Belum Move On dari Frenkie de Jong, Erik ten Hag Ingin Terapkan Gaya Main Ajax di MU

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 04 Mei 2024, 05:15 WIB
Gelandang Barcelona Frenkie de Jong berebut bola dengan gelandang Galatasaray Galatasaray Berkan Kutlu pada leg kedua 16 besar Liga Europa di NEF Stadyumu, Jumat (18/3/2022) dini hari WIB. Hasil Galatasaray vs Barcelona berakhir dengan skor 1-2. (AP Photo)

Bola.com, Jakarta - Manajer Manchester United (MU), Erik ten Hag, tampaknya belum bisa beralih dari mantan anak asuhnya yang kini berada di Barcelona, Frenkie de Jong. Erik ten Hag merasa Frenkie de Jong bisa membantunya menerapkan gaya sepak bola Ajax di Old Trafford.

Erik ten Hag duduk bersama Gary Neville mendiskusikan beberapa aspek yang sudah dijalaninya selama menjadi manajer MU, termasuk kegagalan The Red Devils mendapatkan Harry Kane, potensi Rasmus Hojlund yang masih muda, dan masalah cedera yang menimpa tim sepanjang musim.

Advertisement

Salah satu titik utama yang dibahas Erik ten Hag adalah kegagalan MU dalam mendatangkan Frenkie de Jong dari Barcelona pada musim panas 2022. Ia menekankan kehadiran De Jong akan sangat membantu dirinya menerapkan sepak bola Ajax di tubuh MU.

Menurut Erik ten Hag, penting memiliki pemain seperti Frenkie de Jong dan Casemiro demi mengubah gaya permainan tim. Menurutnya, kedua pemain itu akan saling melengkapi dan memainkan peran kunci dalam menerapkan filosofi permainan Ajax.

"Itu adalah Frenkie de Jong dan Casemiro. Mereka akan benar-benar saling melengkapi satu sama lain. Benar sekali," ucap Erik ten Hag.

"Itu adalah tipikal pemain yang bisa Anda gunakan jika ingin memainkan gaya Ajax. Anda membutuhkan tipe pemain seperti itu," lanjut manajer MU itu.

2 dari 5 halaman

Sulit Mengimplementasikan Permainan pada Musim Ini

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag jelang laga menghadapi Brentford pada laga pekan ke-30 Premier League 2023/2024 di Gtech Community Stadium, London, Sabtu (30/3/2024). (AP Photo/Ian Walton)

Berusaha menjelaskan mengapa gaya permainan yang diinginkannya gagal diimplementasikan pada musim ini, Erik ten Hag menekankan betapa sulit menghadapi situasi cedera dan perubahan di lini belakang MU.

Meski ada upaya untuk bermain proaktif dan dinamis, Erik ten Hag mengaku tantangan cedera dan perubahan pemain sudah membuat konsistensi sulit dicapai.

"Tahun lalu ketika saya masuk, Anda melakukan penyesuaian. Namun, pada akhirnya ini adalah tentang memenangkan pertandingan. Dari tahun lalu, kami menemukan cara untuk membuat tim yang sangat sukses," ujar Erik ten Hag.

Meski begitu, Erik ten Hag menggarisbawahi tim terus berusaha keras dan memiliki semangat untuk meraih kemenangan. Meski sulit, MU telah melihat peningkatan performa setelah jeda musim dingin, walau masih banyak hasil imbang.

"Kami cukup percaya diri di satu sisi, telah membuat pilihan yang tepat dan kami dapat membuat langkah selanjutnya. Namun, semua cedera datang dan kami melakukan begitu banyak perubahan di beberapa posisi seperti di lini belakang," tegas manajer asal Belanda itu.

3 dari 5 halaman

Konsistensi Itu Krusial

Selebrasi striker Manchester United, Marcus Rashford setelah mencetak gol kedua timnya lewat eksekusi penalti ke gawang Everton pada laga pekan ke-28 Premier League 2023/2024 di Old Trafford Stadium, Manchester, Sabtu (9/3/2024). (AP Photo/Dave Thompson)

Erik ten Hag juga menyoroti pentingnya konsistensi dalam pertandingan. Ia mengakui bahwa perubahan-perubahan yang terjadi di lini belakang MU telah mengganggu pola permainan yang diinginkan. Meski demikian, Erik ten Hag bersikeras tujuan utama tim tetap tidak berubah.

"Kami melakukan sedikit penyesuaian dalam cara bermain kami, ketika Anda tidak memiliki bek tengah berkaki kiri atau di sisi kiri pada posisi bek sayap. Anda harus melakukan penyesuaian dalam cara bermain Anda dan kami melakukannya," ujar Erik ten Hag.

"Kami belum berada di posisi yang kami inginkan dengan cara bermain sesuai yang kami inginkan. Namun, tajuk utama masih ada karena kami ingin menjadi proaktif, dinamis, dan kami ingin bermain dengan garis tinggi. Itulah yang selalu menjadi tujuan kami," lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Perlu Pemain yang Sesuai Filosofi

Manajer Manchester United Erik ten Hag menyaksikan jalannya pertandingan Liga Inggris saat melawan Manchester City di Old Trafford, Minggu, 29 Oktober 2023. (Paul ELLIS / AFP)

Dalam rangka mengatasi tantangan tersebut, Erik ten Hag menegaskan perlunya rekrutmen pemain sesuai dengan filosofi permainan yang diinginkan. Ia meyakini dengan pemain yang tepat, MU bisa menghadapi tantangan dengan lebih baik dan mencapai hasil yang diinginkan.

Meski ada kesulitan dalam menerapkan gaya permainan Ajax di MU, Erik ten Hag optimistis bahwa tim akan terus bergerak maju dan mencapai kesuksesan. Dengan tekad dan semangat yang dimiliki para pemain, Ten Hag yakin MU akan meraih hasil yang lebih baik.

"Kami sudah meningkat. Kami mencetak lebih banyak gol setelah jeda musim dingin dan juga lebih konsisten. Kami tidak mengalami banyak kekalahan pada 2024, tetapi kami terlalu sering bermain imbang," ujar Erik ten Hag.

"Apa yang dapat kami lakukan adalah menempatkan diri kami dalam posisi menang, tetapi kemudian Anda harus bermain imbang untuk melewatinya," pungkasnya. (Arraafi Adna Yudistira)

Sumber: Sport Bible

5 dari 5 halaman

Persaingan di Premier League

Berita Terkait