Renovasi SLB, Marc Klok Ingin Bantu Anak-anak Berkebutuhan Khusus

oleh Erwin Snaz diperbarui 07 Des 2023, 13:00 WIB
Marc Klok Foundation bekerja sama dengan Happy Hearts Indonesia (HHI) membangun Sekolah Luar Biasa (SLB) Budi Mulia di Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Gelandang Persib Bandung, Marc Klok, mengungkap alasan merenovasi SLB Budi Mulia, Cililin, Kabupaten Bandung Barat bekerja sama dengan organisasi Happy Hearts Indonesia (HHI).

"Tentunya ini menjadi perasaan yang menyenangkan. Sangat indah bisa menjalankan proyek pertama di tempat yang dekat, dimana saya bermain, untuk bisa membalas apa yang telah saya terima," jelas Marc Klok, Rabu (6/12/2023) di Bandung.

Advertisement

"Cililin berada di Jawa Barat, bisa dilihat di sekeliling, hampir semuanya mengenakan jersey Persib. Jadi ini tentu menyenangkan bisa berkontribusi dengan mereka yang dekat dengan tempat saya bermain," lanjut Marc Klok.

Selain itu, lanjut Klok jaraknya masih terjangkau sehingga bisa menjalankan kegiatan tersebut dan melihat anak-anak di SLB Budi Mulia, sekaligus memantau proyek renovasi SLB Budi Mulia.

"Itulah kenapa Cililin jadi pilihan pertama saya. Lalu setelah saya mendengar cerita anak-anak di sini dan situasinya, melihat kesulitan yang dihadapi di hidupnya, saya merasa yakin bahwa saya bisa memberikan kontribusi di sini," ungkap Klok.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama

Pemain Persib Bandung, Marc Klok pada laga lanjutan pekan ke-3 BRI Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung melawan Dewa United FC di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jumat (14/07/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Adapun kerja sama dengan organisasi HHI diakui Klok dikarenakan organisasi tersebut sudah melakukan banyak renovasi sekolah sejak lama. Karena itu melakukan kolaborasi perbaikan sekolah.

"Kami tidak hanya memperbaiki sekolah saja, tapi kami ingin memberikan dampak positif untuk Indonesia. Lalu kami memulai dengan proyek ini, ingin melihat sejauh mana yayasan ini bergerak dan saya menyebut bahwa ini pertemuan yang indah dengan mereka (Happy Hearts Indonesia)," sebut Klok.

Bahkan, ke depan Marc Klok Foundation dan HHI sambung pemain kelahiran Belanda ini berencana memperbaiki sekolah lainnya dan membuat lapangan sepak bola. Sebab kombinasi ini luar biasa, bukan hanya di bidang pendidikan.

3 dari 3 halaman

Bantu Pendidikan

Pemain Persib Bandung, Marc Klok (kanan) menjaga pergerakan dari pemain Bhayangkara FC, Henry Matias Mier Codina pada laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (23/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

"Di hidup saya, pendidikan merupakan satu bagian, dan sepak bola juga merupakan bagian lainnya dan mungkin lebih besar perannya dari pendidikan di sekolah," kata Klok.

"Oleh karena itu, saya memilih membuat lapangan sepak bola dan ruang kelas. Proyek berikutnya untuk lapangan sepak bola akan dilakukan di Jakarta, lalu untuk sekolah lainnya itu di Lombok. Jadi itu proyek yang akan datang," tambah Klok.

"Yang pasti kami ingin memberi anak-anak masa depan yang lebih baik, membuat mereka punya mimpi yang lebih besar. Saat mereka datang ke sekolah bisa merasa senang, bisa belajar dan menjadi lebih pintar, lebih bijak, menjadi lebih peka dalam hidup, dan paham dengan adanya naik turun di kehidupan," pungkas Klok.

Berita Terkait