Tampil Konsisten di BRI Liga 1, Borneo FC Disebut Layak Jadi Juara Musim Ini

oleh Ana Dewi diperbarui 24 Des 2023, 10:31 WIB
Logo Borneo FC Baru (Bola.com/Bayu Kurniawan Santoso)

Bola.com, Jakarta - Seluruh pertandingan di pekan ke-23 BRI Liga 1 2023/2024 telah rampung digelar pada Senin (18/12/2023). Persaingan menuju tangga juara pun makin seru.

Borneo FC kini memuncaki klasemen sementara BRI Liga 1 dengan koleksi 51 poin. Klub berjulukan Pesut Etam itu jauh meninggalkan duo rival terdekat: Bali United dan Persib Bandung.

Advertisement

Bali United yang menempati urutan kedua mengumpulkan 41 angka. Sementara Persib Bandung di peringkat ketiga mengepak 40 poin. Disusul PSIS Semarang (38 poin) serta Madura United (35 poin).

Pesut Etam (julukan Borneo FC) memang menempati posisi teratas klasemen sementara. Namun, mereka belum tentu menjadi juara pada akhir musim nanti. Ini karena adanya perubahan sistem penentuan juara pada kompetisi musim ini.

==

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

 
2 dari 5 halaman

Format Baru

Selebrasi pemain Borneo FC, Stefano Lilipaly (kedua kiri) bersama Leo Lelis setelah mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada laga pekan ke-7 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (9/8/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

BRI Liga 1 2023/2024 dibagi menjadi dua tahap yakni Regular Series dan Championship Series. Pada Regular Series, seluruh klub bakal melakoni laga home-away selama 34 pekan.

Pada musim-musim sebelumnya, kompetisi akan usai setelah semua tim memainkan pertandingan pekan ke-34. Sementara pada musim ini, pertandingan dilanjutkan ke Championship Series seusai musim reguler rampung.

Hanya empat tim teratas pada Reguler Series yang berhak melaju ke tahapan Championship Series. Keempat tim itu akan bertanding untuk memperebutkan gelar juara BRI Liga 1 2023/2024.

3 dari 5 halaman

Butuh Konsistensi

Winger Borneo FC Samarinda, Stefano Lilipaly merayakan gol yang ia cetak ke gawang PSS Sleman dalam laga leg kedua semifinal Piala Presiden 2022 di Stadion Segiri, Samarinda, Kalimantan Timur, Senin (11/7/2022) (Dok. Borneo FC Samarinda)

Untuk bisa menjadi jawara pada musim ini dibutuhkan konsistensi plus kerja ekstrakeras di setiap pertandingan yang dijalani. Opini tersebut diungkapkan oleh pelatih sekaligus pengamat sepak bola nasional, Erwan Hendarwanto.

"Dengan sistem final four memang membutuhkan konsistensi dalam setiap laga, karena puncak klasemen saat ini belum menjadi jaminan menjadi juara," ujar Erwan kepada Bola.com, Sabtu (23/12/2023) sore.

"Kalau melihat konsistensi dari ketiga tim, baru Borneo FC yang paling konsisten, namun faktor sejarah dan pengalaman menjadi juara Persib Bandung dan Bali United lebih baik dibanding Borneo FC," tambah dia.

4 dari 5 halaman

Superior

Liga 1 - Ilustrasi Logo Borneo FC Samarinda BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)

Meski begitu, Erwan Hendarwanto berpendapat bahwa Borneo FC merupakan tim yang sangat layak menjadi kampiun BRI Liga 1 musim ini. Performa impresif yang ditunjukkan Pesut Etam di sepanjang musim ini jadi alasannya.

Ya, hingga berlangsungnya pekan ke-23, Borneo FC baru menelan dua kekalahan. Pasukan Pieter Huistra itu juga mencatatkan jumlah kebobolan paling minim dengan 16 kali kemasukan dan mencetak 35 gol.

"Melihat konsistensi Borneo FC dalam mengarungi kompetisi tahun ini, dan juga semakin profesionalnya manajemen dalam mengelola klub serta materi pemain yang cukup berpengalaman serta kedalaman skuad yang cukup bagus, saya kira Borneo FC layak menjadi calon kuat juara tahun ini," katanya.

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Ini

Berita Terkait