Prediksi Arema FC vs Persita Tangerang: Kans Singo Edan Lepas dari Zona Degradasi

oleh Iwan Setiawan diperbarui 16 Sep 2023, 06:15 WIB
BRI Liga 1 - Arema FC Vs Persita Tangerang (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Gianyar - Arema FC bernafsu melanjutkan tren positif di BRI Liga 1 2023/2024. Kans untuk lepas dari zona degradasi makin terbuka di pekan 12. Tim Singo Edan akan menjamu Persita Tangerang di Stadion Kapten I Wayan, Dipta, Gianyar, Bali, Sabtu (16/9/2023).

Di klasemen sementara, Persita ada di urutan 15 dengan 10 poin. Sedangkan Arema satu tingkat dibawahnya dengan selisih satu poin. Jadi, kemenangan bisa membuat Arema mentas dari zona degradasi. Bagi, Persita kekalahan membuatnya terseret ke zona merah.

Advertisement

Meski posisi klasemen dibawah Persita, Arema punya modal situasi tim yang sedang bagus. Dua kemenangan beruntun baru didapat. Sedangkan Persita menelan 6 kekalahan beruntun. Itu membuat mental Ramiro Fergonzi dkk drop.

Ada faktor lain yang membuat Arema FC lebih diunggulkan. Singo Edan baru mereka memperkuat tim kepelatihan. Dua asisten pelatih asal Portugal, Daniel Chaves dan Nelson Leitao baru didatangkan. Keduanya dapat tugas khusus meningkatkan performa setiap pemain.

BRI Liga 1 - Duel Antarlini - Arema FC Vs Persita Tangerang (Bola.com/Adreanus Titus)

Arema FC juga datang lebih awal ke Bali. Mereka tiba sejak Rabu (13/9/2023). Sehingga persiapan yang dilakukan sedikit lebih lama di Pulau Dewata.

“Kami latihan di Bali dengan kondisi yang lebih baik daripada di Malang. Sehingga pemain bisa melakukan persiapan lebih maksimal,” jelas Fernando Valente, pelatih Arema.

Pelatih asal Portugal sempat mengeluhkan lapangan latihan di Malang. Karena permukaannya tidak rata dan keras. Sedangkan di Bali, kondisi lapangannya lebih baik. Sehingga Fernando bisa menerapkan skema permainan tanpa kendala lagi.

Hanya saja, ada satu hal yang membuatnya berfikir keras. Dia belum memiliki gambaran terbaru Persita Tangerang. Karena lawannya baru saja mengangkat pelatih baru, Divaldo Alves.

“Normalnya kami coba memahami bagaimana gambaran tentang permainan lawan. Tapi semua orang tahu bahwa Persita mengganti pelatihnya,” jelasnya.

Fernando baru bisa mengamati permainan lawannya dari kualitas individu pemainnya. Dan dia optimis, anak buahnya masih haus kemenangan.

“Kami punya satu kesempatan lagi untuk memperlihatkan pertandingan yang bagus. Dan semua juga tahu, kami masih butuh tiga poin,” tegas Fernando.

2 dari 4 halaman

Persita Masih Adaptasi

Pemain Persita Tangerang, Esal Sahrul, melakukan selebrasi saat melawan Persija Jakarta pada laga BRI Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Sabtu, (22/7/2023). (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Sedangkan kubu Persita, saat ini mereka masih beradaptasi dengan pelatih baru Divaldo Alves. Meski dalam sesi konferensi pers sang pelatih belum bisa hadir, tapi pelatih berpaspor Angola itu sudah menanamkan skema permainan yang baru di Persita.

“Kami masih melakukan adaptasi. Terutama dengan pelatih kepala yang baru. Mungkin ada sedikit perbedaan gaya kepelatihan. Namun, semua sepakat ingin bangkit bersama,” kata Awaludin, asisten pelatih Persita.

Namun, diprediksi tidak butuh waktu lama Divaldo melakukan adaptasi dengan Persita karena sang pelatih sudah lama berkecimpung di sepakbola Indonesia. Sebelumnya, dia sempat menangani Persik Kediri, Persebaya Surabaya dan beberapa klub lainnyal.

3 dari 4 halaman

Perkiraan Susunan Pemain

 

  • Arema FC (4-4-2): Julian Schwarzer (kiper); Rifad Marasabessy, Syaeful Anwar, Charles Raphael, Ahmad Alfarizi (belakang); Ginanjar Wahyu, Jayus Hariono, Ariel Lucero, Dendi Santoso: Gustavo Almeida, Charles Lokolingoy (depan)
  • Pelatih: Fernando Valente
  • Persita Tangerang (4-5-1): Aditya Harlan (kiper); M. Toha, Christian Rontini, Javlon Guseynov, Mario Jardel (belakang); Bae Sin-yeong, Fahreza Sudin; Daniel Bustos, Irsyad Maulana, Ezequiel Vidal (tengah); Ramiro Fergonzi (depan).
  • Pelatih: Divaldo Alves
4 dari 4 halaman

Berita Terkait