Yuk Bisa Yuk! 2 Kemenangan di Depan Mata Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Bisa Lah Sikat Irak dan Filipina di Kandang

oleh Choki Sihotang diperbarui 11 Mei 2024, 20:00 WIB
Pemain Timnas Indonesia, Jay Idzes melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di My Dinh Stadium, Vietnam, Selasa (26/03/2024). (AFP)

Bola.com, Jakarta - Dua kemenangan beruntun berada di depan mata. Ya, Timnas Indonesia akan kembali mengarungi kualifikasi Piala Dunia kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Ada dua lawan yang menanti, Irak dan Filipina. Lawan Irak, rencananya mentas di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada 6 Juni mendatang. Sedangkan kontra Filipina dihelat pada 11 Juni di tempat yang sama.

Advertisement

Dibandingkan Irak, melawan Filipina relatif lebih mudah. Tak bermaksud memandang remeh Filipina, Skuad Garuda masih jauh lebih berpeluang guna meraup angka penuh.

Ada beberapa faktor pendukung seperti status Timnas Indonesia sebagai tuan rumah, hasil dalam beberapa laga terakhir, dan kekompakan tim asuhan Shin Tae-yong yang kian solid.

 

2 dari 4 halaman

Faktor Penonton

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong berjoget saat para penonton meneriakkan namanya setelah laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Timnas Indonesia Vs Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/03/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Timnas Indonesia terkenal ke seluruh dunia memiliki suporter yang sangat militan mendukung tim kesayangannya. Tak hanya di laga kandang, soporter juga hadir setia kali tim Garuda berjuang di luar negeri.

Contoh teranyar saat ajang Piala Asia U-23 2024 di Qatar beberapa waktu lalu. Ribuan fans setia menyemuti stadion setiap kali Rizki Ridho dan kawan-kawan bertarung membela panji-panji Merah Putih.

Loyalitas tanpa batas tersebut sukses memantik semangat juang Garuda Muda sampai kemudian memahat sejarah dengan melangkah ke semifinal sebelum akhirnya dihentikan Irak dalam perebutan tempat ketiga.

Nah, bayangkan bagaimana membaranya nanti saat lawan Filipina. Mau berduel di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta atau di luar ibo kota negara, kehadiran pendukung setia pastinya menjadi neraka bagi Filipina.

 

3 dari 4 halaman

Hasil Imbang 1-1 di Kandang Filipina

Penyerang Timnas Filipina, OJ Porteria (putih) berduel dengan bek Timnas Indonesia, Jordi Amat dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia (AFP/Jam Sta Rosa)

Selain itu, hasil imbang 1-1 di Rizal Memorial Stadium pada 21 November 2023 membuat Indonesia lebih percaya diri bisa mengandaskan Filipina kali ini.

Saat itu Filipina sempat unggul 1-0 lewat lesakan Patrick Reichelt pada menit ke-23, sebelum akhirnya dipaksa bermain imbang via gol balasan Saddil Ramdani pada menit ke-70.

Tak hanya itu, hasil memuaskan back to back versus Vietnam pada laga lain di Grup F juga membuat Filipina wajib ketar-ketir saat menghadapi tim Garuda.

Pada laga yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Vietnam tumbang 0-1. Dan lebih menyakitkan, mereka juga dibantai 3-0 di Stadion My Dinh Hanoi.

 

4 dari 4 halaman

Tren Positif Timnas Indonesia

Hal lain yang membuat Indonesia berpeluang memenangkan duel melawan Filipina, timnas yang ada saat ini sangat solid.

Shin Tae-yong, dengan cepat, mampu menyolidkan skuadnya terlebih pemain-pemain naturalasi yang belum lama bergabung.

Adapun Indonesia saat ini bercokol di posisi kedua klasemen Grup F dengan torehan tujuh poin hasil dari dua kemenangan, satu imbang, dan satu lagi berakhir dengan kekalahan.

Irak masih memuncaki klasemen dengan 12 poin setelah menyapu bersih empat laga sebelumnya. Vitenam di posisi ketiga dan terakhir di posisi buncit diisi Filipina dengan tabungan sebiji poin.

Jika bisa mengalahkan Irak dan Filipina, Indonesia dipastikan lolos ke babak ketiga yang sekaligus membuka asa Indonesia ke pentas terakbar sepak bola sejagat perlahan-lahan terbuka.

Ayo Garuda, ini kandang kita!

Berita Terkait