Nonton BRI Liga 1 Persebaya Vs Borneo FC, Pelatih Arema: Saya Datang sebagai Ayah

oleh Aditya Wany diperbarui 03 Sep 2023, 22:15 WIB
Kandidat pelatih Arema FC, Fernando Valente (kanan) ditemani General Manager Arema FC, Muhammad Yusrinal Fitriandi menyaksikan laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (20/08/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Surabaya - Ada tamu tak terduga saat Persebaya Surabaya melawan Borneo FC dalam pekan ke-11 BRI Liga 1 2023/2024. Muncul pelatih Arema FC, Fernando Valente, di tribune VVIP dalam laga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (3/9/2023).

Fernando Valente mungkin berstatus sebagai pelatih tim rival Persebaya. Tapi, dia juga merupakan ayah kandung dari gelandang asing Persebaya, Ze Valente. Dia duduk bersama keluarga para pemain lain di tribune tersebut.

Advertisement

Sejatinya, kedatangan keluarga pemain di tribune sudah hal biasa. Masalahnya, Fernando adalah pelatih dari Arema FC, tim yang punya rivalitas tinggi dengan Persebaya Surabaya.

Pelatih berusia 64 tahun itu memakai setelah kasual. Kaos polo hitam dipadukan celana panjang warna biru. Meski duduk di tribune VVIP, tidak banyak suporter yang sadar akan kehadiran Fernando.

2 dari 4 halaman

Datang Sebagai Ayah

Duel pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente dengan Kei Hirose (Borneo FC) dalam pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (3/9/2023). (Bola.com/Aditya Wany)

Dia tampak menikmati laga pertandingan. Bahkan, saat peluit akhir ditiupkan, Fernando belum beranjak dari kursinya. Dia baru meninggalkan tribune VVIP setelah Song For Pride yang merupakan anthem Persebaya, berkumandang.

Dia beranjak pergi bersama istri dan anak-anak Ze Valente. Lalu, apa tujuan Fernando datang langsung ke Stadion GBT? Apakah mungkin dia ingin mengamati permainan Persebaya demi mempersiapkan tim Arema?

“Saya datang ke stadion sebagai ayah,” kata Fernando Valente ketika ditanyai oleh awak media.

Pelatih berpaspor Portugal itu juga menolak melayani permintaan wawancara terkait kehadirannya dalam pertandingan ini. “Tidak untuk hari ini. Maaf,” ujarnya sambil mengangkat tangan.

3 dari 4 halaman

Tetap Ramah

Meski ogah diwawancara, Fernando tetap ramah. Dia tetap mau melempar senyum. Dia kemudian menuju lift bersama keluarga pemain yang lain. Yang jelas, Fernando pasti ingin melihat penampilan anaknya.

Fernando Valente sudah menangani Arema dalam dua laga terakhir. Semuanya berakhir kemenangan tanpa kebobolan, yakni unggul 1-0 atas Persikabo 1973 (28/8/2023) dan menang 2-0 kontra Bhayangkara FC (1/9/2023).

Kebetulan, Persebaya bakal menjamu Arema dalam laga kandang berikutnya pada pekan ke-13 nanti, 23 September 2023. Ada kemungkinan, Fernando ingin mengamati permainan Bajul Ijo secara langsung.

4 dari 4 halaman

Persebaya Menang

Duel antara Persebaya kontra Borneo FC di ajang BRI Liga 1 2023/2024 hari Minggu (03/09/2023). Tampak Terenes Puhiri (kiri) sedang berduel dengan Reva Adi Utama. (Aditya Wany/Bola.com)

Persebaya berhasil menang 2-1 atas Borneo FC. Dua gol Persebaya dicetak oleh Bruno Moreira (22’) dan Ze Valente (72’). Sedangkan gol Borneo FC merupakan hasil bunuh diri dari bek Bajul Ijo, Yohanes Kandaimu, pada menit ke-45.

Ya, Ze Valente mencetak gol penentu kemenangan dalam pertandingan. Menariknya, itu merupakan gol pertama yang dicetaknya untuk Persebaya dalam Liga 1 musim ini.

Ze Valente sendiri juga enggan meladeni permintaan wawancara saat ditemui Bola.com di mixed zone setelah pertandingan. “Tak ada wawancara, hanya di jumpa pers,” ucapnya.

Berita Terkait