Jose Mourinho Masih Memendam Hasrat Melatih Lionel Messi

oleh Rizki Hidayat diperbarui 14 Jun 2024, 14:15 WIB
Jose Mourinho harus merelakan posisinya digantikan Daniele De Rossi di AS Roma setelah dirinya dipecat manajemen AS Roma pada 16 Januari 2024. Alami 7 kekalahan di Serie A Liga Italia 2023/2024 menjadi pemicu pemecatan tersebut. Nasib Jose Mourinho memang tak seberuntung Erik ten Hag bersama Manchester United. Hingga kini pelatih asal Belanda tersebut belum juga didepak Setan Merah meski telah menelan 9 kekalahan di Premier League dan tersingkir dari Liga Champions. Berikut ini deretan 7 kekalahan AS Roma di Serie A Liga Italia 2023/2024 yang membuat The Special One angkat kaki dari Olimpico. (AFP/Filippo Monteforte)

Bola.com, Jakarta - Jose Mourinho belum pernah sekalipun melatih Lionel Messi. Pelatih asal Portugal itu pun berharap bisa mengasuh Messi pada masa depan.

Mourinho sudah malang melintang di berbagai kompetisi top di Eropa. Pelatih berusia 61 tahun tersebut mengawali karier kepelatihannya di Portugal.

Advertisement

Di sana dia pernah menukangi Benfica dan FC Porto. Lalu Jose Mourinho pernah di Inggris di mana sempat menukangi Chelsea, Manchester United, dan Tottenham Hotspur.

Mourinho juga pernah melatih Inter Milan dan AS Roma di Italia. Sementara itu di Spanyol, Jose Mourinho sempat mendapat kepercayaan melatih Real Madrid.

 

2 dari 4 halaman

Mourinho Ingin Latih Messi

Penyerang Inter Milan Lionel Messi berselebrasi setelah mencetak gol dalam pertandingan Grup J Piala Liga melawan Cruz Azul di Stadion DRV PNK di Fort Lauderdale, Florida, pada 21 Juli 2023. (Chandan Khanna / AFP)

Sepanjang karier kepelatihannya, Jose Mourinho tentu pernah melatih pemain-pemain top. Di antaranya Cristiano Ronaldo, Didier Drogba, Frank Lampard, Edern Hazard, Samuel Eto'o, Zlatan Ibrahimovic, Mesut Ozil, dan masih banyak lainnya.

Mourinho kemudian mengaku sebenarnya memiliki mimpi melatih seorang Lionel Messi. Hal itu terungkap dari wawancaranya dengan Rio Ferdinand di TNT Sports.

"Satu pemain yang tidak pernah saya rekrut namun saya harap bisa memilikinya? Di generasi saya, tentu saja, saya akan menyebut pemain kecil itu (Lionel Messi)," beber Mourinho.

 

3 dari 4 halaman

Messi Terbaik, Bukan Ronaldo

Pemain Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi bersama pemain Riyadh All-Star, Cristiano Ronaldo, pada laga persahabatan di Stadion Raja Fahd pada Jumat (20/1/2023). CR7 dan La Pulga kembali duel di lapangan hijau. Kali ini keduanya dipertemukan dalam laga PSG vs Riyadh All Star di Stadion Raja Fahd pada Jumat (20/1/2023). (AFP/Franck Fife)

Di eranya, Lionel Messi cuma punya satu pesaing. Dia adalah mantan anak asuh Jose Mourinho di Real Madrid yakni Cristiano Ronaldo.

Keduanya bersaing ketat untuk mencetak banyak gol dan gelar juara per musimnya. Namun Mourinho mengakui La Pulga lebih superior atas CR7.

"Pemain kecil itu tidak bisa dilatih tetapi saya harus mengatakan, di generasi kami, ialah yang terbaik," seru Mourinho.

Ini bukan pertama kalinya Mourinho memuji Messi. Jose Mourinho sebelumnya sudah pernah beberapa kali menyebutnya sebagai pemain paling top.

 

4 dari 4 halaman

Messi Segera Pensiun?

Bintang Inter Miami, Lionel Messi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang New York Red Bull pada lanjutan MLS 2023 di Red Bull Arena, New York, Minggu (27/8/2023) pagi WIB. (AP Photo/Eduardo Munoz Alvarez)

Saat ini, Lionel Messi bermain di klub MLS Amerika Serikat, Inter Miami. Dia terikat kontrak di klub tersebut sampai 2025.

Messi sebelumnya memberikan isyarat akan pensiun. Kapten Timnas Argentina itu menyebut Inter Miami akan jadi klub terakhirnya dalam kariernya.

"Inter Miami akan menjadi klub terakhir saya ya. Mulai hari ini, ini akan menjadi yang terakhir bagi saya," bebernya kepada ESPN.

Sumber: TNT Sports/ESPN

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya/Published: 14/06/2024)

Berita Terkait