Breaking News: Argentina Batal Jadi Tuan Rumah MotoGP 2024

oleh Aryo Atmaja diperbarui 31 Jan 2024, 21:26 WIB
MotoGP_Sirkuit Termas de Rio Hondo_Argentina (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari MotoGP. FIM, IRTA dan Dorna Sports mengonfirmasi untuk pembatalan balapan untuk seri di Argentina pada MotoGP 2024.

Argentina dengan Siruit Termas de Rio Hondo, dipastikan tidak akan menjadi tuan rumah seri untuk MotoGP tahun ini. Sedianya Argentina menjadi tuan rumah untuk seri ketiga yang berlangsung pada 5-7 April 2024.

Advertisement

“Karena keadaan saat ini di Argentina, Promotor acara telah menyampaikan bahwa saat ini mereka tidak dapat menjamin layanan yang diperlukan untuk Grand Prix yang akan berlangsung pada tahun 2024 sesuai standar MotoGP,” demikian pengumuman MotoGP via Crash.

“Acara ini tidak akan tergantikan pada kalender 2024. MotoGP berharap bisa kembali menggelar balapan di Termas de Rio Hondo pada tahun 2025.”

===

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Alasan Kuat

Rivalitas bertambah sengit usai MotoGP Argentina 2015 yang berlangsung di Sirkuit Termas de Rio Hondo. Manuver kontroversial Rossi pada lap ke-22 yang membuat Marquez terjatuh sehingga gagal finis. Kedua pembalap ini pun masih saling menahan diri. (AFP/Juan Mabromata)

Keputusan pemerintah baru di Argentina untuk memangkas biaya dilaporkan menjadi alasan pembatalan MotoGP. Sebelumnya seri Argentina juga absen pada edisi 2020 dan 2021.

Tahun lalu, Marco Bezzecchi menang di tengah kondisi basah untuk meraih kemenangan balapan MotoGP pertamanya, dan kemenangan kelas premier pertama untuk tim VR46 asuhan Valentino Rossi.

3 dari 3 halaman

Animo Tinggi

Pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, berhasil meraih podium juara MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Senin (4/4/2022) dini hari WIB. (AP Photo/Nicolas Aguilera)

Animo untuk menyaksikan balapan MotoGP seri Argentina sebenarnya cukup tinggi. Sebanyak 186.038 penggemar yang hadir selama akhir pekan untuk menyaksikan kemenangan Bezzecchi tahun lalu berarti Argentina memiliki jumlah penonton tertinggi keempat.

Hanya Le Mans, Sachsenring dan Valencia yang memiliki peminat lebih banyak. Balaton Park di Hongaria merupakan sirkuit cadangan resmi untuk MotoGP 2024. Namun belum ada keterangan resmi lanjutan soal tersebut.

 

Sumber: Crash

Berita Terkait