Duel Pelatih Timnas Indonesia Vs Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026: Kemiripan Shin Tae-yong dan Jesus Casas

oleh Aditya Wany diperbarui 05 Jun 2024, 11:00 WIB
Kualifikasi Piala Dunia 2026 - Timnas Indonesia Vs Irak - STY Vs Jesus Casas (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni pertandingan kelima Grup F babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026. Skuad Garuda dijadwalkan menjamu Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (06/06/2024).

Duel ini akan mempertemukan pelatih dari masing-masing tim. Ada Shin Tae-yong, nakhoda tim berpaspor Korea Selatan, yang menangani Timnas Indonesia. Lalu, Irak berada di bawah arahan arsitek asal Spanyol, Jesus Casas.

Advertisement

Dari gaya permainan, Shin Tae-yong selama ini lebih banyak mengandalkan formasi tiga bek, baik 3-5-2 maupun 3-4-3.

Formasi itu memungkinkan Timnas Indonesia menggunakan lima bek saat dalam kondisi bertahan. Dua wing back Timnas Indonesia diharapkan memiliki kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya.

Hal itu tentu jadi nilai positif karena Indonesia dikenal menghasilkan pemain sayap andal. Trio bek tengah mereka bisa diisi oleh sejumlah nama yang memang telah berpengalaman. Sebut saja Jordi Amat, Sandy Walsh, atau bahkan nama lokal macam Rizky Ridho.

 

 

2 dari 5 halaman

Timnas Indonesia Bakal Tampil Menyerang

Justin Hubner (25) berduel dengan gelandang Timnas Jepang, Reo Hatate dalam laga Grup D Piala Asia 2023, Rabu (24/1/2024) malam WIB di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar. (AFP/Hector Retamal)

Lalu, komposisi lini tengah Timnas Indonesia akan dihuni oleh Nathan Tjoe-A-On, Ivar Jenner, atau Thom Haye.

Lini depan tidak perlu kebingungan karena masih ada Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, maupun Marselino Ferdinan.

Secara permainan, Timnas Indonesia biasanya akan memilih menyerang menghadapi lawan yang sepadan atau di atas kertas tidak diunggulkan.

Namun, situasinya mungkin akan berbeda melawan Irak yang terbilang memiliki permainan agresif.

 

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Kemiripan Shin Tae-yong dan Jesus Casas

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. (Bola.com/Dok.Instagram Shin Tae-yong).

Sedangkan Jesus Casas sebenarnya juga memiliki karakter yang mirip dengan gaya permainan Shin Tae-yong. Jesus Casas memiliki ciri bertahan melawan tim kuat, dan menyerang saat menghadapi tim lemah.

Namun, urusan formasi, Jesus Casas terbilang lebih beragam selama menangani Irak. Dia pernah menggunakan skema 4-2-3-1. Lalu, pernah pula mencoba formasi 5-4-1 dan 3-4-1-2. 

Hal ini sangat bergantung pada tim lawan yang akan mereka hadapi. Jesus Casas tidak memiliki pakem dalam menggunakan formasi, namun kemungkinan nantinya akan bermain menyerang melawan Timnas Indonesia.

Irak rupanya memiliki rekor yang fantastis dalam urusan pertahanan selama melakoni empat laga Grup F. Mereka tercatat baru kebobolan sekali dan sukses mencetak 12 gol.

 

4 dari 5 halaman

Kebobolan Vs Timnas Indonesia

Kiper Timnas Irak, Jalal Hassan (kiri) berusaha menghalau bola dari ancaman bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott (tengah) pada laga pertama Grup D Piala Asia 2023 Qatar di Ahmad bin Ali Stadium, Al-Rayyan, Doha, Senin (15/1/2024). (AFP/Karim Jaafar)

Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Irak itu terjadi saat melawan Timnas Indonesia. Ya, skuad Garuda jadi satu-satunya tim yang mampu menjebol gawang Irak di Grup F.

Momen itu terjadi saat Irak menang 5-1 dalam pertandingan pertama di Stadion Internasional Basra, Basra, pada 16 November 2023. Setelah itu, Irak sukses membukukan tiga clean sheet.

Irak mampu menang tipis 1-0 saat bertandang ke Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, 21 November 2023. Berikutnya, dua kali berjumpa Filipina, Irak sukses selalu menang dan tidak kebobolan juga.

Pertemuan pertama berakhir dengan skor tipis 1-0 di Stadion Internasional Basar (21/3/2024). Berikutnya, Irak malah berpesta gol saat bertandang ke Filipina di Stadion Memorial Rizal, Manila (26/3/2024).

Catatan minim kebobolan Irak ini tentu harus membuat Timnas Indonesia lebih mempersiapkan diri. Apalagi, tim Garuda harus puas bermain imbang 0-0 melawan Tanzania dalam laga persahabatan tidak resmi, Minggu (2/6/2024).

 

5 dari 5 halaman

Irak Sudah Pasti Lolos

Dari Grup F, Irak jadi satu-satunya tim yang telah memastikan lolos ke babak ketiga. Mereka kini ada di puncak klasemen dengan 12 poin dan selalu menang dalam empat pertandingan Grup F.

Kini, tersisa satu slot saja dari Grup F untuk lolos ke babak berikutnya. Tiket tersisa itu diperebutkan Timnas Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Timnas Indonesia sedang di atas angin untuk bisa lolos ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tim Garuda kini menduduki posisi runner-up Grup F babak kedua dengan tujuh poin dalam empat laga.

Di bawah Timnas Indonesia ada Vietnam (3 poin) dan Filipina (1 poin). Secara matematis, dua tim itu masih bisa lolos, tapi punya peluang yang lebih kecil karena selain wajib memenangi dua laga tersisa juga harus bergantung ke hasil tim lain.

Timnas Indonesia perlu memastikan tiket lolos ke babak ketiga dengan mengemas tiga poin saat bersua Irak dan Filipina. Ini juga kesempatan pelatih Shin Tae-yong untuk bisa membawa Garuda melangkah jauh.

Berita Terkait