Jelang Tottenham Vs Man City di Liga Inggris, Pep Guardiola: Menang atau Gelar Juara di Tangan Arsenal

oleh Aryo Atmaja diperbarui 14 Mei 2024, 19:30 WIB
Pemain Manchester City, Erling Haaland, berusaha mencetak gol saat melawan Tottenham Hotspur pada laga Liga Inggris di Stadion Etihad, Kamis (19/1/2023). Namun, City merespons di babak kedua. The Citizens mampu mencetak empat gol melalui Julian Alvarez, Erling Haaland, dan sepasang gol Mahrez. (AP Photo/Dave Thompson)

Bola.com, London - Pelatih Manchester City, Pep Guardiola mengakui timnya tidak punya alternatif lain selain menang di markas Tottenham Hotspur dalam lanjutan Liga Inggris 2023/2024, Rabu (15/5/2024) dini hari nanti. Timnya dituntut menang jika masih menginginkan gelar juara dari tangan Arsenal.

The Gunners mendapatkan kembali posisi teratas pada hari Minggu setelah kemenangan 1-0 mereka atas Manchester United. Tetapi peluang untuk memenangkan rekor gelar keempat berturut-turut tetap ada di tangan Man City yang masih punya sisa dua laga terakhir.

Advertisement

The Citizens untuk sementara berada di urutan kedua dengan nilai 85, terpaut satu angka dari Arsenal. Namun Arsenal cuma punya satu laga terakhir menjamu Everton.

Sementara Erling Haaland dkk, masih punya dua tabungan laga melawan Spurs dan West Ham. Jika berhasil menyapu bersih dua laga itu dengan kemenangan, otomatis gelar juara kembali didapat Man City.

2 dari 5 halaman

Hanya Ada Satu Cara

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola memberi instruksi kepada para pemainnya jelang babak perpanjangan waktu menghadapi Real Madrid pada laga leg kedua perempatfinal Liga Champions 2023/2024 di Etihad Stadium, Manchester, Rabu (18/4/2024). (AP Photo/Dave Thompson)

Atau jika nanti Man City cuma meraih satu angka di markas Spurs dan di klasemen akhir memiliki nilai sama dengan Arsenal, mereka kalah selisih gol dari Meriam London.

Jadi hanya kemenangan dini hari nanti untuk menghidupkan kans The Citizens mempertahankan gelarnya.

“Kami tahu jika kami tidak menang, kami tidak akan memenangkan Premier League. Itu yang harus kami lakukan untuk mengetahui secara pasti siapa mereka sebagai sebuah tim," beber Pep Guardiola dikutip dari laman resmi Man City.

“Jadi tuntutan selalu ada, terutama musim ini karena mereka lebih proaktif dibandingkan di masa lalu dibandingkan dengan manajer lain."

3 dari 5 halaman

Ancaman Spurs

Tottenham Hotspur kembali ke posisi empat besar klasemen sementara Premier League 2023/2024 berkat kemenangan 3-1 atas tamunya Nottingham Forest pada laga pekan ke-32 di Tottenham Hotspur Stadium, London, Senin (8/4/2024) dini hari WIB. Tiga gol The Lilywhites dihasilkan oleh gol bunuh diri bek Nottingham Forest, Murillo (15') ditambah dua gol dari bek mereka, Micky van de Ven (52') dan Pedro Porro (58'). Sementara satu-satunya gol tim tamu dicetak Chris Wood pada menit ke-27. (AP Photo/Ian Walton)

Guardiola memperingatkan para pemainnya untuk tidak meremehkan Tottenham. Apalagi Spurs menghidupkan kans lolos ke Liga Champions, ditambah motivasi setelah mengalahkan Burnley akhir pekan kemarin.

“Mereka sangat agresif, tidak peduli apa yang terjadi, mereka kalah 4-0 di Anfield dan mereka terus melanjutkan rencana permainan dan berpegang pada apa yang mereka yakini," lanjut Guardiola.

“Kesulitannya ada di sana. Namun pada saat yang sama kami tahu untuk apa kami bermain. Untuk memberi kita kesempatan di rumah bergantung pada kita. Itulah pola pikir kami.”

4 dari 5 halaman

Pantang Lengah

Pemain Manchester City, Josko Gvardiol, merayakan gol ke gawang Fulham pada laga pekan ke-37 Premier League di Craven Cottage, Sabtu (11/5/2024). (AP Photo/Kirsty Wigglesworth)

Skuad Man City kemungkinan tidak diperkuat Jack Grealish dan Nathan Ake yang masih berkutat dengan cedera. Sang pelatih asal Spanyol hanya bisa berharap para pemain yang tampil tetap menjaga konsentrasi.

“Yang kami lakukan hanyalah apa yang harus kami lakukan untuk memenangkan pertandingan. Dalam jenis permainan seperti itu, selama Anda fokus pada pekerjaan dan proses serta apa yang harus Anda lakukan, itu jauh lebih baik."

“Situasi lain tidak akan ada dalam pikiran Anda jadi itulah yang harus kami lakukan karena untuk apa kami bermain," tegas Guardiola.

Sumber: Manchester City

5 dari 5 halaman

Yuk Intip Persaingan di Musim Ini

Berita Terkait