Tes Pramusim MotoGP 2024 Sepang 6-8 Februari, Kenapa Sangat Ditunggu dan Penting untuk Pembalap?

oleh Hendry Wibowo diperbarui 04 Feb 2024, 17:15 WIB
MotoGP_Sirkuit Sepang, Malaysia (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Seri perdana MotoGP 2024 baru akan berlangsung di Sirkuit Losail, Qatar pada 10 Maret nanti.

Namun siapa tim dan pembalap yang punya motor kompetitif sudah terendus pada tes pramusim MotoGP 2024 di Sirkuit Sepang, Malaysia 6-8 Februari.

Advertisement

Itulah kenapa alasan, tes pramusim MotoGP Sepang sangat dinanti dan ditunggu oleh pembalap. Karena pada tes inilah, pembalap akan mengetahui potensi motor yang digunakan pada MotoGP 2024.

Tim-tim pun bakal menurunkan banyak pengembangan motor pada tes MotoGP Sepang. Sehingga sejatinya, pada tes inilah bakal diketahui siapa pembalap unggulan untuk MotoGP Qatar.

Pentingnya tes MotoGP Sepang diungkapkan oleh juara dunia musim 2022 dan 2023, Pecco Bagnaia.

"Perasaan saya sangat gugup. Begitu bersemangat untuk mengendarai motor. Tapi sedikit takut apakah bisa mendapatkan motor yang baik," kata Pecco Bagnaia di situs MotoGP.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Penuh Teka-teki

Pembalap Monster Energy Yamaha asal Prancis, Fabio Quartararo, bermain kriket di lintasan menjelang Grand Prix MotoGP India di Sirkuit Internasional Buddh, Greater Noida, di pinggiran New Delhi, pada 21 September 2023. (Money SHARMA/AFP)

Dari sudut pandang level kompetitif motor, tes MotoGP Sepang memang penuh teka-teki. Seperti apakah Ducati masih punya motor paling kencang atau jangan-jangan KTM sampai Aprilia sudah mengejar ketinggalan. 

Lalu tidak kalah menarik adalah apakah dua tim yang sangat terpuruk musim lalu: Honda dan Yamaha bisa bangkit di MotoGP 2024. 

Rider Yamaha, Fabio Quartararo sudah mengantisipasi bahwa hari pertama tes MotoGP Sepang bakal sangat melelahkan. 

"Anda harus siap untuk merasakan sakit pada hari pertama tes MotoGP Sepang," ujar pembalap Yamaha, Fabio Quartararo.

3 dari 3 halaman

Marc Marquez Langsung Bersaing?

Teka-teki menarik lainnya adalah soal peta persaingan untuk menjadi juara dunia MotoGP 2024. Marc Marquez diyakini bisa langsung bersaing karena kepindahan ke Gresini Racing. 

Meski cuma mengendarai motor Ducati Desmosedici GP23, pembalap berusia 30 tahun itu dinilai punya potensi untuk melawan rider Ducati dengan motor spek pabrikan: Pecco Bagnaia, Enea Bastianini, Jorge Martin sampai Franco Morbidelli. 

Marc Marquez sendiri sudah tidak sabar untuk tampil di tes MotoGP Sepang. Karena memang potensi sesungguhnya pembalap juara dunia MotoGP enam kali ini bakal terendus di tes ini. 

Yuk sama-sama kita tunggu apa yang terjadi pada tes MotoGP Sepang. 

Sumber: MotoGP 

Berita Terkait