AFF dan PSSI Cek Kesiapan Kota Solo Gelar Piala AFF U-16 2024: Mayoritas Venue Warisan Piala Dunia U-17 2023 Terawat Baik

oleh Radifa Arsa diperbarui 29 Mei 2024, 05:15 WIB
Perwakilan AFF didampingi PSSI mengecek setiap ruangan yang tersedia di Stadion Sriwedari, Solo, saat kunjungan menjelang persiapan Piala AFF U-16 2024. (Bola.com/Radifa Arsa)

Bola.com, Solo - Perwakilan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) didampingi PSSI mengecek kesiapan Kota Solo untuk menggelar hajatan Piala AFF U-16 2024 yang bakal bergulir pada 21 Juni hingga 4 Juli 2024.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Solo, Rini Kusumandari, menjelaskan bahwa pengecekan terutama ini dilakukan di sejumlah venue yang akan digunakan pada Piala AFF U-16 2024, yakni Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari.

Advertisement

“Hari ini, AFF didampingi PSSI melakukan kunjungan untuk mengecek kesiapan Stadion Manahan dan Stadion Sriwedari. Namun, belum ada pembicaraan lebih lanjut,” kata Rini, Selasa (28/5/2024).

“Setelah ini, nanti ada pembicaraan antara kami dengan PSSI. Hasil laporan pengecekan akan disampaikan PSSI untuk persiapan ajang Piala AFF U-16 2024,” imbuhnya.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Cek Kesiapan Venue

Perwakilan AFF dan PSSI menguji tingkat pencahayaan di Stadion Sriwedari, Solo, Selasa (28/5/2024) untuk persiapan penyelenggaraan Piala AFF U-16 2024. (Bola.com/Radifa Arsa)

Ketua Panpel Persis Solo, Ginda Ferachtriawan, yang ditunjuk mendampingi perwakilan AFF dan PSSI mengatakan, kunjungan ini dilakukan untuk melihat kesiapan sejumlah venue yang akan digunakan Piala AFF U-16 2024.

“Kalau melihat kebiasaan di event-event sepak bola lainnya, ini adalah hal biasa yang dilakukan sebelum pagelaran kejuaraan pasti akan ada pengecekan dari PSSI atau AFF,” kata Ginda kepada awak media.

“Untuk melihat bagaimana kondisi stadion saat ini di lokasi yang akan digunakan nantinya. Sekarang, kami tinggal menunggu hasilnya. Mudah-mudahan venue-nya masih tetap di Solo,” imbuhnya.

 

 

3 dari 4 halaman

Terawat dengan Baik

Ginda menjelaskan, selain dua stadion yang akan menjadi venue utama, kunjungan juga dilakukan di sejumlah lapangan yang akan disiapkan sebagai lokasi latihan para peserta Piala AFF U-16 2024.

Menurut lelaki kelahiran Belanda itu, sebagian besar lapangan yang telah direnovasi untuk hajatan Piala Dunia U-17 2023 ini berada dalam kondisi yang baik, termasuk kualitas rumput dan fasilitas-fasilitasnya.

“Menurut kami, standarnya masih sama dengan Piala Dunia U-17 2023. Tidak ada perubahan, artinya fasilitas dan rumput masih terawat dengan baik. Ini masih pengecekan bagian awal,” ujarnya.

“Hari ini kunjungan dan pengecekannya dilakukan di Stadion Manahan, Stadion Sriwedari, Stadion UNS, Lapangan Kottabarat, Lapangan Sriwaru, Lapangan Banyuanyar, dan Blulukan. Hampir sama dengan venue-venue Piala Dunia U-17 2023 dicek semua.”

 

 

4 dari 4 halaman

Pemusatan Latihan

Menjelang bergulirnya Piala AFF U-16 2024, Timnas Indonesia U-16 yang berada di bawah asuhan Nova Arianto saat ini tengah melangsungkan pemusatan latihan (TC) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain TC, Timnas U-16 juga mendapat sejumlah agenda uji coba melawan klub lokal. Skuad asuhan Nova Arianto rencananya akan mulai berpindah ke Kota Bengawan pada akhir pekan ini untuk mematangkan persiapannya.