BRI Liga 1: Kembali Cetak Gol seusai Puasa Empat Pekan, Carlos Fortes Sampaikan Kalimat Bijak

oleh Radifa Arsa diperbarui 24 Sep 2023, 05:45 WIB
Selebrasi pemain PSIS Semarang, Carlos Fortes setelah mencetak gol kedua timnya ke gawang Dewa United pada laga pekan ke-8 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang, Senin (14/8/2023). PSIS Semarang menang telak 4-1 atas Dewa United. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta Penyerang asing PSIS Semarang, Carlos Fortes, akhirnya kembali mencetak gol setelah empat pekan absen dari papan skor. Gol ini dicetak ke gawang Barito Putera pada laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat (22/9/2023) malam hari WIB itu, satu-satunya gol yang disumbangkan Carlos Fortes sukses membawa PSIS Semarang unggul 1-0 atas Barito Putera.

Advertisement

Bagi Carlos Fortes, mencetak gol bukanlah target utamanya meski berperan sebagai penyerang. Sebab, kemenangan yang diraih Mahesa Jenar menjadi lebih penting ketimbang pencapaian individu.

“Saya sangat senang dengan tiga poin yang kami raih pada pertandingan melawan Barito Putera. Bagi saya, ini menjadi hal yang paling penting," kata Carlos Fortes.

2 dari 5 halaman

Fokus Raih Kemenangan

Tiga pemain anyar PSIS Semarang langsung moncer dengan mencetak gol dalam kemenangan 6-1 atas Persita Tangerang dalam laga lanjutan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan, Solo, Senin (13/6/2022). Ketiganya adalah Carlos Fortes yang menyumbang 2 gol, serta Taisei Marukawa dan Oktafianus Fernando masing-masing mencetak 1 gol. (Bola.com/Arief Bagus)

Striker asal Portugal itu mengatakan, tugasnya dalam setiap pertandingan hanyalah memberikan penampilan terbaik. Urusan mencetak gol atau tidak, itu adalah perkara lain. Sebab, targetnya ialah membantu tim meraih tiga poin.

“Saya juga merasa gembira karena bisa mencetak gol untuk membantu tim meraih kemenangan. Namun, saya adalah pemain yang lebih mementingkan tim,” ujar Carlos Fortes.

“Saya tidak peduli apakah saya mencetak gol atau tidak. Saya hanya fokus untuk membantu tim memenangkan pertandingan dan memberikan performa yang terbaik,” ia menambahkan.

3 dari 5 halaman

Masih Harus Berbenah

Penyerang PSIS Semarang Carlos Fortes berselebrasi setelah mencetak gol ke gawang Barito Putera pada pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/2024. PSIS menang 1-0 di Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat, 22 September 2023. (foto: Instagram @liga1match)

Selain itu, Fortes juga mengingatkan rekan-rekannya untuk terus berbenah. Sebab, menurut pemain berusia 28 tahun itu, PSIS Semarang masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah untuk menghadapi tantangan berikutnya.

“Dengan para pemain yang tampil pada laga ini dan pelatih yang menemani kami, kami sudah melakukan apa yang harus dilakukan selama sepekan ini,” kata bekas pemain Arema FC ini.

“Memang terkadang kami harus mengalami kekalahan. Meski hari ini kami bisa meraih kemenangan tetapi ada beberapa kekurangan yang harus tetap dibenahi,” ia melanjutkan.

4 dari 5 halaman

Kembali Cetak Gol

Sebelumnya, Carlos Fortes memang sempat melewati empat pekan tanpa mencetak gol di BRI Liga 1 2023/2024. Terakhir kali namanya muncul dalam papan skor ialah pada pekan kedelapan, saat PSIS menang 4-1 atas Dewa United.

Sejak saat itu, dia sempat gagal menyumbang gol, tepatnya ketika Mahesa Jenar berjumpa Persib Bandung, Persik Kediri, Bali United, dan Persis Solo. Kini, koleksi golnya kembali bertambah.

Bekas pemain Timnas Portugal U-20 itu tercatat sudah mengoleksi enam gol dari 10 pertandingan. Jumlah ini menjadi kontribusi yang paling banyak dibandingkan pemain PSIS Semarang lainnya.

5 dari 5 halaman

Posisi PSIS