Resmi, Kevin Sanjaya Sukamuljo Pamit Mundur dari Pelatnas

oleh Wiwig Prayugi diperbarui 16 Mei 2024, 12:25 WIB
Pasangan ganda putra Indonesia unggulan pertama, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat bertanding melawan pasangan Malaysia unggulan ke-8, Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dalam babak perempatfinal Turnamen Bulu Tangkis Daihatsu Indonesia Master 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (10/6/2022). Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo menang rubber game 10-21, 21-11 dan 21-18. (Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Bola.com, Jakarta - Pemain ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo resmi mundur dari Pelatnas PBSI mulai Kamis (16/5/2024).

Kabid Binpres PBSI, Ricky Soebagja, menyebut pihaknya menerima keputusan mantan ganda nomor satu dunia tersebut.

Advertisement

PSSI menghormati keputusan Kevin untuk menjalani kariernya sendiri dalam bentuk apapun.

"Soal Kevin, kamis berkomunikasi dengan dia dan mungkin dia ada kesibukan lain sehingga mundur dari Pelatnas," kata Ricky dalam jumpa pers di Cipayung, Kamis (16/5/2024).

Kevin menyusul partnernya, Marcus Gideon yang mengumumkan pensiun setelah menjalani karier di bulutangkis selama 25 tahun.

Namun, untuk Kevin, masih belum jelas apakah dia akan tetap berkarier di bulutangkis atau yang lain.

2 dari 3 halaman

Acara Perpisahan

Usai interval, keunggulan poin Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo tetap terjaga hingga mampu menutup game pertama dengan skor 21-17. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

PBSI akan menggelar perpisahan dengan Kevin/Marcus pada Indonesia Open yang digelar Juni mendatang.

"Kami akan membuatkan acara farewell untuk Minions nanti," tambah Ricky.

3 dari 3 halaman

Raja Super Series

Gelar di Indonesia Open 2021 merupakan gelar ketiga berurutan bagi Marcus Gideon/Kevin Sanjaya. Dua Gelar sebelumnya diraih pada edisi 2018 dan 2019. Pada Edisi 2020 Turnamen Bulu Tangkis Indonesia Open dibatalkan akibat wabah Pandemi COVID-19. (Dok. PBSI)

Kevin/Marcus merupakan ganda putra yang merajai turnamen BWF. Mereka telah memenangkan 19 gelar dan 6 kali menjadi runner-up BWF World Tour. Sebelumnya, mereka juga meraih 10 gelar dan 2 runner-up Super Series.

Gelar terakhir yang diraih Minions adalah Indonesia Open 2021. Setelah itu, karier mereka stagnan. Marcus menjalani operasi dan Kevin sempat dipasangkan dengan Rahmat Hidayat sebelum akhirnya memutuskan mundur. (Rayhan Nur Hakim)