PSSI Jawab Kabar Usahakan Kevin Diks dan Ole Romeny Bela Timnas Indonesia di Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia: Belum Ada Proses Sedikitpun

oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 18 Jun 2024, 16:50 WIB
Ilustrasi - Ole Romeny dan Kevin Diks (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Anggota PSSI, Arya Sinulingga, buka suara mengenai kabar yang beredar bahwa pihaknya sedang mengusahakan naturalisasi dua pemain keturunan untuk Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Keduanya adalah Kevin Diks yang bermain untuk klub Denmark, FC Copenhagen, sejak 2021 dan Ole Romeny, penyerang FC Utrecht di Eredivisie. Arya membantah narasi itu.

Advertisement

"Belum ada sedikitpun proses dilakukan," ujar Arya kepada sejumlah wartawan pada Selasa (18/6/2024).

Bersama bek FC Twente, Mees Hilgers, PSSI memang pernah mendekati Kevin Diks untuk dinaturalisasi demi Timnas Indonesia pada awal 2022, namun gagal mendapatkan restu dari kedua orang tua pemain.

2 dari 5 halaman

Versi Ronny Pangemanan

Pemain FC Copenhagen, Kevin Diks, berebut bola dengan pemain Galatasaray, Mauro Icardi, pada laga Liga Champions (12/12/2023). Bersama FC Copenhagen di musim ini, Kevin Diks mencatatkan 32 penampilan dengan perolehan satu gol, dua assist, empat kartu kuning, dan satu kartu merah. (AFP/Liselotte Sabroe)

Sebelumnya, pengamat sepak bola, Ronny Pangemanan, mengklaim bahwa Ketua PSSI, Erick Thohir, berencana untuk menambah pemain keturunan di Timnas Indonesia buat putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Info terakhir yang saya cek kemarin kepada Pak Erick Thohir untuk menanyakan penambahan pemain keturunan. Pak Erick Thohir bilang ada," ujar Ropan, panggilan karibnya, di YouTube Bung Ropan.

"Tapi dia tidak bisa bicara secara detail perihal pemain A, B, C, dan D. Saya bilang bagaimana dengan Kevin Diks. Pak Erick Thohir bilang oke karena Kevin Diks masih masuk ke dalam radar," jelasnya.

3 dari 5 halaman

Kevin Diks dan Ole Romeny

Satu pemain lagi yang menjadi target PSSI untuk dinaturalisasi adalah striker FC Utrecht, Ole Romeny. (fcemmen.nl)

"PSSI akan mengupayakan Kevin Diks. Keluarganya Kevin Diks juga sudah membuka diri. Lalu Kevin Diks kabarnya siap membela Timnas Indonesia jika dipanggil kembali," ucap Ropan.

"Saya tanyakan tentang Ole Romeny ke Pak Erick Thohir karena memang Timnas Indonesia butuh striker murni. Kemarin saya tegaskan lagi ke Pak Erick Thohir, bagaimana dengan Ole Romeny."

"Pak Ketua PSSI lagi-lagi bilang sudah masuk ke dalam radar dan sekarang sedang diupayakan supaya ini berhasil," ungkap Ropan mengenai Ole Romeny.

4 dari 5 halaman

Statistik Kevin Diks dan Ole Romeny

Bersama FC Copenhagen pada musim lalu, Kevin Diks mencatatkan 51 penampilan, termasuk delapan di Liga Champions, dengan perolehan tujuh kartu kuning, satu kartu merah, empat gol, dan dua assist.

Kevin Diks berposisi sebagai bek tengah, namun pemain berdarah Ambon, Maluku, itu juga bisa bermain menjadi fullback.

Sementara, Ole Romeny hanya bisa mencetak sebiji gol dari 15 pertandingan dengan total 614 menit di atas lapangan bersama FC Utrecht pada musim 2023/2024.

5 dari 5 halaman

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia akan berkancah di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada September 2024 hingga Juni 2025.

Pengundian putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 bakal dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 27 Juni 2024 dengan 18 negara dibagi ke tiga grup.

Masing-masing juara dan runner-up grup akan lolos ke Piala Dunia 2026. Sedangkan tim peringkat ketiga dan keempat masih berpeluang dengan bermain di putaran keempat.

Berita Terkait