Media Vietnam Merasa Timnas Indonesia Memiliki Keuntungan Besar Jelang Menghadapi 2 Laga Sisa Kualifikasi Piala Dunia 2026

oleh Hery Kurniawan diperbarui 04 Jun 2024, 11:45 WIB
Timnas Indonesia melawan Timnas Tanzania. (Bola.com/Abdul Aziz).

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melanjutkan perjalanan di Grup F fase kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda akan menjalani dua laga pada pekan ini.

Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (6/6/2024). Lima hari kemudian, tim asuhan Shin Tae-yong akan mendapatkan kesempatan menjajal Timnas Filipina.

Advertisement

Kiprah Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 menyita perhatian media-media di Asia Tenggara. Termasuk yang dilakukan oleh media Vietnam, The Thao 247.

Media tersebut merasa Timnas Indonesia memiliki keuntungan besar jelang menjamu Irak dan Filipina. Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan memang hanya perlu satu kemenangan dari dua laga itu untuk mengunci satu tempat di fase selanjutnya.

"Timnas Indonesia memiliki keuntungan besar untuk merebut tiket ke babak selanjutnya. Hanya perlu memenangkan satu pertandingan dalam dua pertandingan terakhir di Grup F," ulas The Thao 247.

2 dari 4 halaman

Pengaruh Kemenangan atas Vietnam

Selebrasi gelandang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri setelah menjebol gawang Vietnam pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Timnas Indonesia meraih dua kemenangan penting di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Maret lalu. Saat itu Tim Garuda dua kali menang atas Timnas Vietnam.

Menurut The Thao 247, dua kemenangan yang diraih Timnas Indonesia atas Vietnam itu sangat berpengaruh terhadap kondisi mental para pemain Tim Garuda.

"Setelah dua kemenangan melawan Vietnam, Indonesia menunjukkan kepercayaan diri yang besar dan mengincar kemenangan atas Irak dan Filipina," jelas The Thao 247.

3 dari 4 halaman

Peluang Tipis

Striker Timnas Indonesia, Rafael Struick (tengah) berebut bola dengan gelandang sekaligus kapten Vietnam, Do Hung Dung pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Sementara itu Timnas Vietnam memiliki peluang yang sangat kecil untuk bisa melaju ke fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad asuhan Kim Sang-sik kini ada di posisi ketiga Grup F dengan torehan tiga poin.

Untuk lolos, Timnas Vietnam harus menyapu bersih dua laga sisa di Grup F. Sembari berharap Timnas Indonesia selalu kalah dalam dua laga sisa mereka. 

Sumber: The Thao 247

4 dari 4 halaman

Klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan (kiri) melepaskan tendangan di antara dua pemain Vietnam, Nguyen Thai Son (tengah) dan Phan Tuan Tai pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Grup F

 Posisi Negara Main Menang Seri Kalah SG Poin
1  Irak  4  4  0  0  12-1  12
2  Timnas Indonesia  4  2  1  1  6-6  7
3  Vietnam  4  1  0  3  2-5  3
4  Filipina  4  0   1  3  1-9  1

Berita Terkait