Shin Tae-yong Intip Peluang Loloskan Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026: Saya Akan Berusaha Mencapai Mimpi, Kami Tidak Mudah Menyerah

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 12 Jun 2024, 11:45 WIB
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat mengikuti sesi konferensi pers jelang Timnas Indonesia kontra Timnas Filipina dalam laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di SUGBK, Jakarta, Senin (10/6/2024). (Bola.com/Abdul Aziz)

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengintip peluang untuk lolos ke Piala Dunia 2026 Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat yang akan digelar pada 11 Juni-9 Juli 2026.

Timnas Indonesia selangkah lebih dekat menuju Piala Dunia 2026 setelah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Advertisement

Tim berjulukan Skuad Garuda itu menjadi runner-up Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026. Putaran ketiga bakal berisikan 18 negara yang dibagi ke tiga grup.

Masing-masing grup dihuni oleh enam kesebelasan. Tiga juara dan tiga runner-up grup bakal melaju ke Piala Dunia 2026. Sementara tim peringkat ketiga dan keempat bakal bermain lagi di putaran keempat.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Shin Tae-yong

Reaksi kecewa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menghadapi Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Memang kami sudah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Tidak ada lawan yang mudah bagi kami apalgi melihat ranking FIFA," ujar Shin Tae-yong.

Berdasarkan ranking FIFA pada 4 April 2024, Timnas Indonesia menduduki posisi ke-134 alias menjadi tim terendah kedua di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah Timnas Kuwait yang berada di peringkat ke-139.

"Ranking kami ke-134, saya bisa bilang kami adalah tim yang paling lemah dari tim-tim yang sudah lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," jelas Shin Tae-yong.

3 dari 4 halaman

Ambisi Shin Tae-yong

"Tapi, saya tetap akan berusaha mencapai mimpi saya. Kami tidak akan mudah menyerah," kata pelatih yang berpengalaman di Piala Dunia ini dengan menangani Timnas Korea Selatan di Rusia 2018 ini.

Timnas Indonesia diprediksi akan masuk pot enam atau pot terakhir untuk pengundian putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Selain Timnas Indonesia, negara lain yang juga menghuni pot keenam adalah Timnas Korea Utara dan Timnas Kuwait.

4 dari 4 halaman

Drawing Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Sementara, pot satu bakal diisi Timnas Jepang, Timnas Iran, dan Timnas Korea Selatan. Pot kedua Timnas Australia, Timnas Qatar, dan Timnas Irak.

Pot ketiga Timnas Arab Saudi, Timnas Uzbekistan, dan Timnas Yordania. Pot keempat Timnas Uni Emirat Arab (UEA), Timnas Oman, dan Timnas Bahrain. Pot kelima Timnas China, Timnas Palestina, dan Timnas Kirgistan.

Drawing putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni 2024.

Berita Terkait