Duh! Frenkie de Jong Belum Sembuh dari Cedera dan Absen Bela Belanda di Euro 2024

oleh Aryo Atmaja diperbarui 11 Jun 2024, 09:00 WIB
Frenkie de Jong - Gelandang Barcelona ini pengatur irama permainan dan juga serangan timnas Belanda. Namun langkah Tim Oranje harus terhenti oleh Republik Ceko usai takluk dengan skor 2-0. (Dean Mouhtaropoulous/Pool via AP)

Bola.com, Amsterdam - Kabar buruk datang dari Timnas Belanda, Frenkie de Jong yang harus absen di Euro 2024. Gelandang Barcelona itu masih belum sembuh dari cedera dan harus melupakan turnamen bergengsi antarnegara Eropa di Jerman nanti.

Pemain Barcelona itu kesulitan untuk mencapai kebugaran penuh sejak mengalami masalah pergelangan kaki saat bermain imbang tanpa gol melawan Athletic Bilbao pada 3 Maret 2024.

Advertisement

De Jong hanya memainkan tiga pertandingan sejak dipaksa keluar dari San Mames, tampil di pertandingan perempat final Liga Champions melawan Paris Saint-Germain serta El Clasico di bulan April.

Namun, De Jong belum pernah menendang bola lagi karena marah sejak ditarik keluar pada masa tambahan waktu babak pertama melawan Real Madrid.

Bos Belanda Ronald Koeman masih memutuskan untuk memasukkan De Jong ke dalam skuad Euro 2024 meskipun ada kekhawatiran yang jelas mengenai kebugarannya.

2 dari 4 halaman

Melewatkan Euro 2024

Frenkie De Jong. Gelandang tengah Timnas Belanda berusia 25 tahun yang telah membela Barcelona sejak awal musim 2019/2020 ini juga selalu tampil dalam 4 laga Tim Oranye di Piala Dunia 2022. Ia selalu menjadi starter dalam 4 laga tersebut, dan mampu menyumbang 1 assist pada matchday pertama saat menang 2-0 atas Senegal. Pada matchday ketiga saat menang 2-0 atas tuan rumah Qatar, Frenkie De Jong mampu menyumbang 1 gol. (AFP/Alberto Pizzoli)

Belanda baru saja melakoni dua laga uji coba dengan menggasak Kanda dan Islandia dengan skor identik 4-0, menjelang sepak mula Euro 2024. Hingga akhirna pemain berusia 27 tahun itu, menyerah dalam perlombaan untuk pulih tepat waktu untuk turnamen musim panas ini di Jerman.

"Saya sedih dan kecewa karena saya tidak bisa tampil di Kejuaraan Eropa. Kami telah melakukan banyak hal selama beberapa minggu terakhir, tetapi pergelangan kaki saya membutuhkan sayangnya lebih banyak waktu," tulis De Jong di akun Instagramnya.

"Merupakan mimpi dan kehormatan terbesar untuk mewakili negara kita di turnamen final. Mengenakan kaos oranye, menyanyikan lagu Wilhelmus dan merasakan dukungan dari seluruh negeri. Tapi sekarang saya akan, seperti seluruh legiun oranye, mendukung tim kita dari seluruh penjuru negeri. di sela-sela. Ayo pergi, teman-teman."

3 dari 4 halaman

Pukulan untuk Ronald Koeman

Frenkie De Jong. Gelandang tengah Timnas Belanda berusia 25 tahun ini telah menjadi bagian Barcelona sejak awal musim 2019/2020 usai didatangkan dari Ajax Amsterdam dengan nilai transfer mencapai 86 juta euro. Pada Piala Dunia 2022, ia mampu mencetak 1 gol dan 1 assist. Gol dicetaknya pada matchday ketiga Grup A (29/11/2022) saat menang 2-0 atas Qatar. Sementara 1 assist dibuat saat menang 2-0 atas Senegal pada matchday pertama (21/11/2022). Timnas Belanda sukses lolos ke babak 16 besar usai memuncaki Grup A dengan koleksi 7 poin. (AP/Petr David Josek)

Absennya De Jong merupakan pukulan besar bagi Belanda karena kemampuan teknisnya maupun pengalamannya. Ia telah mencatatkan 54 caps untuk negaranya dan menjadi starter di setiap pertandingan negaranya di Euro 2020 dan Piala Dunia 2022.

Meskipun cedera De Jong merupakan kemunduran yang signifikan, Koeman masih dapat menggunakan sejumlah opsi berkualitas tinggi, termasuk Jerdy Schouten dan Joey Veerman.

Duo PSV Eindhoven termasuk di antara pesaing untuk tampil dalam double-pivot Belanda, sementara Koeman memiliki opsi untuk beralih ke Ryan Gravenberch dan Georginio Wijnaldum.

4 dari 4 halaman

Koopmeiners Juga Cedera

Gelandang Atalanta, Teun Koopmeiners merayakan golnya ke gawang Juventus dalam laga di Allianz Stadium, Senin (11/3/2024). (MARCO BERTORELLO / AFP)

Teun Koopmeiners dari Atalanta adalah pilihan lini tengah lainnya, tetapi ada kekhawatiran mengenai kebugarannya setelah ia terpaksa mundur dari kemenangan 4-0 atas Islandia pada hari Senin.

Pemain berusia 26 tahun itu mengeluhkan ketidaknyamanan otot saat pemanasan dan sekarang harus menjalani pemeriksaan menjelang pertandingan pembuka turnamen negaranya melawan Polandia pada 16 Juni.

Oranje yang akan menyelesaikan babak penyisihan grup akan menghadapi finalis Piala Dunia 2022 Prancis di pertandingan kedua mereka, sebelum mereka menutup babak penyisihan grup dengan pertandingan melawan Austria.

Sumber: Sportsmole

Berita Terkait