Tenang tapi Menghanyutkan, Ini 3 Fakta Persik Bakal Jadi Ancaman di Putaran Kedua BRI Liga 1

oleh Gatot Sumitro diperbarui 23 Nov 2023, 09:30 WIB
Liga 1 - Ilustrasi Logo Persik Kediri BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Kediri - Persik Kediri diprediksi bakal meramaikan persaingan papan atas pada putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024.

Fakta ini bisa diamati dari belanja pemain baru pada bursa transfer kedua musim ini. Di awal pekan pembukaan jendela transfer, pihak Persik tampak tenang-tenang saja.

Advertisement

Macan Putih malah aktif melepas pemainnya, seperti Rendy Juliansyah dan kiper Kurniawan Kartika Ajie ke Persita. Persik juga lamban memutuskan masa depan striker asal Brasil, Jefinho, yang mengalami cedera dan absen di beberapa laga terakhir.

Namun menjelang penutupan masa transfer, Persik meminjam bek muda tak terkenal milik Persebaya Ahmad Nuri Fasya sebagai pengganti Agil Munawar yang cedera, sekaligus melapis bek asing, Simen Lyngbo.

Diam-diam dan tanpa banyak publikasi, secara mengejutkan Persik mendatangkan striker senior eks Timnas Indonesia, Irfan Bachdim. Kemudian disusul peminjaman gelandang asing, Ze Valente, dari Persebaya.

Dengan penambahan sosok baru tersebut, pantas bila juara Indonesia dua kali itu bakal jadi ancaman bagi klub-klub yang saat ini berkuasa di papan atas klasemen sementara. Berikut tiga alasan kenapa Persik akan mengejutkan hingga akhir musim nanti.

2 dari 4 halaman

1. Gawang Makin Solid

Kehadiran Ze Valente di Persik Kediri pada putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024 bisa mengancam posisi Rohit Chand dan Renan Silva? (Bola.com/Gatot Sumitro)

Pada putaran pertama lalu, Persik masih bermasalah dengan komposisi penjaga gawang. Dari 19 pertandingan, mereka telah kebobolan sebanyak 28 gol.

Kiper Dikri Yusron Afafa dari 11 pertandingan 13 kali memungut bola dari gawangnya. Tapi sosok kelahiran Ciamis itu melakukan empat kali clean sheet dan satu assist berbuah gol untuk Persik. Sedangkan Kurniawan Kartika Ajie yang tampil delapan partai telah kemasukan 15 gol.

Penurunan performa Kartika Ajie memaksa manajemen melepasnya ke Persita. Persik pun mengontrak Miswar Saputra. Dari sisi jam terbang, pria asal Aceh ini diharapkan tampil bagus agar gawang Persik tak mudah dibobol lawan.

Tapi kondisi Miswar Saputra masih tanda tanya. Karena satu musim terakhir atau sejak keluar dari Madura United, dia vakum tampil. Kini pelatih kiper Persik, Salomao sedang berusaha mengembalikan performa terbaik Miswar.

 

3 dari 4 halaman

2. Lini Tengah Mengerikan

Pemain Persebaya Surabaya, Ze Valente mengontrol bola saat laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 antara Dewa United melawan Persebaya Surabaya di Indomilk Arena, Tangerang, Sabtu (30/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Kehadiran Ze Valente akan memudahkan pelatih Marcelo Rospide meracik variasi permainan. Rohit Chand yang selama ini menjadi gelandang bertahan bisa ditarik di lini belakang untuk memperkokoh pertahanan yang masih sering mudah ditembus musuh.

Ze Valente akan menggantikan peran Rohit Chand. Sementara Renan Silva fokus membantu serangan. Skenario lainnya, menduetkan Rohit dan Ze di lini tengah, sedangkan Renan jadi second atau striker murni bersama Flavio Silva.

 

4 dari 4 halaman

3. Pamor Irfan Bachdim

Irfan Bachdim gabung Persik Kediri pada putaran kedua BRI Liga 1 2023/2024. (Bola.com/Gatot Susetyo)

Keputusan Persik merekrut Irfan Bachdim sangat strategis. Meski telah berusia 35 tahun, namun kualitasnya sebagai penyerang sayap masih bisa diandalkan.

Irfan Bachdim bisa bergantian dengan Yohanes Pahabol untuk mengisi sektor kanan. Jika lini tengah Persik diisi trio gelandang, Rohit Chand, Ze Valente, dan Renan Silva, maka Irfan Bachdim akan tandem dengan Flavio Silva sebagai tombak kembar lini depan.

Kendalanya, Irfan Bachdim harus meningkatkan kebugaran fisiknya. Setelah setengah musim ini memutuskan vakum dari menggocek si kulit bundar. Musim lalu, pemain berdarah campuran Indonesia-Belanda ini membela Persis dengan 20 kali tampil serta mencetak dua gol.

Berita Terkait