Raih Trofi Ligue 1 Musim Ini, PSG Pertegas Dominasi di Liga Prancis

oleh Rizki Hidayat diperbarui 29 Apr 2024, 07:49 WIB
Pemain Paris Saint-Germain merayakan kemenangan atas Barcelona pada duel leg kedua perempat final Liga Champions 2023/2024 Stadion Olimpic Lluis Companys, Rabu (17/4/2024). (AP Photo/Emilio Morenatti)

Bola.com, Jakarta - Paris Saint-Germain semakin mempertegas dominasinya di Ligue 1. PSG berhasil meraih trofi Liga Prancis yang ke-12 sekaligus menjadi klub tersukses di kompetisi tersebut.

Les Parisiens sebenarnya berpeluang mengunci titel juara saat menjamu Le Havre di Parc des Princes, Paris pada laga pekan ke-31 Ligue 1, Minggu (28/4/2024) dini hari WIB.

Advertisement

Membutuhkan tiga poin tambahan, PSG justru hanya mampu bermain imbang 3-3. Alhasil, pesta juara Paris Saint-Germain di Parc des Princes harus tertunda.

PSG akhirnya memastikan diri keluar sebagai kampiun Ligue 1 setelah AS Monaco terkapar di kandang Olimpique Lyon. Bertanding di Groupama Stadium, Senin (29/4/2024) dini hari WIB, Monaco keok 2-3 dari Lyon.

Paris Saint-Germain kukuh berada di puncak klasemen sementara Ligue 1 musim ini dengan nilai 70, unggul 12 poin atas Monaco di tempat kedua. Dengan pertandingan musim ini yang menyisakan tiga lagi lagi dengan angka maksimal sembilan, koleksi poin PSG sudah tak bisa lagi dikejar AS Monaco.

---

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Gelar Ke-12

Supporters PSG mengibarkan bendera timn pada leg pertama babak 16 Liga Champions, di Parc des Princes, Paris, Rabu (17/2/2016) dini hari WIB. (AFP / Kenzo Trbouillard)

Bagi Paris Saint-Germain, ini adalah gelar juara yang ke-12 di Liga Prancis. Dari 12 titel juara tersebut, 10 di antaranya direngkuh pada era Ligue 1 atau ketika sudah diakuisisi Qatar Sports Investments.

Prestasi itu pun sekaligus mempertegas dominasi PSG di liga. Sejauh ini, Les Parisiens menjadi klub tersukses di Liga Prancis, unggul dua titel juara atas Saint-Etienne di peringkat kedua.

"Dengan tiga pertandingan tersisa di Ligue 1 2023/2024, Paris Saint-Germain dinobatkan sebagai juara Liga Prancis untuk ke-12 kalinya. PSG kini telah memenangkan trofi ke-50 dalam sejarah klub," bunyi pernyataan resmi PSG.

 

3 dari 4 halaman

Modal untuk Jalani Semifinal Liga Champions

Para pemain Paris Saint-Germain (PSG) merayakan gol yang dicetak oleh Achraf Hakimi ke gawang Borussia Dortmund pada laga Liga Champions di Stadion Parc des Princes, Rabu (20/9/2023). PSG menang dengan skor 2-0. (AP Photo/Michel Euler)

Keberhasilan meraih titel juara Ligue 1 musim ini menjadi modal berharga bagi Paris Saint-Germain. Sebab, mereka bakal menjalani laga semifinal Liga Champions kontra Borussia Dortmund.

Pada laga leg pertama, mereka akan lebih dulu melawat ke markas Dortmund di Signal Iduna Park, Kamis (2/5/2024) dini hari WIB. Adapun pertemuan kedua, giliran PSG yang menjamu Die Borussen di Parc des Princes, 8 Mei mendatang.

"Memenangkan liga adalah hal yang fantastis, namun menjuarai Ligue 1 untuk ke-12 kalinya menjadikannya lebih istimewa bagi semua orang yang terhubung dengan Paris Saint-Germain," ujar Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi.

"Selamat kepada semua pemain, pelatih kami Luis Enrique dan stafnya, Luis Campos dan departemen olahraganya, dan semua orang di Klub. Sejak awal musim, tim sangat kolektif dan bersatu."

"Saya juga tidak akan pernah melupakan para fans yang telah luar biasa apapun hasilnya. Kami akan menghargai momen ini bersama sebagai sebuah keluarga. Dan juga terus bekerja keras, pertandingan demi pertandingan, hingga momen terakhir musim ini," lanjutnya.

 

4 dari 4 halaman

Unggahan PSG

Berita Terkait