Mau Juara Liga Inggris, Arsenal Wajib Memenangi 5 Laga Ini

oleh Choki Sihotang diperbarui 07 Mar 2024, 15:33 WIB
Selebrasi gelandang Arsenal, Declan Rice (tengah) bersama rekan setim setelah mencetak gol keempat ke gawang Sheffield United pada laga pekan ke-27 Premier League 2023/2024 di Bramall Lane Stadium, Sheffield, Senin (4/3/2024). (AP Photo/Rui Vieira)

 

Bola.com, Jakarta - Arsenal masih bisa menjuarai Liga Inggris 2023/2024? Kenapa tidak. Semua masih terbuka lebar bagi The Gunners untuk bisa merangsek naik ke puncak klasemen.

Advertisement

Saat ini tim asuhan Mikel Arteta itu berada di posisi ketiga klasemen sementara Liga Inggris dan hanya berjarak dua poin dari Liverpool yang ada di puncak klasemen. The Gunners mengemas 61 poin, sementara The Reds mengepak 63 poin.

Tidak hanya Liverpool, The Gunners juga siap menumbangkan pesaing terkait lainnya yang ada di posisi kedua dengan 62 poin, yakni Manchester City.

Pada musim ini, Arsenal tidak ingin lagi memberikan harapan palsu bagi pemuja setianya. Maklum, pada musim lalu, fans sudah siap berpesta karena tim kesayangan tampak tidak tersaingi di puncak klasemen.

Apesnya, The Gunners terpeleset pada pekan-pekan terakhir dan akhirnya harus puas finis di posisi ketiga Liga Inggris 2022/2023 dan gelar juara kembali digenggam Man City.

Kini Arsenal tidak mau lagi mengulangi kesialan serupa. Artinya, juara adalah harga mati bagi Bukayo Saka dkk. Namun, perjalanan Arsenal ke singgasana juara tidak semudah membalikkan telapak tangan. Mereka harus lebih dulu melewati lima rintangan yang  tidak mudah.

Jika bisa memenangkan semua laga, maka bisa dipastikan tim yang bermarkas di Emirates Stadium mengulang sukses kedigdayaan mereka seperti pada musim 2003/2004.

Berikut lima pertandingan yang wajib diperjuangkan oleh Arsenal demi meraih gelar juara pada akhir musim.

2 dari 7 halaman

Laga Tandang Kontra Man City (31 Maret 2024)

Penyerang Manchester City, Erling Haaland, gagal membawa timnya meraih kemenangan saat bersua Arsenal pada laga Community Shield 2023 di Stadion Wembley, Minggu (6/8/2023) malam WIB. Dalam duel itu, Man City kalah 1-4 dari Arsenal lewat adu penalti (1-1). (AFP/Glyn Kirk)

Kenangan masih melekat pada kekalahan 1-4 yang dirasakan Arsenal di Stadion Etihad pada April 2023, yang secara efektif menyerahkan gelar kepada Man City.

Meskipun The Gunners mengalahkan Man City pada Oktober 2023, banyak yang mengharapkan penampilan serupa pada Minggu Paskah.

Apakah Arteta telah membuat timnya lebih tangguh melawan tim terbaik? Bisakah Bukayo Saka membuktikan Rio Ferdinand salah dan menampilkan performa kelas dunia melawan lawan elit?

Akankah William Saliba mencegah Erling Haaland mencetak gol? Jika jawaban atas pertanyaan di atas adalah ya, maka Arsenal mempunyai peluang besar untuk meraih gelar juara.

3 dari 7 halaman

Laga Kandang Kontra Aston Villa (13 April 2024)

Para pemain Aston Villa merayakan kemenangannya atas Arsenal pada pertandingan sepak bola Liga Inggris di Villa Park, Birmingham, Inggris, Sabtu (9/12/2023). (AP Photo/Rui Vieira)

Aston Villa mengalahkan Arsenal pada laga sebelumnya pada Desember dan Unai Emery akan menikmati kesempatan untuk memberikan kunci lain dalam pekerjaan Arsenal ketika dia datang ke Emirates pada pertengahan April.

Meski tanpa motivasi pribadi, Aston Villa berada di posisi terdepan untuk lolos ke Liga Champions musim depan dan akan menjadi lawan berbahaya bagi Arsenal.

4 dari 7 halaman

Laga Tandang Kontra Wolves (29 April 2024)

Pemain Arsenal, Bukayo Saka, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Wolverhampton Wanderers dalam laga pekan ke-14 Premier League 2023/2024 di Emirates Stadium, Sabtu (2/12/2023) malam WIB. Arsenal menang 2-1 atas Wolves dalam pertandingan ini. (Glyn KIRK / AFP)

Chelsea, Manchester City, dan Tottenham semuanya dikalahkan di Molineux musim ini karena Gary O’Neil terus tampil mengesankan dengan kemampuannya untuk membuat para elit Premier League menjadi berdarah-darah.

Wolves aman dari degradasi dan bahkan mungkin masih bisa melaju ke kualifikasi Eropa melalui liga atau Piala FA.

Arsenal telah mendapatkan reputasi karena gagal dalam pertandingan tandang seperti itu, sesuatu yang telah banyak dilakukan Arteta selama empat tahun masa jabatan manajernya di klub.

Dengan Liverpool dan City yang tiada henti dalam situasi ini, tiga poin melawan lawan yang sulit mungkin menjadi kebutuhan bagi Arsenal pada pertengahan April.

 

5 dari 7 halaman

Laga Tandang Kontra Tottenham (27 April 2024)

Gelandang Arsenal Bukayo Saka berselebrasi setelah mencetak gol dari titik penalti ke gawang Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris di Emirates Stadium, London, Minggu, 24 September 2023. (HENRY NICHOLLS / AFP)

Derbi London utara tidak memerlukan sensasi tambahan. Ini adalah salah satu pertandingan Premier League yang dapat diandalkan untuk mencetak gol, insiden, dan keterampilan luar biasa.

Spurs menginginkan tiga poin untuk meningkatkan peluang mereka bermain di Liga Champions musim depan, tetapi menggagalkan upaya Arsenal untuk meraih gelar akan langsung menjadi cerita rakyat klub.

Arsenal menang 2-0 di Stadion Tottenham Hotspur pada musim lalu, tetapi kalah 0-3 dalam play-off Liga Champions de facto pada Mei 2022. Taruhannya akan lebih tinggi tahun ini.

6 dari 7 halaman

Laga Tandang Kontra Manchester United (11 Mei 2024)

Para pemain Manchester United menunggu para pemain Arsenal yang baru saja merayakan gol yang dicetak Bukayo Saka dalam laga pekan ke-21 Premier League di Emirates Stadium, Minggu (22/1/2023). Arsenal menang 3-2 atas MU. (AP Photo/Ian Walton)

Old Trafford jarang menjadi tempat berburu yang menyenangkan bagi Arsenal, hanya meraih satu kemenangan liga di venue tersebut sejak September 2006.

Namun, Arsenal kemungkinan besar membutuhkan tiga poin untuk tetap dalam perburuan gelar menjelang kunjungan mereka pada Mei 2024.

MU sedang mengalami musim yang tidak istimewa dan kemungkinan besar akan bermain untuk hadiah sepak bola Liga Europa yang meragukan pada saat Arteta dan kawan-kawan datang ke Old Trafford.

Ini adalah pertandingan yang menunjukkan perbedaan arah antara kedua klub selama beberapa tahun terakhir. Arsenal telah sepenuhnya melampaui MU untuk menjadi pesaing Premier League yang kredibel.

Meski begitu, MU terkadang mampu menjadi lawan yang pedas. Terry Pratchett tidak perlu membayangkan untuk melihat Arsenal tergelincir di sini.

Sumber: Planetfootball

7 dari 7 halaman

Persaingan di Premier League

Berita Terkait