Waduh! Pelatih Irak Dinilai Keras Kepala Jelang Laga Kontra Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

oleh Aryo Atmaja diperbarui 28 Mei 2024, 18:00 WIB
Pelatih Timnas Irak, Jesus Casas (AFP/Hussein Faleh)

Bola.com, Jakarta - Irak akan meladeni tuan rumah Timnas Indonesia pada matchday kelima Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan akan dimainkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024) sore WIB.

Irak bertengger di peringkat pertama dengan nilai 12, alias menyapu bersih empat laga dengan kemenangan. Sementara Timnas Indonesia cukup membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menemani Irak lolos ke babak selanjutnya.

Advertisement

Kritikan pedas ditujukan kepada juru taktik Timnas Irak, Jesus Casas menjelang pertandingan di Jakarta pekan depan. Kali ini nada miring ditujukan kepada pelatih asal Spanyol datang dari eks pemain Timnas Irak, Arkan Najeeb.

2 dari 5 halaman

Berbahaya untuk Perjalanan Irak

Piala Asia - Ilustrasi Timnas Irak (Bola.com/Adreanus Titus)

Melansir laman Winwin, Arkan Najeeb memperingatkan bahwa sikap keras kepala Jesus Casas bisa menjauhkan tim berjulukan Singa Mesopotamia jauh dari Piala Dunia 2026. Najeeb menggambarkan sikap keras kepala Casas dari isu pemilihan pemain Irak menghadapi Timnas Indonesia dan Vietnam.

Setelah laga melawan tuan rumah Indonesia pada 6 Juni 2024, Irak kemudian menjamu Vietnam di Baghdad lima hari kemudian untuk memungkasi Babak Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Casas mengumumkan daftar resmi Timnas Irak untuk menghadapi Indonesia dan Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2027, terdiri dari 26 pemain.

3 dari 5 halaman

Kritikan Pedas

Bek Timnas Irak, Rebin Sulaka beradu kepala dengan bek Timnas Jepang, Hiroki Ito dalam laga Grup D Piala Asia 2023 di Education City Stadium, Jumat (19/1/2024) petang WIB. (AFP/Hector Retamal)

Najeeb menyebut beberapa pemain yang seharusnya masih bisa dipanggil, justru diabaikan oleh Jesus Casas.

“Sungguh mengejutkan, dan yang lebih aneh lagi adalah absennya Hassan Abdul Karim. Lalu Muhammad Qasim dan Danilo Al-Saad juga tidak dipanggil," beber Najeeb.

"Kecemerlangan para pemain ini datang pada saat Casas bersikeras pada pemain yang dianggap sudah habis dan memiliki banyak peluang tetapi tidak memanfaatkannya dan tidak memberikan sesuatu yang signifikan untuk Irak. Saya pikir pelatih perlu meninjau kembali pilihannya. dan melihat dengan satu mata ke semua pemain tanpa diskriminasi."

4 dari 5 halaman

Pesan Khusus

Bek Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berebut bola dengan pemain Irak Merchas Doski pada pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Basra Sport City Stadium, Kamis, 16 November 2023. (Hussein Faleh / AFP)

Arkan Najeeb berharap jajaran Timnas Irak kembali membuka mata bahwa persaingan di babak berikutnya akan jauh lebih sengit. Tim-tim kuat dan penuh tradisi sudah menanti di fase krusial seperti Arab Saudi, Iran, Jepang, dan Korea Selatan.

“Tahap ketiga kualifikasi Asia adalah tahap persaingan nyata dengan yang hebat Benua Asia untuk kartu kualifikasi Piala Dunia, dan hanya tersisa tiga bulan lagi," jelasnya.

Sumber: Winwin

5 dari 5 halaman

Daftar Pemain Irak

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Ilustrasi Logo Timnas Irak (Bola.com/Adreanus Titus)

Berikut skuad lengkap Timnas Irak:

Kiper

Jalal Hassan (Al-Zawraa)

Hussein Hassan (Al-Karkh SC)

Ali Kadhim (Zakho SC)

Kumel Saadi (Naft Al-Basra)

Bek

Rebin Sulaka FC (Seoul)

Akam Hashim (Erbil)

Frans Putros (Port FC)

Zaid Tahseen (Al-Talaba)

Manaf Younis (Al-Shorta)

Ahmed Yahya (Al-Shorta)

Ahmed Maknzi (Al-Quwa Al-Jawiya)

Hussein Ali (sc Heerenveen)

Mustafa Saadoun (Al-Quwa Al-Jawiya)

Gelandang

Amir Al-Ammari (Halmstads BK)

Osama Rashid (FC Vizela)

Safaa Hadi (Tractor)

Mohamed Al-Taay (Wellington Phoenix)

Ali Jasim (Al-Quwa Al-Jawiya)

Marko Farji (Stromsgodset IF)

Bashar Resan (Al-Markhiya)

Louay Al-Ani (Al Zawraa)

Zidane Iqbal (FC Utrecht)

Ibrahim Bayesh (Al-Quwa Al-Jawiya)

Youssef Amyn (Eintracht Braunschweig)

Penyerang

Aymen Hussein (Al-Quwa Al-Jawiya)

Mohanad Ali (Al-Shorta)

Berita Terkait