Deretan Momen Penentuan Titel Juara Liga Inggris Ditentukan pada Pekan Terakhir (Part 2): Sukses Man City Keluar dari Kesulitan!

oleh Choki Sihotang diperbarui 11 Mei 2024, 07:45 WIB
Liga Inggris - Ilustrasi Logo Premier League (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Arsenal sedang harap-harap cemas terkait peluang untuk menjadi juara Liga Inggris 2023/2024. Menyisakan dua laga lagi, The Gunners memang masih bercokol di puncak klasemen dengan tuaian 83 poin.

Hanya saja, Meriam London jangan sangai lengah. Soalnya, saingan terberat mereka, Manchester City, mengintai di posisi kedua dengan torehan 82 poin plus punya tabungan satu pertandingan.

Advertisement

Musim lalu, Arsenal juga sempat memimpin klasemen Liga Inggris 2022/2023. Sayang, di pekan-pekan terakhir, Bukayo Saka dan kawan-kawan terpeleset sehingga posisi puncak berhasil dirampas Manchester City yang kemudian kembali tampil sebagai jawara.

Musim ini bisa dibilang menjadi salah satu musim yang paling menarik sekaligus menegangkan dalam sejarah Premier League.

Liverpool sempat memanaskan persaingan, namun hasil minor dalam beberapa laga terakhir membuat The Reds terpatri di posisi ketiga bermodalkan 78 angka.

Dengan poin tersebut, hampir mustahil bagi pasukan Jurgen Klopp untuk mengejar Arsenal dan Manchester City.

Di musim-musim sebelumnya, persaingan di hari-hari terakhir Premier League juga berlangsung mengcekam. Tak sedikit tim yang berada di puncak pada akhirnya harus mengelus dada kecewa.

Dilansir Givemesport, berikut beberapa di antaranya yang mungkin sudah kalian lupakan:

 

2 dari 7 halaman

Juara: Chelsea, 2009/2010 (Runners-up: Manchester United)

Chelsea mungkin merasa balas dendam adalah sajian terbaik yang disajikan dengan trofi Liga Inggris.

Kedua tim telah bertukar posisi pertama dan kedua satu sama lain berkali-kali sepanjang musim ini, namun pada kesempatan ini Chelsea-lah yang memiliki kelompok pencetak gol yang lebih baik.

Didier Drogba, Frank Lampard, Florent Malouda, dan Nicolas Anelka semuanya mencapai dua digit untuk klub London barat tersebut.

Sementara itu, hanya Rooney dan Dimitar Berbatov yang mampu mencetak lebih dari 10 gol untuk United dan hal ini jelas memberikan keunggulan bagi Chelsea dalam perubahan total dari perebutan gelar juara dua musim sebelumnya oleh kedua tim.

Ini adalah gelar pertama Chelsea di era awal pasca-Mourinho dan merupakan salah satu pertarungan ikonik era Premier League. 

 

 

3 dari 7 halaman

Juara: Manchester City, 2011/2012 (Runners-up: Manchester United)

Tim yang tidak diunggulkan mengalahkan rival lokal yang mereka benci dalam perebutan gelar.

Caranya memastikan gelar pada menit-menit terakhir setelah semua harapan tampak hilang hanya 10 menit sebelumnya adalah cara yang diinginkan setiap penggemar sepak bola untuk memenangkan gelar.

Manchester City belum pernah menjadi juara Inggris selama era Premier League atau sejak musim 1967/1968 ketika mereka memenangkan gelar dengan mengalahkan rival sekota mereka, Red Devils.

Persamaan antara dua penentu gelar ini sangat menakutkan, karena pada kedua kesempatan Sunderland terlibat dan menjelang pertandingan terakhir kedua klub memiliki poin yang sama.

Manchester United melakukan apa yang mereka bisa pada tahun 2012, mengalahkan Sunderland (sesuatu yang tidak mereka lakukan pada tahun 1968) namun keunggulan selisih gol City memberi mereka keunggulan atas rival mereka.

Meskipun tampaknya United akan meraih gelar pada hari itu, karena City tertinggal satu gol melawan QPR di menit-menit tersisa.

Edin Dzeko menyamakan skor pada menit ke-92 dan, Anda tahu apa yang terjadi beberapa menit kemudian.

 

 

 

4 dari 7 halaman

Juara: Manchester City, 2013/2014 (Runners-up: Liverpool)

Posisi pertama berpindah tangan sebanyak 25 kali selama musim 2013/2014, dengan Chelsea, Liverpool, dan Arsenal memimpin di beberapa titik sepanjang musim.

Arsenal sebenarnya memimpin liga untuk waktu terlama sepanjang musim sebelum dua kemenangan dari sembilan pertandingan membuat mereka kembali ke posisi keempat.

Chelsea mengambil alih posisi mereka tetapi penampilan luar biasa dari Liverpool membuat mereka mengambil kendali liga dengan tujuh pertandingan tersisa.

Dengan tiga pertandingan tersisa, Liverpool harus kalah di liga, dan mereka benar-benar melaluinya.

Kesalahan Steven Gerrard yang terkenal membantu Chelsea mengalahkan Liverpool di Anfield sebelum Liverpool membuang keunggulan tiga gol melawan Crystal Palace di Selhurst Park.

Hal ini memungkinkan Manchester City, yang terus naik di klasemen, merebut gelar liga dari Liverpool pada hari terakhir.

 

 

 

5 dari 7 halaman

Juara: Manchester City, 2018/2019 (Runners-up: Liverpool)

Gelar liga ini ditentukan hanya dengan 11mm. Begitulah banyaknya bola yang gagal melewati garis dalam bentrokan antara Manchester City dan Liverpool pada musim 2018-19.

John Stones menyapu bola keluar garis untuk memberi Manchester City kemenangan paling penting musim ini.

Ini jadi satu-satunya pertandingan Liverpool di mana mereka kalah sepanjang musim. Kedua klub menunjukkan performa yang luar biasa setelah ini dengan Liverpool meraih 43 poin dari 51 poin yang tersedia.

Empat hasil imbang terbukti merugikan Liverpool karena City meraih 48 dari kemungkinan 51, mengungguli Liverpool meraih gelar liga dengan selisih satu poin.

 

 

 

6 dari 7 halaman

Juara: Manchester City, 2021/2022 (Runners-up: Liverpool)

Ada dua hal yang tampaknya dijamin dalam daftar ini. Sebuah klub dari Manchester akan terlibat, dan Liverpool akan kalah dari separuh kota biru.

Chelsea sebenarnya sempat menguasai liga di awal musim, namun kemenangan beruntun besar bagi City dan Liverpool membuat mereka kembali ke posisi biasa di tabel liga.

Namun, selama sepuluh kemenangan beruntun Liverpool, Manchester City kehilangan poin penting, memungkinkan Liverpool untuk benar-benar memangkas keunggulan 13 poin.

Namun sekali lagi, Liverpool gagal mengalahkan City karena hasil imbang 2-2 membuat The Citizens tetap mempertahankan keunggulan tipis.

Di hari terakhir, City memimpin dengan satu poin, artinya mereka harus menang atau menyamai hasil Liverpool dan gelar akan menjadi milik mereka.

Liverpool sempat tertinggal terlebih dahulu untuk memberi City keunggulan, namun mereka dengan cepat menyamakan kedudukan.

Aston Villa asuhan Steven Gerrard sebenarnya memimpin melawan City, namun legenda Liverpool itu gagal mencegah timnya dari keterpurukan saat mereka kebobolan tiga gol, memberikan gelar sekali lagi kepada tim yang mengambilnya delapan tahun sebelumnya.

Sumber: Givemesport

7 dari 7 halaman

Yuk Lihat Peta Persaingan

Berita Terkait