Kacau! Wasit Elite FIFA Terkapar di Lapangan Kena Tinju Presiden Klub Turki

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 12 Des 2023, 10:30 WIB
Wasit Halil Umut Meler. (AP Photo/Armin Durgut)

Bola.com, Jakarta - Seorang wasit ditinju hingga terkapar di lapangan sepak bola. Kejadian itu terjadi di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Turki, di mana wasit berlisensi FIFA, Halil Umut Meler, mendapat pukulan dari Presiden Klub MKE Ankaragucu, Faruk Koca.

Insiden itu terjadi setelah Presiden MKE Ankaragucu, Faruk Koca, berlari ke lapangan setelah timnya kebobolan gol penyeimbang kedudukan 1-1 saat menghadapi Caykur Rizespor di Super Lig Turki, Selasa (12/12/2023) dini hari WIB.

Advertisement

Sang Presiden klub langsung mengahar sang pengadil lapangan hingga terjatuh. Wasit Halil Umut Meler juga mendapatkan beberapa pukulan dari orang lain ketika ia terkapar di lapangan.

Insiden tersebut memicu keributan yang melibatkan pemain dan petinggi klub di Super Lig Turki itu.

 
2 dari 4 halaman

Presiden Klub Terancam Dipenjara

Setelah apa yang dilakukannya, Faruk Koca terancam hukuman pidana. Seperti dilansir BBC Sport, Menteri Dalam Negeri Turki, Ali Yerlikaya, menyebut Koca saat ini membutuhkan perawatan di rumah sakit, tetapi prosedur penahanan akan dilakukan setelah dia dirawat.

Tak hanya Menteri Dalam Negeri Turki, Presiden negara tersebut, Recep Erdogan, juga bersikap kritis terhadap insiden di lapangan hijau itu.

"Saya mengutuk serangan terhadap wasit Halil Umut Meler setelah laga MKE Ankaragucu vs Caykur Rizespor yang dimainkan malam ini. Saya berharap dia segera pulih," ujar Erdogan.

"Olahraga artinya perdamaian dan persaudaraan. Olahraga tidak sejalan dengan kekerasan. Kami tidak akan pernah membiarkan kekerasan terjadi di dalam olahraga Turki," tegas Sang Presiden.

3 dari 4 halaman

Permintaan Maaf MKE Ankaragucu

 

Sementara itu, MKE Ankaragucu telah merilis permintaan maaf atas insiden tersebut.

"Kami sedih dengan insiden yang terjadi malam ini. Kami meminta maaf kepada publik sepak bola Turki dan semua komunitas olahraga atas insiden menyedihkan yang terjadi setelah pertandingan melawan Caykur Rizespor di Stadion Eryaman," tulis MKE Ankaragucu dalam pernyataannya.

4 dari 4 halaman

Doa Caykur Rizespor untuk Sang Wasit

 

Sementara itu, Caykur Rizespor yang bertanding pada malam itu memberi dukungan kepada Meler dan mengungkapkan kekecewaannya atas insiden itu.

"Kami mengutuk keras kejadian yang tidak diinginkan yang terjadi setelah pertandingan melawan Ankaragucu yang kami mainkan hari ini," bunyi pernyataan itu.

"Kami menyampaikan harapan kami kepada seluruh komunitas wasit, khususnya wasit pertandingan Halil Umut Meler agar segera sembuh," lanjut pernyataan itu.

Meler merupakan wasit berusia 37 tahun yang memang terkenal di Turki dan sudah sering memimpin pertandingan internasional. Ia juga masuk dalam daftar wasit elite FIFA.

Sumber: BBC Sport