Kekuatan Tersembunyi Man City demi Merengkuh Juara Liga Inggris 2023 / 2024: Tiada Haaland, Gvardiol Pun Jadi

oleh Aryo Atmaja diperbarui 13 Mei 2024, 18:15 WIB
Bek baru Manchester City, Josko Gvardiol. (Bola.com/Dok.Twitter Manchester City).

Bola.com, Manchester - Manchester City masih memberikan tekanan hebat kepada Arsenal dalam persaingan gelar juara Liga Inggris 2023/2024. Akhir pekan kemarin The Citizens menghajar tuan rumah Fulham 4-0 dan mengkudeta Arsenal di pucuk klasemen.

Namun hanya bertahan satu hari, sebab Arsenal juga menang 1-0 di markas Manchester United, Minggu (12/5/2024) malam WIB. Posisi pertama kini kembali diduduki Arsenal dengan nilai 86, unggul satu angka dari Man City.

Advertisement

Namun Man City lebih punya kans menyalip The Gunners, karena mereka baru bermain 36 kali. Laga tunda pekan ke-34 baru akan mereka mainkan tengah minggu ini melawan tuan rumah Tottenham Hotspur.

Jika berhasil menang, maka kemudi persaingan juara ada di tangan Man City. Ada fenomena lain yang muncul dari tim besutan Pep Guardiola, di saat menurunnya ketajaman Erling Haaland. Yakni sosok Josko Gvardiol, bek yang mulai rajin mencetak gol.

2 dari 4 halaman

Produktif

Pemain Manchester City, Josko Gvardiol, merayakan gol ke gawang Fulham pada laga pekan ke-37 Premier League di Craven Cottage, Sabtu (11/5/2024). (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Josko Gvardiol memborong dua gol alias brace saat timnya mencukur Fulham 4-0 Sabtu kemarin. Pemain asal Kroasia itu juga mencetak gol pada laga-laga sebelumnya. Seperti ketika membobol gawang Luton Town, Nottingham Forest.

Ia juga sempat ikut mengoyak jala gawang Real Madrid di semifinal Liga Champions, namun sayangnya perjalanan The Citizens harus terhenti.

Total Gvardiol mencetak empat gol di Liga Inggris sepanjang musim ini. Sebuah catatan apik di saat mesin gol Erling Haaland tidak segacor musim lalu.

3 dari 4 halaman

Tak Mau Kehilangan Fokus

Pemain Man City merayakan gol yang dicetak Josko Gvardiol dalam laga kontra Luton Town di Etihad Stadium pada pekan ke-33 Premier League 2023/2024, Sabtu (13/4/2024) malam WIB. Man City menang telak 5-1 dalam laga ini. (Darren Staples / AFP)

Selanjutnya Man City akan bertandang ke markas Tottenham, Rabu (15/5/2024). Josko Gvardiol bertekad kembali memberikan kontribusi besar demi kemenangan timnya, entah itu kembali mencetak gol atau menghindarkan serangan lawan.

"Saya berkali-kali mengatakan bahwa kita perlu fokus pada diri kita sendiri dan terus melaju dengan cara itu. Arsenal terus memberikan perlawanan," terang Gvardiol dikutip dari laman resmi Man City.

"Tottenham akan menjadi final lainnya. Saya hanya bermain sekali di sana dan itu sulit, mudah-mudahan ini akan menjadi pertandingan bagus dan hari baik bagi kami.”

Sumber: Manchester City

4 dari 4 halaman

Lihat Peta Persaingan di Musim Ini

Berita Terkait