Liga Inggris: Lini Serang Tumpul, Chelsea Ngebet Boyong Nico Williams

oleh Yus Mei Sawitri diperbarui 07 Mar 2024, 20:10 WIB
Pemain Spanyol, Nico Williams, saat melawan Kosta Rika pada laga Piala Dunia 2022 di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu (23/11/2022). (AP/Francisco Seco)

Bola.com, London - Chelsea dikabarkan tertarik merekrut penyerang Athletic Bilbao, Nico Williams, pada jendela transfer musim panas 2024.

The Blues telah mengucurkan banyak uang untuk memperkuat lini serang sebelum dimulainya musim 2023/2024, seperti memboyong Nicolas Jackson dan Christopher Nkunku.

Advertisement

Jackson berkembang dengan menyumbangkan delapan gol dan tiga assist dari 23 penampilan di Liga Inggris. Sementara itu, Nkunku hanya dua kali menjadi starter dan lebih banyak menghabiskan sebagian besar musim ini di bangku cadangan.

Armando Broja, pemain muda Chelsea, bersedia untuk dijual. Kondisi tersebut diharapkan akan membawa perubahan signifikan pada lini serang Chelsea ketika bursa transfer dibuka kembali di akhir musim.

Menurut The Telegraph, tim scouting klub yang bermarkas di Stamford Bridge ini tertarik pada penyerang Athletic Bilbao, Williams. Pemain 21 tahun ini telah dimainkan di sepanjang musim dengan memberikan kontribusi tiga gol dan enam assist dari 22 penampilannya di La Liga.

Selain itu, pemain timnas Spanyol ini juga menyumbang tiga gol, termasuk gol saat melawan Barcelona dan Atletico Madrid. Kontribusinya tersebut membawa klub asal Basque itu melaju hingga final.

 

2 dari 4 halaman

Klausul Pelepasan

Pemain Real Madrid, Jude Bellingham, berebut bola dengan pemain Athletic Bilbao, Nico Williams, pada laga pekan ke-1 La Liga 2023/2024 di Stadion San Mames, Minggu (13/8/2023). Los Blancos menang dengan skor 2-0. (AP Photo/Alvaro Barrientos)

Meskipun diminati Chelsea, Williams baru saja memperpanjang kontrak dengan Bilbao pada Desember 2023 dengan masa kontrak hingga 2027. Kontrak tersebut sejalan dengan ambisi klub untuk dapat tembus ke Liga Champions.

Namun, dikabarkan ada klausul pelepasan sebesar 43 juta pounds atau setara Rp733 miliar dalam kontraknya. Angka tersebut juga mungkin menjadi permintaan realistis dari Chelsea jika dapat mengumpulkan dana melalui penjualan sejumlah pemain.

Pemilik Chelsea, Todd Boehly dan Clearlake Capital, saat ini berharap ada klub yang menawar dengan harga layak untuk pemainnya, seperti Ian Maatsen, Trevoh Chalobah, dan Broja, sementara masa depan Conor Gallagher masih belum pasti.

 

3 dari 4 halaman

Di Ujung Tanduk

Selebrasi gelandang Chelsea, Raheem Sterling setelah mencetak gol ke gawang Manchester City pada laga pekan ke-25 Premier League 2023/2024 di Etihad Stadium, Manchester, Sabtu (17/2/2024). (AP Photo/Dave Thompson)

Perekrutan Williams juga akan membuat masa depan winger-winger yang tidak konsisten di Chelsea berada di ujung tanduk. Namun, laporan menekankan saat ini tidak ada pertimbangan untuk mendepak pemain seperti Raheem Sterling atau Mykhaylo Mudryk dari skuad.

Selain Cole Palmer yang tampil baik, pemain kreatif Chelsea lainnya secara umum tampil mengecewakan. Sterling, Mudryk, dan Noni Madueke hanya mampu mencetak 11 gol dan lima assist di Liga Inggris sejauh ini.

Di sisi lain, Jackson kadang-kadang dimainkan di posisi sayap kiri dan mampu menunjukkan performa terbaiknya. Tetapi pemain timnas Senegal ini justru sering dijadikan opsi untuk bermain di lini tengah Chelsea. (Rayhan Nur Hakim)

Sumber: Sports Mole

4 dari 4 halaman

Yuk Intip Posisi Tim Favoritmu

Berita Terkait