Tanpa Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, dan Alfeandra Dewangga, Lini Belakang Timnas Indonesia U-23 Bermasalah ketika Disikat Arab Saudi

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 06 Apr 2024, 11:00 WIB
Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat menghadapi Arab Saudi dalam laga uji coba jelang Piala Asia U-23 2024 di Stadioon The Seven, Dubai, Emirat Arab, Sabtu (6/4/2024) dini hari WIB. (Bola.com/Dok. PSSI)

Bola.com, Dubai - Lini belakang Timnas Indonesia U-23 bermasalah ketika beruji coba dengan Timnas Arab Saudi U-23 dalam persiapan untuk Piala Asia U-23 2024. Apa yang menjadi penyebabnya?

Bayangkan saja, Timnas Indonesia U-23 tanpa tiga pemain yang tadinya akan diproyeksikan menjadi pilihan utama di jantung pertahanan untuk Piala Asia U-23.

Advertisement

Ketiganya adalah Justin Hubner, Nathan Tjoe-A-On, dan Alfeandra Dewangga. Dua nama pertama tidak dilepas klubnya ke Timnas Indonesia U-23. Sementara sosok terakhir masih dalam pemulihan pasca-operasi.

Keadaan ini bikin sektor belakang Timnas Indonesia U-23 kelabakan menahan gempuran Arab Saudi U-23. Tim berjulukan Garuda Muda itu kebobolan tiga gol untuk kalah 1-3 di The Sevens Stadium, Dubai, pada Sabtu (6/4) dini hari WIB.

-

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Memberikan Perlawanan

Penyerang Timnas Indonesia U-23, Ramadhan Sananta, ketika beruji coba dengan Timnas Arab Saudi U-23. (Bola.com/Dok.PSSI).

Pada babak pertama, Timnas Indonesia U-23 memberikan perlawanan meski Arab Saudi U-23 unggul lebih dulu. Komang Teguh mencetak gol pada menit ke-32 untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, menurunkan susunan pemain yang berbeda pada 45 menit pertama dan kedua. Nama-nama seperti Rizky Ridho, Ivar Jenner, dan Rafael Struick memulai pertandingan sejak awal.

Namun, dalam paruh kedua, Timnas Indonesia U-23 kemasukan dua kali. Shin Tae-yong mengakui bahwa lini belakang Garuda Muda bolong karena minus beberapa pilar.

3 dari 5 halaman

Pengakuan Shin Tae-yong

"Memang ada masalah di lini belakang karena ada beberapa pemain yang tidak bisa bergabung juga. Jadi itu yang sedang dipikirkan bagaimana antisipasi lini belakang," ujar Shin Tae-yong.

"Kan memang hanya cek kondisi para pemain saja, apalagi ada pergantian semua pemain," tutur arsitek asal Korea Selatan ini.

4 dari 5 halaman

1 Uji Coba Lagi

Timnas Indonesia U-23 masih akan melahap satu uji coba lagi kontra Timnas Uni Emirat Arab (UEA) U-23 pada Senin (8/4/2024) sebelum berkancah di Piala Asia U-23 Qatar pada 15 April-3 Mei 2024.

Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A Piala Asia U-23. Garuda Muda bakal menghadapi Timnas Qatar U-23, Timnas Australia U-23, dan Timnas Yordania U-23.

5 dari 5 halaman

26 Pemain Timnas Indonesia U-23 untuk Persiapan Piala Asia U-23 2024

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi, Adi Satryo, Erlangga Setyo, Daffa Fasya

Bek: Rizky Ridho, Komang Teguh, Muhammad Ferarri, Pratama Arhan, Dony Tri Pamungkas, Haykal Alhafiz, Dzaky Asraf, Rio Fahmi, Bagas Kaffa, Kakang Rudianto

Gelandang: Ivar Jenner, Arkhan Fikri, Rifky Dwi, Rayhan Hannan, Ikhsan Nul Zikrak, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Jeam Kelly Sroyer, Fajar Fathur Rahman

Penyerang: Rafael Struick, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka

Berita Terkait