Kiper Diaspora Vietnam Optimistis Gusur Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Nasibnya Ditentukan Skuad Garuda

oleh Radifa Arsa diperbarui 03 Jun 2024, 18:15 WIB
Kiper naturalisasi Timnas Vietnam, Filip Nguyen, berlatih menjelang melawan Timnas Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

 

Bola.com, Jakarta - Kiper keturunan Timnas Vietnam, Filip Nguyen, ternyata masih punya ambisi untuk menyingkirkan Timnas Indonesia dari persaingan Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Advertisement

Saat ini, para peserta di Grup F, terutama Timnas Indonesia dan Vietnam, tengah menghadapi fase yang paling krusial pada perebutan tiket menuju Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Dua pertandingan tersisa yang bakal dijalani kedua peserta ini akan menentukan posisi masing-masing di klasemen akhir Grup F. Untuk saat ini, skuad Garuda masih berada di peringkat kedua dengan koleksi tujuh poin dari empat laga.

Sementara itu, The Golden Star Warriors menyusul di urutan ketiga dengan koleksi tiga poin dari empat laga. Jika mengacu hitung-hitungan, posisi Timnas Indonesia memang masih belum aman dari kejaran Vietnam.

2 dari 5 halaman

Masih Punya Peluang

Kiper naturalisasi Timnas Vietnam, Filip Nguyen (kanan). (Dok Cong An Ha Noi)

Filip Nguyen masih menyimpan harapan untuk bisa lolos ke fase berikutnya. Kiper kelahiran Praha, Republik Ceska, itu memang menyadari jika Vietnam tak bisa menentukan nasibnya sendiri karena harus berharap pada pertandingan lain.

Namun, dia merasa peluangnya masih terbuka. Yang jelas, The Golden Star Warriors harus bisa mengamankan dua laga terakhir dengan kemenangan. Baru setelah itu, nasibnya akan menunggu hasil skuad Garuda.

“Masih ada dua laga tersisa di babak ini. Kami juga punya kesempatan untuk lolos ke babak berikutnya," kata Filip Nguyen dikutip dari laman resmi FIFA.

"Sayangnya, kami tidak bisa menentukan nasib kami sendiri, tetapi kami akan melakukan yang terbaik untuk mendapatkan enam poin,” lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Hadapi Kendala

Kiper berusia 31 tahun itu juga menyadari soal tantangan yang harus dihadapi untuk memenangkan dua laga ini. Faktor kelelahan bisa menjadi kendala mengingat mereka harus melewati perjalanan jauh.

The Golden Star Warriors dijadwalkan menggelar laga kandang melawan Filipina pada 6 Juni 2024, lalu melakoni laga tandang di markas Irak pada 12 Juni 2024. Filip berharap, timnya bisa fokus menatap dua laga ini agar meraih hasil yang maksimal.

“Ini memang akan sangat-sangat berat. Sebab, kami harus menjalani penerbangan ke Irak setelah menjamu Filipina. Secara pribadi, saya akan mempersiapkan diri dengan cara yang sama seperti biasanya,” ujarnya.

“Untuk menghadapi dua laga ini, saya pikir sangat penting untuk fokus saja menghadapinya satu demi satu laga dan mencoba mengeluarkan kemampuan yang terbaik selama 90 menit,” lanjutnya.

4 dari 5 halaman

Andalan Vietnam

Filip Nguyen akan menjadi kekuatan baru bagi Timnas Vietnam. Ia pernah lama berkarier di Republik Ceska dan bermain di Liga Europa (AFP/Andrej Isakovic)

Filip Nguyen belakangan ini telah menjadi andalan Timnas Vietnam di berbagai ajang. Dia selalu menjadi starter ketika The Golden Star menghadapi Piala Asia 2023 hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sayangnya, nasibnya sangat merana. Dia selalu kalah dari Timnas Indonesia. Yang pertama pada fase grup Piala Asia 2023, sedangkan dua kekalahan lainnya di Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

5 dari 5 halaman

Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  4  4  0  0  12-1  12
2  Timnas Indonesia  4  2  1  1  6-6  7
3  Vietnam  4  1  0  3  2-5  3
4  Filipina  4  0   1  3  1-9  1

Berita Terkait