BRI Liga 1: Meski Libur 4 Hari, Fisik Pemain Persebaya Bikin Paul Munster Puas

oleh Aditya Wany diperbarui 09 Feb 2024, 21:30 WIB
Setelah diperkenalkan sebagai nahkoda baru Persebaya Surabaya, Paul Munster langsung memimpin latihan perdana di Lapangan Thor, Surabaya, Kamis (4/1/2024) sore WIB. (Bola.com/Wahyu Pratama)

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya kembali menggelar latihan setelah libur selama empat hari. Skuat Bajul Ijo berlatih di Lapangan B Komplek Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (9/2/2024) sore.

Pelatih Persebaya, Paul Munster, memulai latihan kali ini dengam porsi ringan dulu. Arsitek berpaspor Irlandia Utara itu mengaku puas melihat kondisi kebugaran para pemainnya, meski sempat libur selama empat hari.

Advertisement

"Mereka (pemain Persebaya) sudah kembali dan telah menjaga diri mereka sendiri. Mereka selalu mengabari saya, masih pergi ke gym. Mereka masih menjaga diri mereka sendiri," ungkap Paul Munster kepada para wartawan.

"Saya melihat mereka pergi ke gym. Jadi terkadang ketika Anda mendengar mereka mendapat beberapa hari libur, itu tidak berarti mereka tidak melakukan apa-apa," imbuh pelatih Persebaya Surabaya itu.

Paul Munster membuat kebijakan meliburkan pemain Persebaya dari agenda latihan sejak Senin (5/2/2024) hingga Kamis (8/2/2024). Ini kesempatan untuk merehatkan pemain setelah sebulan sebelumnya berlatih penuh selama jeda kompetisi.

Kebetulan, Persebaya Surabaya juga akhirnya meraih tiga poin setelah 10 laga sebelumnya dilewati tanpa kemenangan. Paul Munster sukses membawa Tim Bajul Ijo menang 1-0 atas Bhayangkara FC pada pekan ke-24, Minggu (4/2/2024).

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Pemain Persebaya Tetap Berlatih

Persebaya Surabaya kembali berlatih setelah meraih kemenangan atas Bhayangkara FC pada laga pekan ke-24 BRI Liga 1 2023/2024. (Bola.com/Aditya Wany)

Libur selama empat hari adalah waktu yang panjang. Hal itu bisa memengaruhi kondisi pemain yang malas berlatih. Namun, Paul Munster memandang para pemain Persebaya Surabaya memiliki komitmen untuk berlatih secara mandiri.

"Mereka selalu melakukannya. Mereka selalu melakukan sesuatu karena mereka tahu bagaimana (prinsip) kami, bahwa mereka selalu perlu melakukan sesuatu," ucap Paul Munster.

"Mereka adalah pesepak bola profesional, jadi mereka memahami standar dan level yang dibutuhkan. Namun, hal ini juga bagus untuk menyegarkan diri. Mungkin (dengan) mereka pulang ke rumah, bertemu keluarga," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Kembali Bekerja Keras

Nama pertama ada Taisei Marukawa. Pemain asal Jepang tersebut berhasil menjadi idola baru para Bonek usai tampil gemilang pada musim lalu. Kala itu, Taisei mampu menjadi mesin gol bagi Persebaya Surabaya meski dirinya merupakan pemain sayap. Ia tercatat telah mencetak 17 gol di BRI Liga 1 2021/2022. Sayangnya, kisah manis bersama Bajul Ijo usai setelah dirinya memutuskan hengkang ke PSIS Semarang. (Bola.com/Wahyu Pratama)

Kini, Persebaya masih perlu terus memanaskan mesin demi mengarungi Liga 1. Masih akan ada 10 pertandingan tersisa dan laga terdekat baru akan digelar 23 Februari 2024. Penyebabnya, Liga 1 terpaksa libur di tengah situasi Pemilu 2024.

"Sejak kami datang, kami hanya punya waktu libur dua hari dari total tiga pekan.Tetapi sekarang mereka sudah kembali berlatih. Sekarang mereka tahu. Oke, sekarang kembali serius dan kami bekerja keras," tutur Paul Munster.

Persebaya akan melakoni dua pertandingan tandang secara beruntun pada pekan ke-25 dan ke-26. Mereka akan melawan ke markas Persita Tangerang (23 Februari) dan PSM Makassar (28 Februari).

 

4 dari 5 halaman

Wajib Finis 4 Besar

Sesuai target, tim asal Kota Pahlawan itu masih mengincar trofi juara Liga 1 musim ini. Hanya saja, jalannya tidak akan mudah, mengingat Persebaya kini berada di posisi ke-12 dengan raihan 30 poin dari 24 pertandingan.

Untuk bisa menjadi kampiun, Persebaya wajib masuk empat besar sebelum tampil di Championship Series. Posisi keempat klasemen sementara kini dihuni Bali United yang sudah mengoleksi 41 poin.

Dengan 10 laga tersisa, kans Persebaya masih terbuka lebar, syaratnya tentu harus lebih banyak meraih kemenangan. Selain itu, ada hasil pertandingan tim lain yang akan berpengaruh.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait