Pemain Crystal Palace yang Mentas di Liga Inggris, Jairo Riedewlad Tertarik Main untuk Timnas Indonesia

oleh Hendry Wibowo diperbarui 16 Feb 2024, 13:30 WIB
Bek Crystal Palace, Jairo Riedewald. (AFP/Rui Vieira/Pool)

Bola.com, Jakarta - Jairo Riedewald menyatakan keinginan untuk bisa membela Timnas Indonesia. Saat ini, Jairo Riedewald tercatat sebagai pemain klub Premier League yakni Crystal Palace.

Selama ini, ada keraguan soal informasi keturunan Riedewald. Sempat ada informasi bahwa kakek atau nenek Jairo Riedewald berasal dari Suriname, bukan Indonesia. Hal itu membuatnya tak bisa membela Skuad Garuda.

Advertisement

Namun, menurut Hasani Abdulgani, sudah ada titik terang soal asal-usul Riedewald. Hasani mendapat informasi bahwa pemain 27 tahun itu punya nenek yang berasal dari Manado.

"Sudah lama nama Jairo Riedewald muncul disaat PSSI ingin merekrut pemain diaspora. Tapi selama ini ragu, kalau pemain dari Crystal Palace ini punya hubungan darah dengan Indonesia," kata Riedewald di akun Instagram miliknya.

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Jairo Riedewald Berasal dari Manado

Hasani mengaku baru menerima kontak dari seseorang yang merupakan perwakilan dari Jairo Riedewald.

Orang tersebut mengaku bahwa cucunya ingin bermain untuk Timnas Indonesia dan, sang cucu tidak lain adalah Jairo Riedewald.

"Siapa cucunya?," tanya saya. "Dia sekarang bermain di Crystal Palace," jawab beliau. "Jairo Riedewald?". Bukankah Jairo turunan Suriname? "Neneknya Jairo, adek saya. Kami berasal dari Manado," jawab beliau," tulis mantan anggota Exco PSSI tersebut.

Pada musim 2023/2024 ini, Riedewald memainkan empat laga untuk Crystal Palace di Premier League.

3 dari 3 halaman

Jairo Riedewald Pemain Grade A

Gelandang Crystal Palace keturunan Indonesia, Jairo Riedewald. (AP/Mike Hewitt).

Bagi Hasani, ketertarikan Jairo Riedewald akan sangat positif bagi Timnas Indonesia. Sebab, secara kualitas, Riedewald sudah memberi bukti mampu bersaing di Premier League bersama Crystal Palace.

"Kalau benar dan secara administrasi bisa dilengkapi, tentu Timnas Indonesia sangat diuntungkan bisa mendapat pemain grade A ini. Mudah-mudahan terjadi," kata Hansani.

Riedewald berposisi sebagai gelandang. Dia bermain untuk Crystal Palace sejak musim 2017/2018 lalu. Sebelumnya, Riedewald bermain untuk Ajax Amsterdam dan turut merasakan gelar juara Eredivisie musim 2013/2014.

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 16/02/2024)

Berita Terkait