Setelah Kylian Mbappe Pergi, Nah! Ini Dia Rekrutan Pertama PSG

oleh Benediktus Gerendo Pradigdo diperbarui 12 Jun 2024, 15:04 WIB
Penjaga gawang Rusia Matvey Safonov melakukan penyelamatan saat melawan Kroasia pada pertandingan sepak bola kualifikasi Grup H Piala Dunia 2022 di Stadion Poljud, Split, Kroasia, 14 November 2021. Kroasia menang 1-0. (AP Photo/Darko Bandic)

Bola.com, Jakarta - Paris Saint-Germain (PSG) hampir menyelesaikan perekrutan besar pertama mereka sejak kepergian Kylian Mbappe. Klub raksasa Ligue 1 ini mulai memasuki era pasca-Mbappe dengan Matvey Safonov dilaporkan akan menjadi rekrutan pertama mereka setelah kepergian kapten timnas Prancis itu.

Menurut pakar transfer Fabrizio Romano, PSG akan merekrut kiper asal Rusia ini dengan kontrak yang dilaporkan akan berlangsung hingga 2029.

Advertisement

"Paris Saint-Germain siap untuk meresmikan kesepakatan Matvey Safonov dalam waktu dekat. Penandatanganan pertama musim panas ini telah selesai untuk kiper Rusia yang bergabung dengan paket 20 juta euro," ujar Romano.

Safonov diharapkan dapat memainkan peran penting bagi Les Parisiens pada musim mendatang. Menurut media Prancis L'Equipe, Safonov, bersama Gianluigi Donnarumma dan Arnau Tenas, telah diberitahu manajemen PSG bahwa tidak ada hirarki tetap untuk posisi penjaga gawang utama untuk musim berikutnya.

Gianluigi Donnarumma, penjaga gawang Timnas Italia, sudah menjadi starter tak terbantahkan di bawah mistar gawang PSG selama dua musim terakhir.

Namun, dengan kedatangan Safonov, situasi bisa berubah. Dilaporkan saat para penjaga gawang kembali untuk pramusim, akan ada meritokrasi yang diterapkan mengenai siapa yang akan mengklaim jersey No.1 di PSG.

 
2 dari 4 halaman

Lubang Besar Kepergian Mbappe

Pemain PSG, Kylian Mbappe berusaha mengontrol bola saat laga leg pertama 16 besar Liga Champions 2023/2024 melawan Real Sociedad di Parc des Princes, Paris, Prancis, Kamis (15/02/2024) WIB. (AFP/Franck Fife)

Sementara itu, kepergian Kylian Mbappe ke Real Madrid telah meninggalkan lubang besar di skuad PSG. Mbappe sudah menandatangani kontrak untuk bergabung dengan klub Spanyol tersebut dengan status bebas transfer setelah kontraknya di PSG berakhir pada 30 Juni.

Striker berusia 25 tahun ini secara lisan setuju untuk pindah ke Santiago Bernabeu pada Februari 2024 dan kemudian mengumumkan pada Mei lalu bahwa ia akan meninggalkan PSG pada akhir musim.

Mbappe telah menandatangani kontrak dengan Real Madrid dan akan pindah ke Spanyol ketika bursa transfer dibuka pada 1 Juli. Kepindahan ini menandai akhir era Mbappe di PSG, di mana ia memberikan kontribusi besar selama bertahun-tahun.

3 dari 4 halaman

Persaingan di Bawah Mistar Gawang

Bek Dortmund, Matts Hummles (kanan), mencetak gol ke gawang kiper Paris Saint-Germain, Gianluigi Donnarumma, pada leg 2 semifinal Liga Champions 2023/2024 di Parc des Princes, Rabu (8/5/2024) dini hari WIB. (AP Photo/Lewis Joly) (AP Photo/Lewis Joly)

Kehadiran Safonov di PSG tidak hanya diharapkan untuk meningkatkan kualitas pertahanan tim, tetapi juga memberikan persaingan sehat di posisi penjaga gawang.

Safonov, yang memiliki reputasi sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Rusia, akan membawa pengalaman dan keahlian yang sangat dibutuhkan di PSG.

Dengan Donnarumma dan Tenas juga bersaing untuk posisi utama, ini bisa menjadi musim yang menarik bagi PSG dalam hal kompetisi internal.

4 dari 4 halaman

Target Mendominasi Eropa

PSG - Ilustrasi Logo PSG (Bola.com/Adreanus Titus)

Meritokrasi yang diterapkan oleh manajemen PSG menunjukkan performa akan menjadi penentu utama siapa yang akan menjadi penjaga gawang utama tim

Era pasca-Mbappe ini juga merupakan kesempatan bagi PSG untuk merestrukturisasi dan memperkuat tim mereka di berbagai posisi.

Rekrutan seperti Safonov adalah langkah awal yang positif dalam proses ini. Dengan strategi transfer yang tepat, PSG berpotensi mempertahankan status mereka sebagai salah satu tim terkuat di Eropa.

Dengan dimulainya era baru ini, PSG akan berusaha keras untuk kembali mendominasi Ligue 1 dan bersaing di level Eropa.

Rekrutan seperti Safonov adalah bagian dari rencana jangka panjang untuk memastikan tim ini tetap kompetitif dan mampu meraih gelar-gelar bergengsi di masa depan. (Arraafi Adna Yudistira)

Sumber: Sport Bible

Berita Terkait