5 Duel Pamungkas Dramatis dalam Sejarah Liga Inggris: Apes Banget, Man City Terdegradasi Gaga-gara Salah Info

oleh Choki Sihotang diperbarui 16 Mei 2024, 14:45 WIB
Liga Inggris - Ilustrasi Logo Premier League Musim 2023/2024 (Bola.com/Erisa Febri)

Bola.com, Jakarta Manchester City dan Arsenal masih bersaing sengit dalam perburuan gelar Liga Inggris 2023/2024.

Saat ini, di pekan ke-37, juara bertahan Manchester City kembali mengambil alih puncak klasemen dengan tabungan 88 poin.

Advertisement

Paga laga terakhir beberapa waktu lalu, tim asuhan Pep Guardiola sukses meraup tripoin setelah mengalahkan Tottenham Hotspur 2-0 via brace Erling Haaland.

Sementara, Arsenal, yang melorot ke posisi kedua dengan torehan 86 poin bertekad memenangi satu laga tersisa sambil berdoa City kalah di laga pamungkas.

The Gunners sah-sah saja mendoakan yang jelek-jelek terhadap City, tapi tim yang bermarkas di Etihad Stadium itu pastinya juga berpikir yang sama kalau The Citizens juga mengharapkan yang buruk bagi skuad besutan Mikel Arteta.

Tapi, baik Arsenal maupun Manchester City harus sadar banyak drama yang bisa terjadi di akhir musim nanti.

Dalam musim-musim sebelumnya, pekan terakhir Liga Inggris beberapa kali diwarnai momen paling dramatis yang mewarnai kompetisi tertinggi Inggris. Termasuk tim-tim besar yang akhirnya harus degradasi karena salah menerima informasi.

Dilansir Givemesport, berikut lima di antaranya yang mungkin sudah kalian lupakan atau tak ingat lagi. 

 

2 dari 6 halaman

Skandal Lasagne (2005/2006)

Tottenham Hotspur kehilangan kesempatan untuk mengalahkan rival utama mereka di Premier League, Arsenal, pada akhir musim 2005/2006.

Spurs akan menyingkirkan The Gunners dari empat besar, sehingga menggagalkan tetangga mereka di London utara mendapatkan hadiah uang yang menguntungkan yang didapat dari kualifikasi Liga Champions, dengan kemenangan di hari terakhir atas West Ham United.

Namun menjelang kontes, Martin Jol kehilangan 10 anggota skuad tim utama karena keracunan setelah menyantap lasagna yang disajikan di hotel tempat mereka menginap.

Upaya untuk menunda pertandingan ditepis oleh Liga Inggris dan tim lemah Tottenham kalah 1-2, sementara Thierry Henry mencetak hat-trick pada pertandingan terakhir Arsenal di Highbury.

 

3 dari 6 halaman

Misinformasi Manchester City (1995/1996)

Logo Manchester City.

Jauh sebelum Manchester City dikenal memiliki beberapa pemilik terkaya di Premier League, The Sky Blues kerap direcoki bencana dan kesialan.

Reputasi yang tidak diinginkan itu mencapai puncaknya pada akhir musim 1995/1996 ketika City membuang-buang waktu menuju degradasi.

City membalikkan defisit dua gol untuk menyamakan kedudukan dengan Liverpool di Manchester timur pada hari terakhir musim ini.

Southampton mengawali hari dengan poin yang sama dengan City dan menjadi tuan rumah Wimbledon pada waktu yang sama.

Alan Ball salah diberitahu bahwa Sky Blues-nya hanya membutuhkan satu poin untuk tetap bertahan, memerintahkan para pemainnya untuk menjaga bola di sudut dan berlari sepanjang waktu.

Sudah terlambat, Niall Quinn menyadari The Saints seri dengan Wimbledon, membuat City terdegradasi dengan sangat menyakitkan.

 

 

4 dari 6 halaman

Carlos Tevez Gagalkan Sheffield United (2006/2007)

Pekan pamungkas  musim 2006/2007 bisa dibilang menjadi sebuah laga klasik. Duduk cantik di urutan ke-16, Sheffield United tahu yang harus mereka lakukan hanyalah menyamai hasil West Ham - selama The Hammers tidak membalikkan tiga gol jika sama-sama menang - untuk tetap bertahan di Liga Premier.

Dengan pasukan Alan Curbishley bertandang ke markas pemenang gelar Manchester United, itu sepertinya tugas yang mudah.

Tapi Blades menghadapi Wigan, yang juga berharap untuk tetap bertahan di Premier League. Bahkan hasil imbang akan menyelamatkan Sheffield United dari degradasi, namun kekalahan membuat mereka berada di bawah The Latics karena selisih gol.

Sementara itu, gol Carlos Tevez untuk West Ham di Old Trafford membuat pertandingan tandang menjadi heboh. Dengan mempertahankan hasil 1-0,  The Hammers selamat.

Transfer Tevez ternyata ilegal. Pemain Argentina itu sebagian dimiliki oleh agen Kia Joorabchian, dan West Ham akhirnya harus membayar ganti rugi kepada Sheffield United sebesar £25,5 juta karena gol Tevez yang menjatuhkan The Blades.

 

 

5 dari 6 halaman

Everton Bertahan (1993/1994)

Logo Everton. (Bola.com/Peter Powell)

Everton memasuki pertandingan terakhir di Premier League musim 1993/1994 melawan Wimbledon dengan 41 poin, menempati posisi terakhir di zona degradasi. Meskipun Southampton, Sheffield United dan Ipswich semuanya mengumpulkan 42 poin, dan tidak ada jaminan siapa yang akan bertahan.

Namun hiruk pikuk Goodison Park  diredam hanya dalam waktu empat menit setelah Dean Holdsworth melakukan penalti. Tampaknya semua harapan hilang 15 menit kemudian, ketika gol bunuh diri komedian Gary Ablett merayap ke gawang.

Meskipun penalti Graham Stuart mengembalikan harapan, perubahan haluan masih diperlukan di babak kedua.

Barry Horne kemudian melihat Everton berani bermimpi saat mencetak gol dengan sebuah gol yang luar biasa.

Dan dengan hanya 10 menit tersisa, keajaiban itu terjadi . Stuart adalah pahlawannya, meskipun kiper Wimbledon Hans Segers diragukan sejak saat itu. .

 

6 dari 6 halaman

Blackpool dan Birmingham City Degradasi (2010/2011)

Setelah West Ham terdegradasi, dua pemain Wigan Athletic, Blackpool, Birmingham, Wolves dan Blackburn bisa saja terdegradasi di hari terakhir.

Birmingham, Blackpool, dan Wigan hanya mengumpulkan 39 poin namun memiliki selisih gol yang sama, yang berarti bahwa kekalahan besar bagi kedua tim dapat mengubah keseimbangan.

Blackburn aman setelah unggul 3-0 di babak pertama di markas Wolves, dan ketika Blackpool memimpin di Manchester United, mereka mulai bermimpi. Namun, comeback MU membuat mereka kalah 2-4, berakhir dengan degradasi.

Birmingham menyamakan kedudukan pada menit ke-80 di Tottenham untuk sementara mengirim Wigan di bawah garis putus-putus.

Namun ketika The Latics mencetak gol penentu kemenangan pada menit ke-82 di markas Stoke, dan gol penentu kemenangan Tottenham saat Birmingham terus menekan untuk meraih kemenangan yang mereka perlukan untuk menjatuhkan Wolves, para penonton di DW Stadium lah yang tertawa terakhir.

Sumber: Givemesport

 

Berita Terkait