Breaking News! Nathan Tjoe-A-On Batal Gabung Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23 2024: Tidak Dilepas Klub

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 05 Apr 2024, 11:55 WIB
Tiga pemain starting XI Timnas Indonesia (dari kiri) Hokky Caraka, Nathan Noel dan Ivar Jenner berbaris jelang dimulainya laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia menghadapi Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Dubai - Timnas Indonesia U-23 kehilangan pemain penting untuk Piala Asia U-23 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu dipastikan tanpa Nathan Tjoe-A-On.

Timnas Indonesia U-23 sebenarnya telah memanggil Nathan Tjoe-A-On untuk pemusatan latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada 1-10 April 2024 menuju Piala Asia U-23.

Advertisement

Namun, Nathan Tjoe-A-On tidak kunjung bergabung dengan Garuda Muda di Dubai hingga Jumat (5/4/2024).

Asisten pelatih Timnas Indonesia U-23, Nova Arianto, mengungkapkan bahwa Nathan Tjoe-A-On batal bergabung dengan Garuda Muda untuk Piala Asia U-23.

 
2 dari 5 halaman

Tanpa Alfeandra Dewangga

Bek Timnas Indonesia U-22, Alfeandra Dewangga menguasai bola saat menghadapi Myanmar pada laga kedua Grup A SEA Games 2023 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)

Selain Nathan Tjoe-A-On, Timnas Indonesia U-23 juga minus Alfeandra Dewangga. Bek asal PSIS Semarang itu baru naik meja operasi untuk memulihkan benjolan di dekat ketiak kirinya.

"Untuk Nathan Tjoe-A-On dan Alfeandra Dewangga, keduanya tidak jadi bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 untuk Piala Asia U-23," ujar Nova kepada Bola.com, Jumat (5/4/2024).

Ketika ditanya apakah penyebab Nathan Tjoe-A-On gagal membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 karena tidak dilepas oleh klubnya, Nova membenarkannya. "Iya," tutur Nova.

3 dari 5 halaman

Tidak Masuk Kalender FIFA

Saat ini, Nathan Tjoe-A-On tengah menjalani masa peminjaman di tim Eredivisie, SC Heerenveen, dari kontestan kasta kedua Liga Inggris, Swansea City.

Piala Asia U-23 memang tidak masuk kalender FIFA. Sehingga setiap klub, termasuk SC Heerenveen, berhak untuk menahan Nathan Tjoe-A-On dari panggilan Timnas Indonesia U-23.

4 dari 5 halaman

Harap-Harap Cemas

Sementara itu, Timnas Indonesia U-23 sedang harap-harap cemas menantikan nasib Justin Hubner. Sampai sekarang, bek berusia 20 tahun itu belum direlakan oleh klubnya di Jepang, Cerezo Osaka.

Timnas Indonesia U-23 akan berkancah di Piala Asia U-23 Qatar pada 15 April-3 Mei 2024. Garuda Muda tergabung di Grup A bersama Timnas Qatar U-23, Timnas Australia U-23, dan Timnas Yordania U-23.

5 dari 5 halaman

28 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Persiapan Piala Asia U-23 2024

  • Kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo, Erlangga Setyo, Daffa Fasya
  • Bek: Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Justin Hubner, Komang Teguh, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Dony Tri Pamungkas, Haykal Alhafiz, Dzaky Asraf, Ilham Rio Fahmi, Bagas Kaffa, Nathan Tjoe-A-On
  • Gelandang: Ivar Jenner, Arkhan Fikri, Rifky Dwi, Rayhan Hannan, Ikhsan Nul Zikrak, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Fajar Fathur Rahman
  • Penyerang: Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka

Berita Terkait