Timnas Indonesia U-23 Tinggal Punya 3 Bek untuk Piala Asia U-23 Setelah Justin Hubner Absen, Shin Tae-yong Panggil Kakang Rudianto

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 05 Apr 2024, 16:45 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-20, Kakang Rudianto (kiri) berebut bola dengan pemain Suriah U-20, Amer Alfayad pada laga matchday kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). (AFC/Adam Aidil)

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia U-23 krisis bek tengah untuk Piala Asia U-23 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu dipastikan kehilangan Justin Hubner dan Alfeandra Dewangga.

Justin Hubner tidak dilepas klubnya di Jepang, Cerezo Osaka, untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23. Sementara, Alfeandra Dewangga masih menjalani pemulihan setelah melakukan operasi kecil pada 1 April 2024.

Advertisement

Praktis, Timnas Indonesia U-23 tinggal mempunyai tiga palang pintu untuk Piala Asia U-23 2024. Ketiganya adalah Rizky Ridho, Muhammad Ferarri, dan Komang Teguh.

Nathan Tjoe-A-On, fullback kiri yang juga bisa berperan sebagai bek tengah kiri, turut absen membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 akibat tidak diizinkan klubnya di Belanda, SC Heerenveen.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Tambal Lubang Lini Belakang

Bek Timnas Indonesia U-20, Kakang Rudianto ketika melawan Timnas Uzbekistan U-20 di Piala Asia U-20 2023. (PSSI).

Untuk menambal lubang di lini belakang, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia U-23 memanggil bek Persib Bandung, Kakang Rudianto, buat menggantikan Justin Hubner dan Alfeandra Dewangga sekaligus.

Kakang Rudianto adalah bek serbabisa. Pemain berusia 21 tahun ini dapat memerankan bek tengah maupun bek sayap kanan. Posturnya cukup ideal karena mencapai 183 cm.

"Shin Tae-yong memanggil Kakang Rudianto dari Persib untuk menambah amunisi Timnas Indonesia U-23," tulis PSSI dalam situsnya.

3 dari 4 halaman

Statistik di Persib

Kakang masih mencari menit bermain di Persib. Di tengah kepungan legiun impor, pesepak bola kelahiran Cianjur, Jawa Barat, ini masih mampu berlaga sebanyak sebelas kali dengan koleksi dua kartu kuning.

Sementara itu, tanpa Justin Hubner, Alfeandra Dewangga, dan Nathan Tjoe-A-On plus masuknya Kakang Rudianto, jumlah pemain Timnas Indonesia U-23 menjadi 26 nama.

Timnas Indonesia U-23 tengah melakukan pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada 1-10 April 2024 sebelum berkancah di Piala Asia U-23 Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

4 dari 4 halaman

26 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Persiapan Piala Asia U-23 2024

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo, Erlangga Setyo, Daffa Fasya

Bek: Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Dony Tri Pamungkas, Haykal Alhafiz, Dzaky Asraf, Rio Fahmi, Bagas Kaffa, Kakang Rudianto

Gelandang: Ivar Jenner, Arkhan Fikri, Rifky Dwi, Rayhan Hannan, Ikhsan Nul Zikrak, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Fajar Fathur Rahman

Penyerang: Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka

Berita Terkait