Sah! Premier League Setujui Akuisisi Saham MU oleh Sir Jim Ratcliffe

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 14 Feb 2024, 00:16 WIB
Dilansir dari Manchester Evening, Ratcliffe merupakan pemilik klub Liga Prancis, OGC Nice sebelum kabar tentang keinginnanya membeli klub yang berjuluk Setan Merah tersebut mencuat. (AFP/Valery Hache)

Bola.com, Manchester - Langkah miliarder Inggris, Sir Jim Ratcliffe, membeli 25 persen saham Manchester United (MU) resmi  disetujui oleh Premier League, Selasa (14/2/2024). 

Seperti dikutip dari BBC, kesepakatan akuisisi saham MU yang bernilai sekitar 1,03 miliar pounds (Rp20.3 triliun) tersebut masih menunggu persetujuan Football Asociation.

Advertisement

Pemilik MU, keluarga Glazer, akan mempertahankan saham mayoritas di klub tersebut. Namun Ineos Group milik Ratcliffe akan mengambil kendali operasional sepak bola.

Persetujuan Premier League bergantung pada penyelesaian akusisi saham tersebut.

“Premier League sekarang menunggu konfirmasi penyelesaian transaksi,” kata liga dalam sebuah pernyataan, sambil mengonfirmasi bahwa Ratcliffe, 71, juga telah menandatangani surat kepemilikan.

--- 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Wewenang SIr Jim Ratcliffe

Sir Jim Ratcliffe (tengah) sendiri merupakan miliarder Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ia mengungkapkan bahwa sejak kecil dirinya memang merupakan penggemear MU. (AFP/Valery Hache)

Sir Jim Ratcliffe juga telah menyelesaikan Owners and Director Test (OADT). Alhasil, ia dinyatakan sudah layak menjadi co-owner Manchester United. Selain itu, pengesahan ini juga sudah disetujui dan diratifikasi oleh panelis pengawas independen.

Kesepakatan akuisisi saham oleh Ratcliffe tersebut disetujui pada Malam Natal 2024. Kesepakatan tersebut juga mencakup 236 juta pounds (Rp4,65 triliun) untuk investasi masa depan di stadion Old Trafford.

Mengambil kendali olahraga di klub, berarti Ineos akan mengawasi operasional dan akademi sepak bola pria dan wanita milik MU.

Mereka juga akan mendapatkan dua kursi di Manchester United PLC dan Dewan Manchester United Football Club.

 

3 dari 4 halaman

Sudah Kunjungi Old Trafford

Investor baru Manchester United Sir Jim Ratcliffe (AP)

Ratcliffe telah melakukan beberapa kunjungan ke Old Trafford dan tempat latihan klub, sembari menunggu kesepakatan akuisisi saham mendapat persetujuan akhir.

Menurut BBC Sport, proses akuisisi 25 persen saham MU berjalan positif mendekati penyelesaian.

Keluarga Glazer membeli Manchester United seharga 790 juta pounds pada 2005. Pada November 2022, keluarga asal Amerika itu menyatakan mempertimbangkan menjual MU untuk mengeksplorasi alternatif strategi. 

Setelah proses yang alot dan melibatkan beberapa peminat, Glazers akhirnya melepas 25 persen saham ke Sir Jim Ratcliffe. 

Sumber: BBC

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait