Pengamat Nilai Undian Piala Dunia U-17 2023 Sangat Bagus: Persaingan di Tiap Kota Jadi Merata

oleh Hery Kurniawan diperbarui 19 Sep 2023, 05:35 WIB
Sejumlah pemain Timnas Indonesia U-17 saat menyaksikan pengundian babak penyisihan grup Piala Dunia U-17 2023 dari salah satu restoran di Jakarta, Jumat (16/9/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Undian babak grup Piala Dunia U-17 2023 sudah dilakukan pada Jumat (15/9/2023). Undian itu dilakukan di markas FIFA, Zurih, Swiss.

Pengamat sepak bola Indonesia Kesit Budi Handoyo berbicara mengenai hasil undian itu. Kesit menilai pertandingan di semua enam grup Piala Dunia U-17 2023 akan berlangsung ketat.

Advertisement

Menurut Kesit persaingan antar kelompok umur akan seru karena setiap negara peserta mempunyai kakuatan yang hampir merata, meskipun ia tidak menampik adanya tim-tim favorit.

"Ini kan kelompok umur jadi sebenarnya persaingannya tidak seperti senior, karena kalau U-17 itu hampir merata lah, terutama buat tim-tim yang sudah berpengalaman sudah tampil di Piala Dunia U-17," kata Kesit saat dihubungi, Sabtu (16/9/2023).

2 dari 4 halaman

Semuanya Seru

Pengamat Sepakbola Kesit Budi Handoyo (Pasoepati Surabaya)

Kesit Budi Handoyo menyatakan semua tim yang lolos ke putaran final adalah yang telah melewati babak kualifikasi yang begitu ketat di zonanya masing-masing. Kendati demikian, ia mengakui ada tim-tim yang diunggulkan dari masing-masing grup.

Kesit memberikan contoh seperti Spanyol di Grup B, Brasil dan Inggris di Grup C, Jepang dan Argentina di Grup D dan lain-lain.

"Jadi bisa dibilang tim-tim yg selama ini banyak mendominasi U-17 itu adalah tim favorit," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Layak Disaksikan

Para pemain Timnas Indonesia U-17 saat sesi latihan di Lapangan A Senayan, Jakarta, Kamis (20/7/2023). Sebanyak 34 pemain mengikuti seleksi skuad Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dengan tim-tim favorit yang tersebar di setiap grup itu, ia menyarankan agar suporter tidak melewatkan setiap pertandingan yang digelar di empat kota venue Piala Dunia U-17 yakni Surabaya, Solo, Bandung dan Jakarta.

Menurutnya tidak hanya pertandingan Indonesia di Grup A yang layak untuk ditonton, tapi di masing-masing tim akan ada bintang masa depan yang terlahir dari Piala Dunia U-17 ini.

"Mudah-mudahan sih para penonton sepak bola Indonesia akan ramai-ramai berbondong-bondong menyaksikan tim luar negeri ya selain yang Indonesia. Karena ini Pertandingan Piala Dunia dan menurut saya pasti akan sangat menarik. Dari situ nanti kan akan muncul pemain-pemain hebat, mungkin tidak sekarang tapi 4 atau 5 tahun mendatang akan muncul pemain hebat dari Piala Dunia U-17." tandasnya.

4 dari 4 halaman

Hasil Undian Babak Grup Piala Dunia U-17 2023

Piala Dunia U-17 - Drawing Piala Dunia U-17 2023 (Bola.com/Adreanus Titus)