Shin Tae-yong Potong Generasi Timnas Indonesia, Berkah buat Ernando Ari

oleh Choki Sihotang diperbarui 18 Jun 2024, 20:15 WIB
Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi saat menghadapi Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Bola.com, Jakarta Kedatangan Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia membawa berkah tersendiri bagi Ernando Ari.

Sejak didapuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada 2020, juru taktik berpaspor Korea Selatan itu tak butuh waktu lama untuk merekrut sejumlah talenta muda Indonesia, termasuk Ernando Ari.

Advertisement

Saat merapat ke timnas, Ernando Ari belum genap berusia 20 tahun. Kini, di usianya yang masih terbilang muda, 22 tahun, kelahiran Semarang 2 Februari 2002 sudah dipercaya sebagai kiper utama.

Kepercayaan sang pelatih tak sia-siakan Ernando Ari. Di Timnas Indonesia U-23, Ernando Ari tampil gemilang di ajang Piala Asia U-23 2024 yang berlangsung di Qatar. Garuda Muda melangkah jauh ke semifinal sebelum dihentikan Irak dalam perebutan tempat ketiga.

2 dari 4 halaman

Matang Sejak Muda

Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi (tengah) berhasil mengamankan bola di tengah rekan-rekannya saat menghadapi Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Belum lama ini, alumus akademi Persebaya Surabaya yang juga pernah mengenyam ilmu sepak bola modern di Inggris via program Garuda Select juga sukses membawa Indonesia berangkat ke babak ketika Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia setelah pada pertandingan terakhir Grup F berhasil mengalahkan Filipina dua gol tanpa balas.

Di babak ketiga kualifikasi nanti, yang rencananya akan dimulai pada 5 September, di mana Indonesia akan bersama bersama 17 negara Asia lainnya, Ernando Ari kemungkinan besar masih menjadi kiper andalan di bawah mistar Tim Garuda.

3 dari 4 halaman

Berkah STY Potong Generasi

Reaksi kecewa pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat menghadapi Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

"Aku sangat bersyukur. Coach Shin berani potong satu generasi. Sampai di Timnas U-23 pun kita masih diisi pemain muda yang berusia 18 tahun, 17 tahun, masih bisa masuk timnas. Ya, ini merupakan pengalaman yang sangat luar biasa bagi saya," kata Ernando Ari.

Ernando Ari beruntung, karena di usianya yang masih belia, mendapat kesempatan bertanding melawan raksasa Asia Korea Selatan, Jepang, dan juara Piala Dunia 2022 Argentina. "Itu membuat saya sangat bersyukur," kata Ernando Ari.

4 dari 4 halaman

Tradisi Kiper

Kiper Timnas Indonesia, Ernando Ari Sutaryadi menangkap bola saat menghadapi Irak pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis (6/6/2024). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sukses Ernando Ari menambah panjang daftar kiper Indonesia di level Internasional.

Sebelumnya, Indonesia juga punya Spiderman top di eranya masing-masing. Beberapa di antaranya yang melegenda hingga kini adalah Maulwi Saelan, Ronny Pasla, Yudo Hadianto, Hermansyah, Hendro Kartiko, Markus Horison Ririhina, dan Jendri Pitoy.

Akankah Ernando Ari bisa membawa Garuda terbang lebih tinggi lagi? Semoga.

Berita Terkait