3 Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Punya Kans Bersinar di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024

oleh Radifa Arsa diperbarui 05 Sep 2023, 10:30 WIB
Timnas Indonesia - Rafael Struick, Marselino Ferdinan (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Solo - Deretan pemain-pemain berkualitas yang mendapatkan panggilan pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, patut dinantikan kiprahnya pada ajang Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Shin Tae-yong memanggil 27 pemain untuk bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23 di Solo jelang bergulirnya Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Beberapa nama di antaranya berpotensi besar jadi andalan skuad Garuda Muda.

Advertisement

Mereka bakal menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-23 untuk melewati persaingan ketat yang tersaji di Grup K bersama dua kontestan lainnya, yakni China Taipei U-23 dan Turkmenistan U-23. 

Selain nama-nama pemain tersebut, Timnas Indonesia U-23 juga punya modal berharga untuk merebut tiket ke putaran final. Sebab, babak Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

Status sebagai tuan rumah inilah yang harus dimaksimalkan anak asuh Shin Tae-yong. Berikut Bola.com menyajikan tiga nama pemain yang berpeluang besar jadi bintang di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

2 dari 4 halaman

Marselino Ferdinan

Pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (kanan) berebut bola dengan pemain Argentina, Nicolas Gonzalez pada laga FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Senin (19/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Munculnya nama Marselino Ferdinan yang mendapat panggilan Shin Tae-yong untuk memperkuat Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 memunculkan antusiasme dari publik.

Sebab, selama ini Marselino Ferdinan kerap muncul sebagai pemain andalan Timnas Indonesia di berbagai kelompok usia. Saat terakhir kali memenuhi panggilan skuad Garuda, dia tampil sangat baik ketika berjumpa Argentina.

Sayangnya, Marsel belum mencatatkan penampilan yang apik bersama KMSK Deinze di kasta kedua Liga Belgia musim 2023/2024 ini. Sebab, dia sempat mengalami cedera dan harus absen pada empat laga awal.

Sejatinya, pemain berusia 18 tahun ini tampil sangat baik di masa pramusim. Dari lima laga yang dicatatkan Marselino selama pramusim, dia sukses menyumbang dua gol dan satu assist. Ini jadi salah satu tanda-tanda positif bagi penampilannya di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

3 dari 4 halaman

Rafael Struick

Pemain Timnas Indonesia, Rafael Struick saat menjalani sesi latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (15/6/2023) sore WIB. Latihan dilakukan sebagai persiapan menghadapi Timnas Argentina pada laga persahabatan FIFA Matchday, 19 Juni 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Berikutnya, satu pemain keturunan yang patut dinantikan kiprahnya bersama skuad Garuda Muda di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 ialah Rafael Struick. Pemain asal ADO Den Haag ini juga sempat tampil impresif bersama Timnas Indonesia.

Pada agenda FIFA Matchday sebelumnya, Rafael mampu bermain apik ketika berjumpa Palestina. Saat kembali memperkuat klubnya, ADO Den Haag, dia juga sempat menyedot perhatian publik.

Sebab, penyerang berusia 20 tahun ini sukses mencetak gol di masa pramusim. Ini jadi modal berharga bagi pemain kelahiran Belanda itu untuk mendapatkan menit bermain di kasta kedua Liga Belanda.

Sejauh ini, Rafael memang baru mencatatkan dua penampilan. Semuanya berstatus sebagai pemain pengganti. 

4 dari 4 halaman

Ramadhan Sananta

Ramadhan Sananta usai mencetak gol ke gawang Timnas Timor Leste U-23 pada laga kedua Grup B Piala AFF U-23 2023 di Rayong Provincial Stadium, Thailand, Minggu (20/8/2023) malam WIB. (Dok. PSSI)

Dari seluruh stok pemain yang menghiasi lini serang, sosok yang diyakini bakal kembali tampil moncer ialah Ramadhan Sananta. Striker Persis Solo ini telah memperlihatkan tren yang positif selama satu tahun terakhir.

Setelah meraih gelar juara bersama PSM Makassar dan menjadi pemain lokal paling gacor musim lalu, Sananta sukses membantu Timnas Indonesia U-23 meraih medali emas SEA Games 2023.

Gelar itu semakin lengkap dengan predikat pencetak gol terbanyak. Performa positif ini masih berlanjut ketika membantu Persis Solo mengarungi BRI Liga 1 musim ini. Dari tujuh laga, pemain berusia 20 tahun itu sudah mencetak empat gol.

Yang paling anyar, Sananta menjadi penyumbang gol terbanyak Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. Dia sukses menghasilkan dua gol. Sederet pencapaian inilah yang akan menjadi bekal Sananta jadi pemain top di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Berita Terkait