Enggak Heran Timnas Indonesia Tanpa Pemain Persib Bandung, Kiper Filipina: Persaingannya Ketat!

oleh Hery Kurniawan diperbarui 09 Jun 2024, 11:45 WIB
Kevin Ray Mendoza, kiper berdarah Denmark dan Filipina kini resmi membela Persib Bandung (X/Persib)

Bola.com, Jakarta - Kiper Timnas Filipina dan Persib Bandung, Kevin Ray Mendoza, ditanya mengenai tidak adanya pemain Maung Bandung di skuad terkini Timnas Indonesia.

Diketahui, Timnas Indonesia akan menjamu Timnas Filipina dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga itu akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Advertisement

Kevin Ray Mendoza tidak bingung dengan absennya pemain Persib Bandung di skuad terkini Timnas Indonesia. Meski skuad asuhan Bojan Hodak baru meraih gelar juara di BRI Liga 1 2023/2024.

"Tidak, saya tidak bingung," kata Mendoza saat ditemui usai menjalani sesi latihan bersama Timnas Filipina di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta.

2 dari 4 halaman

Harus Lebih Sabar

Kiper Persib Bandung, Kevin Mendoza (tengah atas) berusaha meninju bola dalam sebuah kemelut saat menghadapi Persija Jakarta pada laga pekan ke-28 BRI Liga 1 2023/2024 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Sabtu (9/3/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kevin Ray Mendoza merasa persaingan di Timnas Indonesia memang sangat ketat. Terutama setelah banyaknya pemain keturunan yang hadir.

Kiper yang menjadi pelapis bagi Neil Etheridge di skuad Timnas Filipina itu merasa para pemain Persib Bandung harus bersabar. Di masa depan, ia yakin akan ada lagi pemain Persib yang bisa memperkuat Timnas Indonesia.

"Tentu saja, akan sangat menyenangkan jika bisa melihat rekan saya di Persib Bandung bermain di Timnas Indonesia. Namun, nampaknya saya harus menunggu agar bisa melihat mereka," jelas Mendoza.

3 dari 4 halaman

Tergusur

Pemain Timnas Indonesia, Rachmat Irianto berusaha mengontrol bola saat laga FIFA Match Day antara Timnas Indonesia melawan Timnas Curacao di Stadion Pakansari, Bogor, Selasa (27/09/2022). (Bola.com/Muhammad Iqbal Ichsan)

Sebelumnya ada beberapa pemain Persib Bandung yang menjadi langganan Timnas Indonesia. Ada Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Edo Febrianysah.

Namun, belakangan tiga nama itu tergusur dari Timnas Indonesia. Kehadiran Ivar Jenner dan Thom Haye mampu menggusur Rachmat Irianto dan Marc Klok.

Sementara itu Edo Febriansyah tersingkir setelah sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia memiliki banyak stok seperti Pratama Arhan, Shayne Pattynama, dan Calvin Verdonk.

4 dari 4 halaman

Skuad Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi (tengah) berhasil mengamankan bola di tengah rekan-rekannya saat menghadapi Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Kiper: Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya Surabaya/Indonesia), Muhammad Adi Satryo (PSIS Semarang/Indonesia), Nadeo Argawinata (Borneo FC Samarinda/Indonesia)

Belakang: Asnawi Mangkualam (Port FC/Thailand), Jordi Amat (Johor Darul Ta'zim/Malaysia), Sandy Walsh (KV Mechelen/Belgia), Rizky Ridho (Persija Jakarta/Indonesia), Muhammad Ferarri (Persija Jakarta/Indonesia), Jay Idzes (Venezia/Italia), Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen/Belanda), Justin Hubner (Cerezo Osaka/Jepang), Pratama Arhan (Suwon FC/Korea Selatan), Calvin Verdonk (NEC Nijmegen/Belanda), Shayne Pattynama (KAS Eupen/Belanda)

Tengah: Yakob Sayuri (PSM Makassar/Indonesia), Thom Haye (SC Heerenveen/Belanda), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze/Belgia), Ivar Jenner (FC Utrecht/Belanda), Ricky Kambuaya (Dewa United/Indonesia)

Depan: Dimas Drajad (Persikabo 1973/Indonesia), Ragnar Oratmangoen (Fortuna Sittard/Belanda), Egy Maulana Vikri (Dewa United/Indonesia), Rafael Struick (Ado Den Haag/Belanda), Malik Risaldi (Madura United/Indonesia)

Pelatih: Shin Tae-yong

Berita Terkait