Marc Marquez Meminta Teknologi Aerodinamika MotoGP Direvisi: Motor Pelan Sedikit Enggak Ngaruh buat Penonton di TV

oleh Gregah Nurikhsani diperbarui 28 Feb 2024, 19:30 WIB
Pembalap Gresini Racing, Marc Marquez keluar dari lintasan saat tes pramusim MotoGP 2024 di Sepang International Circuit, Sepang, Malaysia, Rabu (07/02/2024). (AFP/Mohd Rasfan)

Bola.com, Jakarta - Marc Marquez mendukung rencana MotoGP untuk mengurangi aerodinamika pada motor. Menurutnya, selisih kecepatan yang berkurang tak bakal jadi masalah karena 

Juara dunia delapan kali itu tidak pernah menyembunyikan ketidaksukaannya terhadap perangkat aero, meski di masa lalu banyak yang mengatakan dia mungkin akan merasakan hal yang berbeda jika mengendarai salah satu motor dengan keunggulan aero.

Advertisement

Hal itulah yang terjadi sekarang, setelah beralih dari Repsol Honda ke Gresini Ducati, namun pendirian pembalap Spanyol itu tetap tidak berubah.

Ditanya tentang usulan upaya untuk memperlambat kinerja sepeda motor untuk serangkaian peraturan teknis berikutnya, mulai tahun 2027, Marquez mengatakan:

“Bagi saya, hal pertama yang perlu kami lakukan adalah mengurangi aspek aerodinamis. Untuk masa depan MotoGP, saya tidak tahu apakah saya akan berada di sini, tetapi dalam dua tahun, tiga tahun, empat tahun, kami perlu mengurangi aerodinamika.

“Ini akan membuat sepeda menjadi lebih lambat. Karena sekarang kami menggunakan torsi besar karena tidak ada wheelie. Dan kami mengerem sangat terlambat. Anda hanya perlu mengikuti garis, Anda tidak bisa melawan motornya. Dan lebih sulit menyalip pebalap lain."

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 3 halaman

Pelan Sedikit Enggak Ngaruh!

Lebih lanjut, Marc Marquez berasumsi kalau berkurangnya kecepatan karena modifikasi aerodinamika pada MotoGP tidak akan berpengaruh besar.

"Jadi, pertama-tama yang perlu kita lakukan adalah mengusahakannya. Lalu, jika sepedanya lebih lambat, pertunjukannya akan lebih baik. Mengapa? Karena orang-orang yang menonton di TV tidak menyadari jika Anda berkendara dengan kecepatan 360km/jam atau 340km/jam. Ini masih lebih dari 300km/jam!"

"Tetapi mereka perlu memperbaiki peraturan karena sekarang semakin banyak [aero] dan kita melihat tahun ini - semua pabrikan, tidak hanya satu - motornya terlihat seperti Formula 1. Dengan sayap belakang, tidak hanya bagian depan, menciptakan downforce di sudut-sudut dengan perbankan penuh.

"Jadi kita perlu memikirkannya."

 

3 dari 3 halaman

Peran Penting

Mengenai hal tersebut sebenarnya belum resmi, tetapi pabrikan MotoGP tampaknya setuju bahwa ukuran aerodinamis perlu dikurangi pada tahun 2027, bersamaan dengan kapasitas mesin yang lebih kecil 850cc dan penghapusan perangkat ride-height.

Direktur motorsport KTM Pit Beirer mempertanyakan apakah pengurangan aero tidak dapat dilakukan sebelum tahun 2027 .

“Aerodinamis berperan dalam performa di setiap momen, akselerasi, kecepatan tinggi, perlambatan, belokan,” kata Beirer.

“Itu pula mengapa mungkin dua tahun terakhir ini laju lap time menjadi lebih gila dari sebelumnya, karena itu faktor besar dalam lap time."

“Aerodinamika ini cukup menarik, tapi menurut saya dari sisi promotor dan regulasi, kita perlu berhati-hati sekarang agar tidak melangkah terlalu jauh."

“Jadi menurut saya kita memerlukan faktor pembatas secepatnya. Mungkin kita tidak perlu menunggu hingga tahun 2027 dengan membatasi hal ini…"

Berita Terkait