4 Favorit Juara Euro 2024: Jerman Diuntungkan Sebagai Tuan Rumah, Inggris Paling Mewah, Italia Bisa Apa?

oleh Aryo Atmaja diperbarui 30 Mei 2024, 10:15 WIB
Kolase - Duel-duel Timnas Jerman, Prancis, Spanyol, Italia, Portugal, Inggris (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Turnamen akbar antarnegara Eropa dalam Euro 2024 tak lama lagi dihelat. Jerman akan menjadi tuan rumahnya dalam pergelatan mulai 14 Juni hingga 14 Juli 2024.

Tim peserta Euro 2024 sudah mulai mengumumkan skuad meski belum final. Persiapan terus digeber seiring mulai berakhirnya kompetisi domestik di masing-masing negara.

Advertisement

Berbicara Euro 2024, merupakan turnamen sepak bola beken yang sering dianggap terbaik setelah Piala Dunia. Banyak bintang ternama yang berkumpul dan bermain di turnamen yang dulu disebut Henri Delaunay.

Jerman dan Spanyol menjadi tim dengan gelar Euro terbanyak dengan tiga trofi. Disusul Italia dan Prancis dengan koleksi dua gelar juara.

Italia merupakan juara bertahan Euro setelah memeangkan edisi 2020 di Inggris. Kira-kira siapa saja yang difavoritkan menjadi juara di Euro 2024?

2 dari 5 halaman

Jerman

Selebrasi para pemain Timnas Jerman setelah unggul 1-0 atas Timnas Turki berkat gol Kai Havertz (tengah) pada laga uji coba internasional di Olympiastadion, Berlin, Minggu (19/11/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Markus Schreiber)

Timnas Jerman menduduki daftar teratas dalam daftar versi Bola.com. Der Panzer merupakan tuan rumah, yang artinya bakal mendapat dukungan penuh dari masyarakat mereka sendiri.

Selain itu, Jerman dihuni pemain-pemain yang sedang naik daun sepanjang musim 2023/2024. Di bawah naungan pelatih Hansi Julian Nagelsmann, mereka cukup bertabur bintang, satu di antarnya adanya pemain Bayer Leverkusen yang menjalani musim fantastis.

Kiper Marc-Andre ter Stegen sangat moncer di Barcelona. Duet tembok Jonathan Tah (Leverkusen) dan Antonio Rudiger, akan membawa kenyamanan di lini belakang. Toni Kroos, Ilkay Gundogan, Florian Wirtz, Thomas Muller, hingga Kai Havertz adalah jaminan mutu yang menjadi kekuatan lini tengah dan depan tim Panser.

3 dari 5 halaman

Prancis

Timnas Prancis masih menjaga hasil sempurna di Kualifikasi Euro 2024 setelah menang telak 14-0 atas Gibraltar di Allianz Riviera Stadium, Nice, Minggu (19/11/2023) dini hari WIB. Lima gol Les Bleus dihasilkan dari dua striker andalan mereka, yaitu Kylian Mbappe yang mencetak hattrick dan Olivier Giroud dengan brace-nya. Dengan hasil ini, Timnas Prancis masih menjaga hasil sempurna di Grup B dengan menyapu bersih 7 kemenangan dari 7 laga yang telah dijalani dan hanya menyisakan satu laga lagi untuk menutup fase grup dengan hasil sempurna. (AP Photo/Daniel Cole)

Tim Ayam Jantan Prancis juga masuk dalam daftar tim unggulan di Euro 2024. Les Bleus merupakan tim Eropa yang paling menonjol dalam beberapa tahun terakhir.

Mereka adalah juara Piala Dunia 2018 Rusia. Empat tahun kemudian, mereka hampir kembali meriah juara lagi di edisi Qatar. Namun sayangnya kalah lewat adu penalti dari Argentina di final.

Bicara Timnas Prancis maka akan tertuju pada kemampuan Kylian Mbappe, sebagai salah satu pemain terbaik era sekarang. Kemudian ada Antoine Griezmann, Theo Hernandez, N'Golo Kante, Adrien Rabiot.

Belum lagi potensi pemain-pemain mudanya semacam William Saliba, Aurelien Camavinga, Eduardo Tchuaemnei di bawah pelatih yang sudah lama memimpin, Didier Deschamps.

4 dari 5 halaman

Spanyol

Selebrasi gelandang Timnas Spanyol, Gavi (kiri) dkk setelah mencetak gol pertama ke gawang Timnas Siprus pada laga Grup A Kualifikasi Euro 2024 di Granada, Spanyol, Rabu (13/9/2023) dini hari WIB. (AP Photo/Fermin Rodriguez)

Timnas Spanyol tidak bisa diremehkan di setiap turnamen, termasuk Euro kali ini. Pasukan Luis de la Fuente masih memiliki sederet pemain berpengalaman di tim-tim mapan La Liga.

Tim Matador masih dihuni Rodri, Alvaro Morata, Nacho Fernandez, Dani Carvajal yang mewakili pemain senior. Ada kekuatan dari anak-anak muda La Furia Roja.

Lamine Yamal dari Barcelona baru berusia 16 tahun, Pau Cubarsi juga baru berumur 17 tahun. Juara Euro edisi 2008 dan 2012 itu juga punya David Raya, Nico Williams, Ferran Torres, dan Joselu yang bisa menjadi senjata mematikan.

5 dari 5 halaman

Inggris

Para pemain Timnas Inggris merayakan gol keenam ke gawang Makedonia Utara yang dicetak Kalvin Phillips (tengah) pada laga Grup C kualifikasi Euro 2024 antara Timnas Inggris menghadapi Makedonia Utara di Old Trafford, Manchester (19/6/2023). (AP Photo/Dave Thompson)

Inilah salah satu kekuatan besar di Euro 2024. Ya, Timnas Inggris memang layak diunggulkan melaju jauh hingga menjadi juara.

Mereka tentu ingin membayar rasa penasaran setelah hanya menjadi runner-up edisi 2020 di rumah sendiri, dipermalukan Italia lewat adu penalti. Pasukan Gareth Southgate bisa mengeksplorasi kekuatannya secara maksimal.

Inggris saat ini bisa disebut dalam generasi emas dengan skuad yang melimpah, bahkan bisa membuat pelatih bingung menentukan starter. Jordan Pickford adalah kiper terbaik Liga Inggris, Trent Alexander-Arnold, Kieran Trippier, Kyle Walker adalah bek kanan terbaik dan membuat bingung Southgate akan memilih siapa di antara mereka.

Bergeser ke lini tengah, siapa tak kenal Jude Bellingham, Declan Rice, Phil Foden, Bukayo Saka, Cole Palmer, Jack Grealish, Anthony Gordon, hingga wonderkid Manchester United Kobbie Mainoo.

Kemudian lihat lini depannya, ada Harry Kane peraih sepatu emas Eropa bersama Bayern Munchen musim ini. Kemudian ada Ollie Watkins yang menjadi mesin gol Aston Villa, serta striker potensial Ivan Toney.