Filipina Punya 5 Pemain Keturunan Baru, Neil Etheridge Yakin Sulitkan Timnas Indonesia di Jakarta

oleh Radifa Arsa diperbarui 08 Jun 2024, 15:15 WIB
Ilustrasi - Pemain Naturalisasi Filipina: Gerrit Holtmann, Neil Etheridge, Santiago Rublico (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Penjaga gawang Timnas Filipina, Neil Etheridge, mengungkap potensi lima pemain keturunan baru yang bisa merepotkan Timnas Indonesia pada laga terakhir Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Sebelumnya, lima pemain keturunan ini sudah memperkuat Timnas Filipina saat tumbang dari Timnas Vietnam dengan skor tipis 2-3 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (6/6/2024) malam WIB.

Advertisement

Neil Etheridge menyebut, performa The Azkals memang memuaskan meski gagal menang. Mereka juga punya lima amunisi anyar yang masih berusaha untuk menyatukan chemistry karena baru bergabung.

“Meski saya tidak bisa bermain ofensif, tetapi keseluruhan tim tetap membuat saya bangga. Pada laga melawan Vietnam, kami memiliki lima pemain baru yang berusaha untuk berintegrasi,” ujar Etheridge dikutip dari TheThao247.

2 dari 4 halaman

Pemain Berkualitas

Kolase - Timnas Indonesia Vs Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia (Bola.com/Adreanus Titus)

Kelima nama pemain yang dimaksud penjaga gawang kelahiran Inggris itu memang langsung diturunkan pelatih Tom Saintfiet dalam starting eleven Timnas Filipina saat menghadapi Vietnam.

Di sektor pertahanan ada Scott Woods yang mengisi pos bek kiri serta Adrian Ugelvic sebagai bek tengah. Sedangkan tiga pemain semuanya berada di lini depan, yakni Dylan Demuynck, Zico Bailey, dan Alex Monis.

“Saya pikir, Timnas Filipina bermain sangat baik pada pertandingan ini. Namun, memang ini bukanlah hasil yang kami inginkan,” ujar pemain yang memperkuat Birmingham di kasta kedua Liga Inggris itu.

“Menurut saya, kami seharusnya memiliki sejumlah peluang untuk ‘menyelesaikan’ Vietnam pada babak pertama, tetapi kami tidak bisa melakukannya,” kiper berjsia 34 tahun itu menambahkan.

3 dari 4 halaman

Hadapi Timnas Indonesia

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Ilustrasi Logo Timnas Filipina (Bola.com/Adreanus Titus)

Sementara itu, pelatih Timnas Filipina, Tom Saintfiet, mengakui bahwa anak asuhnya tak akan semudah itu menumbangkan perlawanan Timnas Indonesia yang bakal berstatus sebagai tuan rumah.

Pasalnya, menurut pelatih berlisensi UEFA Pro itu, skuad asuhan Shin Tae-yong juga memiliki ambisi yang besar untuk memenangkan laga ini. Tiga poin jadi harga mati bagi skuad Garuda untuk merebut tiket ke Putaran Ketiga.

“Kami akan melakukan yang terbaik. Timnas Indonesia adalah tim yang kuat dan mereka juga ingin menang. Pertandingan berikutnya melawan Indonesia akan sangat sulit,” kata pelatih kelahiran 29 Maret 1973 itu.

4 dari 4 halaman

Laga Penentuan

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia - Timnas Indonesia Vs Filipina (Bola.com/Adreanus Titus)

Duel antara Timnas Indonesia melawan Filipina pada pertandingan pamungkas Grup F Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ini akan menjadi momen penentuan bagi skuad Merah Putih.

Sebab, anak asuh Shin Tae-yong membutuhkan poin penuh untuk mengamankan peringkat kedua klasemen akhir Grup F demi melaju ke Putaran Ketiga. Sementara itu, bagi Filipina, laga ini sudah tak mengubah nasibnya.

Berita Terkait