Indonesia dan Korea Selatan Bertukar Duta Olahraga dalam Diri Megawati Hangestri dan Shin Tae-yong

oleh Hery Kurniawan diperbarui 28 Okt 2023, 11:15 WIB
Ilustrasi - Megawati Hangestri dan Shin Tae-yong (Bola.coml/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Hubungan antara Indonesia dengan Korea Selatan tampaknya semakin intens belakamgan ini. Hubungan intens itu juga merambah dunia olahraga.

Kita tentu tahu jika sejak awal 2020, Shin Tae-yong menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia. Shin datang dengan reputasi mentereng.

Advertisement

Shin Tae-yong pernah menukangi beberapa klub besar Korea Selatan. Shin juga pernah menukangi Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Kedatangan Shin Tae-yong pun turut berperan membanu perkembangan sepak bola Indonesia. Satu yang paling terlihat adalah peringkat Tim Merah Putih yang naik drastis.

Saat ini Timnas Indonesia menempati posisi ke-145 dunia. Itu adalah peringkat tertinggi Tim Merah Putih dalam sedekade terakhir.

----

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Ada Megawati di Korea Selatan

Pemain voli Daejeon JungKwanJang Red Sparks, Megawati Hangestri (kanan), mendapatkan selamat dari Park Hye-min setelah memberikan poin bagi timnya dalam pertandingan melawan IBK Altos, Selasa (17/10/2023). (Dok. Daejeon JungKwanJang Red Sparks)

Terbaru, ada sosok wanita Indonesia yang menarik perhatian di Korea Selatan. Sosok yang dimaksud adalah Megawati Hangestri Pertiwi.

Megawati memang menjajal petualangan karier baru dalam kariernya. Sosok berusia 24 tahun itu bermain untuk klub bernama Daejeon ChengKwanJang Red Spakrs

Hebatnya, Megawati tak butuh waktu lama beradaptasi dengan Korea Selatan. Pevoli asal Jember, Jawa Timur itu langsung nyetel dengan tim barunya.

Bahkan, Megawati Hangestri sudah mampu meraih dua gelar MVP dari tiga laga yang ia jalani bersama Daejeon ChengKwanJang Red Spakrs.

3 dari 3 halaman

Jangan Lupakan Asnawi

Asnawi Mangkualam bersama Jeonnam Dragons. (Bola.com/Dok.Instagram Jeonnam Dragons).

Sebelum adanya aksi memukau Megawati Hangestri Pertiwi, dunia olahraga Indonesia sebenarnya sudah diwakili sosok Asnawai Mangkualam di Korea Selatan.

Asnawi bermain di Negeri Gingseng sejak 2021. Saat itu ia pindah dari PSM Makassar menuju Ansan Greeners.

Saat ini, Asnawi Mangkualam masih berlaga di negeri tersebut dengan memperkuat Jeonnam Dragons. Pemain berusia 24 tahun itu pun mendapatkan tempat utama di skuad Jeonnam.

Namun, harus diakui sorotan dari publik Korea Selatan untuk Asnawi tak sebesar seperti yang didapatkan Megawati Hangestri. Sebab, Asnawi saat ini masih berlaga di liga sepak bola level kedua di negara tersebut. Sementara Megawati bermain di liga level voli tertinggi.

Berita Terkait