Shin Tae-yong Menyesal Tidak Tahu Timnas Indonesia U-23 Pernah Bermain di Olimpiade: Ini Saatnya, Saya Akan Mengantar ke Paris

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 28 Apr 2024, 17:25 WIB
Timnas Indonesia U-23 - Ilustrasi Road to Olimpiade (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Doha - Timnas Indonesia U-23 tinggal selangkah lagi untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024. Tim berjulukan Garuda Muda itu berjarak satu kemenangan.

Demi merebut tiket ke Olimpiade Paris, Timnas Indonesia U-23 harus mengalahkan Timnas Uzbekistan U-23 dalam babak semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, pada Senin (29/4/2024) malam WIB.

Advertisement

Asia mendapatkan jatah 3,5 di Olimpiade Paris yang menjadi milik juara Piala Asia U-23, runner-up, dan peringkat ketiga. Sementara, posisi keempat harus bermain di play-off melawan wakil Afrika, Timnas Guinea U-23.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, meminta maaf karena sempat tidak tahu bahwa Indonesia pernah menjadi peserta Olimpiade.

--

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Olimpiade Melbourne 1956

Pemain Timnas Indonesia U-23, Rizky Ridho merayakan kesuksesannya mencetak gol ke gawang Korea Selatan U-23 pada babak adu penalti saat laga perempat final Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Qatar, Jumat (26/04/2024) WIB. (Dok. PSSI)

Timnas Indonesia bermain di Olimpiade Melbourne 1956 dan mengimbangi Timnas Uni Soviet 0-0 dalam leg pertama perempat final, sebelum dikalahkan 0-4 pada pertemuan kedua.

"Saya merasa menyesal karena sebenarnya saya tidak tahu bahwa Indonesia pernah berpartisipasi di Olimpiade," ujar Shin Tae-yong.

"Saya mendengarnya di Olimpiade Melbourne dan itu 68 tahun yang lalu. Tapi, bagaimanapun, kali ini adalah saatnya bagi Timnas Indonesia U-23 ke panggung Olimpiade," jelas Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Tidak Tertekan

Shin Tae-yong mengaku tidak tertekan meski berambisi membawa Timnas Indonesia U-23 berangkat ke Prancis pada Juli-Agustus tahun ini. Arsitek asal Korea Selatan itu malah tengah menikmatinya.

"Saya tidak benar-benar merasa tekanan besar. Saya lebih suka menikmati saja saat ini tantangan ini," ucap Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Berpengalaman di Olimpiade

"Kemudian saya akan memiliki momen bahagia dengan para pemain. Jadi kali ini, saya akan mengantarkan Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade Paris," imbuh Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong sudah berpengalaman melatih di Olimpiade ketika mengantar Timnas Korea Selatan U-23 ke perempat final Rio de Janeiro pada 2016, namun kalah 0-1 dari Timnas Honduras U-23.

Berita Terkait