BRI Liga 1: Bojan Hodak Beberkan Kunci Kemenangan Persib atas PSIS

oleh Erwin Snaz diperbarui 28 Feb 2024, 00:39 WIB
Persib Bandung berhasil mengalahkan PSIS Semarang pada pertandingan BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Selasa (27/2/2024) malam WIB. (Bola.com/Erwin Snaz)

Bola.com, Bandung - Persib Bandung akhirnya mematahkan tren buruk setelah lima pertandingan secara beruntun tidak pernah menang. 

Tim asuhan Bojan Hodak itu menang telak 3-0 atas tamunya PSIS Semarang pada pekan ke 26 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (27/2/2024) malam.

Advertisement

Kemenangan Persib tersebut berkat gol bunuh diri Lucas Gama Moreira menit 15, gol Stefano Beltrame menit 38, dan gol David da Silva menit 65.

Bojan Hodak mengakui kemenangan kali ini memang pasukannya bermain dengan bagus dan mendominasi permainan hingga bisa menang telak 3-0. Bahkan ada beberapa peluang lagi untuk menambah gol.

“Tetapi berkaca dari dua pertandingan sebelumnya, kami tampil bagus hanya 70 menit dan sekarang bermain 90 menit dengan bagus,” ujar Bojan Hodak seusai pertandingan.

“Selain itu di dua laga terakhir pemain yang masuk dari bench tidak memberikan perbedaan. Kali ini mereka memberi perbedaan dan itu menjadi alasan kami bisa meraih kemenangan,” lanjut Bojan Hodak.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Tuah SJH

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak saat laga lanjutan BRI Liga 1 2023/2024 antara Bhayangkara FC melawan Persib Bandung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (23/09/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Lebih lanjut Bojan mengakui bahwa tempat pertandingan pun yakni Stadion Jalak Harupat (SJH) sangat fantastis.

“Saya harap bisa terus memeliharanya dengan baik dan saya harap bisa kembali bermain di sini karena atmosfernya juga bagus,” imbuh Bojan.

“Jadi terkadang ada keberuntungan juga, ada klub yang punya keberuntungan di stadion tertentu. Sekali lagi saya berharap bisa tetap bermain di sini dan memenangkan pertandingan di sini,” kata Bojan mengakhiri.

Dengan kemenangan ini, Persib menyalip PSIS Semarang di posisi kedua klasemen sementara BRI Liga 1 2023/2024 ini dengan raihan poin 45, sedang PSIS turun peringkat jadi posisi tiga dengan raihan poin 43.

3 dari 5 halaman

Kecewa Komdis

Bojan Hodak sangat kecewa dengan keputusan mendadak Komisi Disiplin PSSI yang memberikan sanksi larangan bermain kepada Nick Kuipers jelang menghadapi PSIS Semarang pada pekan ke 26 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (27/2/2024).

Sebelumnya, larangan bermain diputuskan kepada Alberto Rodriguez setelah mendapat kartu merah saat bermain lawan Barito Putera. Karena itu Bojan Hodak menyiapkan Nick Kuipers untuk menghadapi PSIS Semarang.

“Ini hal yang sangat lucu terjadi, dalam 30 tahun karir saya di sepak bola profesional, saya belum pernah merasakan situasi ini,” tegas Bojan Hodak usai pertandingan.

“Di hari pertandingan, Komdis mengirimkan surat bahwa ada satu pemain dan ada pemain lainnya tidak bisa bermain,” lanjut Bojan penuh kecewa.

 

4 dari 5 halaman

Tidak Profesional

Padahal dalam beberapa hari terakhir, Nick Kuipers sambung Bojan dipersiapkan dan berlatih bersama Nick untuk persiapan lawan PSIS Semarang sebab Alberto Rodriguez terkena kartu merah pada laga sebelumnya.

“Namun tiba-tiba Nick tidak bisa bermain dan Alberto bisa main. Ini hal yang lucu dan tidak profesional. Jadi ini tentunya hal yang perlu diubah karena mungkin orang-orang tidak mengerti apa yang berpengaruh dari keputusan ini,” tandas Bojan.

“Kami berlatih untuk pertandingan dan ini bukan playstation yang bisa dengan mudah mengeluarkan pemain dan memasukan pemain lainnya, ini tidak bisa terjadi di kehidupan nyata,” tambah Bojan.

Seharusnya kata Bojan keputusan sanksi itu langsung diberikan setelah pertandingan lawan Barito Putera atau satu hari setelah pertandingan, bukan saat akan mulai pertandingan.

5 dari 5 halaman

Posisi Persib di BRI Liga 1 2023/2024

Berita Terkait