5 Fakta Menarik setelah Persebaya Gasak Borneo FC di BRI Liga 1: Penuh Rekor Impresif

oleh Aditya Wany diperbarui 03 Sep 2023, 22:30 WIB
BRI Liga 1 - Duel Pemain - Persebaya Surabaya Vs Borneo FC (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya berhasil mengamankan tiga ngka di BRI Liga 1 2023/2024. Mereka menang 2-1 saat menjamu Borneo FC dalam pekan ke-11 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (3/9/2023).

Dua gol Persebaya dicetak oleh Bruno Moreira (22’) dan Ze Valente (72’). Sedangkan gol Borneo FC merupakan hasil bunuh diri dari bek Bajul Ijo, Yohanes Kandaimu, pada menit ke-45.

Advertisement

Borneo FC sendiri memulai pertandingan dengan langsung tampil menyerang. Tapi, itu hanya berlangsung sekitar 15 menit pertama. Berikutnya, mereka mendapat banyak tekanan dari pemain tuan rumah.

Permainan Persebaya dengan umpan-umpan pendek menyulitkan Borneo. Secara tim, tim tuan rumah mampu mengurung pertahanan tim tamu hingga akhirnya mencetak gol pembuka di babak pertama.

 

2 dari 8 halaman

Fakta Menarik

Pemain Borneo FC, Felipe Cadenazzim dibayangi pemain Persebaya, Yohanes Kandaimu, dalam pertandingan BRI Liga 2023/2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (3/9/2023). (Bola.com/Aditya Wany)

Kebobolan gol Bruno Moreira cukup memengaruhi permainan Borneo FC. Mereka bahkan tak mampu mencetak gol hasil kreasi sendiri karena Persebaya pun sempat kebobolan gol hasil bunuh diri.

Menariknya, Yohanes Kandaimu sebenarnya untuk kali pertama tampil sebagai starter karena cedera Dusan Stevanovic. Sayang, dia menorehkan catatan yang kurang apik dengan mencetak gol bunuh diri.

Hasil ini menempatkan Persebaya berada di posisi kelima klasemen sementara dengan 18 poin dalam 11 pertandingan. Sedangkan Borneo tetap di posisi runner-up dengan 19 angka.

Duel ini telah melahirkan sejumlah fakta menarik yang melibarkan rekor baru. Simak ulasan Bola.com:

 

 

 

 

3 dari 8 halaman

Rekor Borneo Terhenti

Borneo sendiri datang dengan rekor mentereng. Sebelum laga ini, mereka sedang dalam performa impresif dengan telah melewati tujuh laga terakhir tanpa kekalahan. Bahkan, tiga laga terakhir berhasil dilewati dengan kemenangan beruntun.

Catatan Borneo itu jadi rentetan pertandingan tanpa kekalahan beruntun terbanyak di Liga 1 musim ini. Sayang, mereka tak bisa meneruskannya karena rekor impresif itu telah dirusak oleh Persebaya.

Menariknya, satu gol balasan Borneo bukanlah hasil kreasi pemainnya sendiri, melainkan adalah gol bunuh diri yang dilakukan oleh bek Persebaya, Yohanes Kandaimu.

 

 

 

4 dari 8 halaman

Menang 3 Laga Kandang Beruntun

Duel antara Persebaya kontra Borneo FC di ajang BRI Liga 1 2023/2024 hari Minggu (03/09/2023). Tampak Terenes Puhiri (kiri) sedang berduel dengan Reva Adi Utama. (Aditya Wany/Bola.com)

Hasil ini membuat Persebaya membukukan lima laga tanpa kekalahan secara beruntun. Rinciannya, adalah empat menang dan satu seri. Nah, ada satu rekor baru yang tercatat bagi Bajul Ijo.

Reva Adi Utama dkk. sukses menorehkan tiga kemenangan kandang secara beruntun. Sebelum menundukkan Borneo FC, mereka lebih dulu menang dengan skor identik 1-0 saat menjamu Persita Tangerang dan PSM Makassar.

 

 

 

5 dari 8 halaman

Gol Pertama Ze Valente

Gelandang Persebaya, Ze Valente sempat, absen dalam empat pertandingan karena cedera. Dia lantas tampil dalam dua laga sebelumnya sebagai pengganti. Baru saat melawan Borneo FC ini dia tampil sejak menit pertama.

Laga ini juga jadi kali pertama dia tak memakai ban kapten sejak menit pertama. Jabatan itu memang telah berpindah ke Reva Adi Utama. Ze kini berstatus wakil kapten dan baru mengenakan ban kapten setelah Reva ditarik pada menit ke-86.

Menariknya, Ze Valente justru mencetak gol pertamanya untuk Persebaya di musim ini. Gol itu juga bermakna besar karena menjadi penentu kemenangan bagi Bajul Ijo.

 

 

 

6 dari 8 halaman

Debut Berujung Gol Bunuh Diri

Bek Yohanes Kandaimu untuk kali pertama tampil sebagai starter dalam laga ini. Penyebabnya, bek asing Dusan Stevanovic mengalami cedera sehingga Kandaimu mendapat kesempatan sejak menit pertama.

Sayangnya, Kandaimu malah mencetak gol bunuh diri. Itu berawal dari upaya winger Terens Puhiri yang mengirim umpan tarik dari sisi kanan. Sial, Kandaimu yang berusaha membuang bola malah mengarahkannya ke gawang sendiri.

Beruntung, Persebaya tetap mampu memenangi pertandingan ini. Ze Valente kemudian mencetak gol penentu kemenangan.

 

7 dari 8 halaman

Uston Nawawi Caretaker Terbaik

Pelatih careteker Persebaya Surabaya Uston Nawawi (Foto: Persebaya.id)

Pelatih Uston Nawawi memiliki catatan yang gemilang sebagai caretaker di Persebaya. Dia sudah mendampingi Persebaya selama lima laga dengan status pelatih interim, dan hasilnya tak terkalahlan.

Itu dimulai dengan menang 2-1 di kandang Bhayangkara FC (8/8/2023). Berikutnya, Persebaya menang beruntun dengan skor identik 1-0 saat menjamu Persita Tangerang (12/8/2023) dan PSM Makassar (18/2023).

Satu hasil imbang lantas didapat saat bertanding ke markas PSS Sleman dengan skor 0-0 (26/8/2023). Kemenangan atas Borneo FC lantas melengkapi performa impresif Persebaya di bawah arahan Uston Nawawi.

8 dari 8 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Berita Terkait