Sarkasme Paul Munster: Borneo FC Sudah Pasti Juara BRI Liga 1

oleh Aditya Wany diperbarui 09 Mar 2024, 20:15 WIB
Selebrasi pemain Borneo FC, Stefano Lilipaly (kedua kiri) bersama Leo Lelis setelah mencetak gol ke gawang Persija Jakarta pada laga pekan ke-7 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (9/8/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Surabaya - Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster, menilai Borneo FC sudah pasti menjuarai BRI Liga 1 2023/2024. Argumen itu muncul setelah melihat timnya kalah 1-2 dari Tim Pesut Etam, Kamis (7/3/2024).

Dalam laga itu, Persebaya takluk 1-2 dari Borneo FC. Pertandingan berlangsung dramatis karena skor masih 0-0 sampai menit ke-84. Persebaya kemudian unggul lebih dulu lewat sepakan keras keras Toni Firmansyah dari luar kotak penalti pada menit ke-85.

Advertisement

Persebaya memang mampu mencetak gol spektakuler dan berhasil memimpin. Sayangnya, Borneo FC membalik keadaan lewat dua gol yang tercipta pada injury time.

Borneo terbantu gol bunuh diri winger Persebaya, Kasim Botan (90+2'). Selain itu, striker Tim Bajul Ijo, Paulo Henrique, harus menerima kartu kuning kedua sehingga diusir sang pengadil. Bermain dengan 10 orang saja semakin menyulitkan Persebaya, meski skor saat itu masih 1-1.

Wasit Aidil Azmi sebenarnya memberikan tambahan waktu enam menit, tetapi pertandingan masih berlangsung melebihi keputusannya sendiri. Sampai akhirnya, gol penentu kemenangan Borneo FC atas Persebaya Surabaya tercipta pada menit ke-90+7.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Menghadapi 15 Orang

Pelatih Persebaya Surabaya, Paul Munster. (Bola.com/Aditya Wany)

Paul Munster bahkan menyebut timnya harus menghadapi 15 orang, yang secara implisit merujuk pada empat perangkat pertandingan membantu 11 pemain Borneo FC.

"Saya lelah dengan ini. Sesuatu harus terjadi. Selama bertahun-tahun, hal itu tidak terjadi. Saya tahu ini akan terjadi malam ini. Saya tahu. Saya memperingatkan semua orang, para pemain," ujar Paul Munster.

"Jika ini fair play, kami mengincar tiga poin. Semoga beruntung untuk Borneo. Mereka pasti akan memenangkan Liga 1, pasti. Kita sudah mengetahui hal ini," imbuh pelatih berpaspor Irlandia Utara itu.

 

3 dari 5 halaman

Sudah Diatur

Kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata saat menghadapi Persija Jakarta pada laga pekan ke-7 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu (9/8/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Hasil ini membuat Borneo FC sudah memastikan diri lolos ke championship series BRI Liga 1 2023/2024. Mereka kini ada di puncak klasemen dengan 66 poin dari 28 laga, dan tak mungkin keluar dari empat besar.

Tim berjulukan Pesut Etam itu unggul jauh atas Madura United yang ada di posisi kelima dengan 45 poin. Lalu, PSIS Semarang di peringkat keempat juga baru mengemas 46 angka dari jumlah laga yang sama.

Paul Munster memiliki argumen ada pengaturan dari pihak tertentu untuk bisa membuat Borneo FC memenangkan pertandingan, bahkan menjuarai Liga 1.

"Apa yang terjadi pada akhirnya benar-benar sebuah skandal. Mudah-mudahan, orang-orang PSSI segera bangkit dari duduknya di kantor dan berbuat sesuatu. Tetapi yang pasti, mereka tidak akan melakukannya," tutur Paul Munster.

 

4 dari 5 halaman

Kekalahan Perdana

Ini merupakan kekalahan pertama yang didapat Persebaya selama ditangani Paul Munster. Hasil ini sekaligus mengakhiri catatan tak terkalahkan Tim Bajul Ijo dalam sembilan laga sebelumnya.

Persebaya Surabaya kini turun ke posisi ke-12 klasemen sementara BRI Liga 1 musim ini dengan tetap mengoleksi 35 angka, namun kini sudah melakoni 28 pertandingan.

5 dari 5 halaman

Simak Persaingan Musim Ini:

Berita Terkait