Barcelona Berlaga di Liga Champions Lagi, Xavi Antusias untuk Melangkah Jauh

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 19 Sep 2023, 12:00 WIB
Pelatih Barcelona Xavi Hernandez ingin melihat mantan rekan satu timnya Lionel Messi kembali bermain untuk Blaugrana. Messi meninggalkan Barcelona pada musim panas 2021 dan bergabung dengan Paris Saint-Germain. (Frederic J. BROWN / AFP)

Bola.com, Barcelona - Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, menyerukan agar tim asuhannya meningkatkan performa di Liga Champions. Namun, Xavi juga enggan mengusung target muluk-muluk dan memilih menargetkan kemenangan laga demi laga yang dijalani.

Barcelona akan mengawali kiprah di Liga Champions musim ini dengan menghadapi Royal Antwerp dalam laga pertama Grup H yang digelar di Estadi Olimpic Lluis Companys, Rabu (20/9/2023) dini hari WIB.

Advertisement

Barcelona kembali ke kompetisi elite Eropa setelah pada musim lalu tersingkir di fase grup. Xavi menegaskan timnya harus tampil dengan baik jika ingin lolos dari grup yang berisikan Antwerp, FC Porto, dan Shakhtar Donetsk itu.

"Ini adalah waktunya untuk meningkatkan langkah di Liga Champions. Kami memulai di kandang sendiri, di depan para pendukung kami, dan kami sedang dalam performa yang bagus," ujar Xavi.

2 dari 4 halaman

Pembuktian Xavi

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, memimpin timnya menghadapi Real Madrid pada laga pekan ke-29 La Liga di Santiago Bernabeu, Senin (21/3/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Manu Fernandez)

 

Xavi telah mengakui bahwa ia juga harus memperbaiki diri, jika Blaugrana ingin mengambil kesempatan untuk melangkah lebih jauh di kancah sepak bola Eropa.

Sejak Xavi tiba di klub, penampilan Barcelona di liga sangat kontras dengan nasib mereka di Eropa, yang cukup buruk baik di dalam lapangan maupun di keuangan.

Mengambil alih kursi kepelatihan dari Ronald Koeman dengan tiga pertandingan tersisa di fase grup Liga Champions musim lalu, Xavi tidak mampu melewati Benfica, dan mereka kemudian tersingkir oleh Eintracht Frankfurt di Liga Europa.

"Saya? Ya, selalu, saya harus membuktikan diri di setiap pertandingan, ini Barcelona. Kami semua memiliki tekanan yang luar biasa, tetapi ini adalah sebuah tantangan dan saya menyukai tantangan," ujar Xavi.

"Itu adalah tantangan yang saya tentukan sendiri sebagai pelatih dan tim. Meyakinkan para pemain dan menyampaikan antusiasme kepada mereka sehingga mereka memberikan yang terbaik," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Target Xavi

Barcelona bakal segera memulai musim di La Liga. Xavi Hernandez selaku pelatih kepala Barcelona tampak berbicara dengan Robert Lewandowski di sesi latihan (AFP)

Pelatih berusia 43 tahun itu ingin menekankan jika Barcelona dapat menularkan performa di La Liga Spanyol ke Liga Champions. Jika berhasil, mereka akan berada dalam posisi yang baik.

"Saya sudah bersikap positif sejak lahir. Saya tidak tahu apakah itu sebuah kelebihan atau kekurangan," katanya.

"Saya bersemangat, mungkin kami harus menghentikan euforia. Kami telah melakukan banyak hal dengan baik, tetapi kami harus membuktikannya setiap tiga hari sekali."

"Tujuannya adalah untuk finis di puncak grup dan diunggulkan dalam undian babak sistem gugur. Namun, ini adalah tentang perbuatan, bukan kata-kata. Musim lalu, tim melakukan hal yang benar dalam hal permainan, tetapi tidak dalam hal hasil. Tahun ini kami harus bermain dengan baik dan meraih hasil yang baik," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Suasana Tim Kondusif

Barcelona - Gavi, Pedri, Fermin Lopez, Lamine Yamal (Bola.com/Adreanus Titus)

Sementara itu, pemain baru Oriol Romeu belum pernah bermain di Liga Champions sejak musim 2012/13 bersama Chelsea. Sang gelandang menyoroti suasana positif di tempat latihan saat Barcelona mengincar trofi Liga Champions pertama sejak 2015.

"Ini mungkin salah satu trofi yang paling menarik yang pernah ada," ujar Romeu.

"Anak-anak di mana pun bermimpi untuk bermain di Liga Champions, merasakan atmosfer itu. Sekarang kami memiliki kesempatan. Kami harus melupakan suasana buruk dalam dua musim terakhir dan memulai segalanya dengan sebaik mungkin."

"Ada suasana positif di kamp latihan, kami optimistis. Tim ini menjadi lebih baik di setiap pertandingan dan idenya adalah untuk mempertahankan hal tersebut," lanjutnya.

Sumber: Football Espana

Disadur dari: Bola.net (Yoga Radyan, published 19/9/2023)

 

Berita Terkait