukan 11 gol plus dua assist.

Kemudian PSM juga harus membagi konsentrasinya. Selain di BRI Liga 1, mereka bermain di ajang AFC Cup melawan Yangon United, Rabu (23/8/2023).

3 dari 5 halaman

Macan Kemayoran Loyo

Pemain Persija Jakarta, Maciej Gajos (kanan) merayakan gol penyeimbang 1-1 ke gawang Bahayangkara Presisi yang dicetak Riko Sianjuntak pada laga pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (16/7/2023). Persija menang dengan skor 4-1. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Persija Jakarta adalah runner-up musim lalu. Mereka tertinggal sembilan angka dari PSM sebagai kampiun. Tapi memasuki musim 2023/2024, Persija ikut tercecer di papan tengah, tepatnya posisi sembilan dengan nilai 13.

Persija Jakarta mulai paceklik kemenangan di BRI Liga 1 2023/2024. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu tidak pernah lagi meraih poin penuh dalam tiga pertandingan beruntun.

Terbaru, Persija Jakarta diimbangi juru kunci klasemen sementara, Arema FC, 2-2 dalam pekan kesembilan BRI Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada Minggu (20/8/2023).

Sebelum ditahan Arema FC, Persija dibekuk Madura United 0-2 pada 13 Agustus 2023 dan bermain imbang kontra Borneo FC Samarinda 1-1 pada 9 Agustus 2023.

Kemenangan terakhir Persija terjadi dalam pekan keenam BRI Liga 1 ketika mempermalukan tuan rumah PSS Sleman 3-1 pada 4 Agustus 2023. Pelatih Persija, Thomas Doll mengaku kondisi lapangan di Stadion Patriot ikut menjadi penyebab penampilan timnya terganggu,

Lapangan Stadion Patriot memang buruk. Permukannya tidak rata, rumputnya menguning, hingga botak di beberapa area. Kondisi itu dipicu karena pemakaian lapangan yang terlalu sering.

"Lapangannya bencana. Kami bermain di kandang dan kami harus bertanya air untuk menyiram lapangan. Ini adalah stadion kandang kami saat ini," ujar Thomas Doll.

"Lapangannya menyulitkan. Ini tidak benar karena kami mencoba memainkan sepak bola kami dan bagi musuh ini bagus karena mereka bertahan di belakang," imbuhnya.

4 dari 5 halaman

Maung Bandung Inkonsisten

Sejumlah pemain Persib Bandung merayakan gol penyeimbang kedudukan ke gawang Dewa United yang diciptakan oleh Ezra Walian (tengah) pada menit ke-90+2 dalam pertandingan lanjutan pekan ketiga BRI Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Jawa Barat, Jumat (14/7/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Persib Bandung adalah tim peringkat ketiga di musim lalu. Tapi situasinya jauh berbeda saat memasuki musim 2023/2024 ketika mereka tertatih-tatih di urutan 14 dengan nilai 11.

Persib baru menang dua kali, imbang lima kali, dan kalah dua kali. Menariknya, Persib sudah berganti pelatih dari Luis Milla ke Bojan Hodak.

Di bawah kendali Bojan Hodak, Persib baru saja meraih kemenangan pertama saat menggasak tuan rumah PSIS 2-1 akhir pekan kemarin. Sebelumnya tim pujaan Bobotoh berkutat di zona merah dan dalam ancaman jurang degradasi.

Gelandang andalan Persib, Marc Klok berharap pada laga selanjutnya kontra RANS Nusantara FC, Sabtu (26/8/2023) malam nanti di Stadion GBLA, Persib Bandung bisa lebih termotivasi demi mempertahankan tren positif.

"Untuk laga berikutnya, pasti kami mau ikuti tren ini, menang. Terus kami punya target musim ini, walaupun ada banyak hal yang masih harus diperbaiki," tutur Marc Klok.

"Tapi kemenangan lawan Semarang ini sangat bagus untuk menumbuhkan percaya diri bagi tim. Saya coba dan pasti senang untuk cetak gol, selalu happy, memang tidak mudah karena banyak tekanan, tapi ini baik," tambah Marc Klok.

5 dari 5 halaman

Intip Peringkat Jagoanmu saat Ini

Berita Terkait